Afraid of Marillion

By: Khalil Logomotif

 

Salam untuk semua sahabat. Setelah diganti oleh Hogi, yg pertama muncul dalam pikiran adalah, apa bener ini marillion, kok beda ya? Dan yang pertama muncul di hati adalah, kok ngga suka ya!? Album Season End (’89) saya hanya tertarik dgn irama lagu easter, sebab cukup powerful ramuan sentimental ballad nya…kayaknya dulu belum pernah denger deh ada lagu marillion dgn karakter seringan itu…paling ringan juga masih seberat kayleigh. Ngga papa deh..kali kali album berikutnya berubah. Lagi pula ada album solo Fish, Vigil in the Wilderness of Mirror dengan lagu vigil in the wilderness of mirror, view from the hill dan cliche yg marillion banget. Gitaran frank usher dan keyboard mickey simmonds memberikan atmosfir marillion banget. Di ’91, muncul Holiday in Eden, saya hanya tertarik dengan lagu manis melankolis No One Can. Ngga papa deh, kali kali yg ketiga baru berubah. Lagi pula ada album solo Fish, Internal Exil dengan shadow play, credo dan tongue yg marillion banget. Terus muncul album Singles Collection di ’92, yg mengotakkan marillion dulu dan marillion sekarang (…dan seterusnya…oh dear). Dan Fish tidak mengeluarkan album solo. Dan saya sudah mulai mengkompensasinya dengan tertarik dengerin Dream Theater, image and word yg menurut saya sangat fenomenal rapih sekali menyampur progrock dengan metal. Disitu saya mulai muncul ketakutannya…sampai di ’94, muncul album Brave, yg katanya album konsep yg simponik, saya hanya tertarik dengan lagu Made Again yg haluuus dan tenaaaang banget balladnya. Nah disini ini, saya jadi bener bener takut….saya ngga akan pernah bisa lagi menyukai satu “album” marillion, mereka hanya menyediakan “lagu lagu” balada manis melankolis penuh kelumbutan, untuk saya gemari, hanya sbegitu itu yg dapat saya sukai..yg nyambung menyambung lagunya, yg gahar saut sautan gitar dan keyboardnya, yg meliuk liuk iramanya, yg ngga ketebak naik turun emosinya, yg provokatif dan jujur liriknya, yg dielus elus dan dipandangin terus artwork album covernya…..it’s gone!

Di ’95 muncul Afraid of Sunlight, waaahh! Ketakutan saya menjadi jadi! Apa yg saya takuti? Saya takut, ngga ada lagu yg bisa saya sukai! Itu yg saya takuti, karena saya merasa sangat intim dengan marillion..dan sudah masuk keruang pribadi saya. Di album itu, saya cuma sanggup menyukai omongan perempuan dgn bahasa prancis yg seksi di pembuka lagu Beautiful… Le soleil emergen de la montagne, les vagues se deroulerent sur la baie, de fabuleux oiseaux de couleurs flamboyantes s’envolerent. Et bien, nous sommes tous de jolis anges ensemble au paradis…..couche-toi mon cheri tu vas bien apprecier cela! Itu doang yg saya ulang ulang. Bertepatan dengan saya mendapatkan Song from the Mirror, album solo ketiga Fish…..isinya cuma lagu lagu jadul kesukaannya yg dibawa ulang. Sempurna deh ketakutannya!

images-6

Setelah itu…memang tidak ada lagi yg tersisa yg dapat saya sukai. This Strange Engine bener bener strange music, Radiation bener bener paparan polusi, Anoraknophobia bener bener mengukuhkan ketakutan dan pobia album baru marillion. Ujung ujungnya, saya kembali menjadi omnivora. Melahap apapun yg ada, apapun yg didengerin juga oleh banyak orang, tidak pernah menyukai banget, hanya casual saja. Denger..suka..lupa…denger lagi yg lain. Memang ada beberapa yg sempat sedikit digemari, seperti dream theater dgn awake, metropolis pt.2, six degre of..dan octavarium…tetapi tidak bener bener bisa menyetrum seperti setruman hotel hobbies, script for.., garden party, assasin, market square heroes, tux on, pseudo silk kimono, heart of lothian…semuanya. Sampai akhirnya saya diizinkan diperkenalkan dengan The Flower Kings tahun lalu (Padahal mereka tiap tahun ngluarin satu album…kemana saja saya? Memang keizinan itu menentukan) di blog ini, oleh mas Gatot. Terima kasi mas Gatot. Sekarang saya terbebas dari ketakutan saya..dan didepan..masih banyak album bagus yg pantas ditunggu untuk disukai…seluruh albumnya, bukan hanya satu dua lagu. Ngga papa deh mereka ngga berubah! Biarin!

Demikian cerita mengenai beberapa pengalaman saya dengan marillion. Maaf kalau sedikit banyak terungkap ruang pribadi saya disini….soalnya…marillion sih! Mana ada yg ngga personal. Salam.

Khalil Logomotif

32 Responses to “Afraid of Marillion”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Khalil …
    Salut jempol empat untuk tulisan2 Anda! Saya suka membacanya. Cerita seperti ini bikin mbrebes mili. Ketakutan saya terhadap setiap album Marillion era Hogi (ha ha ha ha …istilahnya mas Khalil ini lucu tenan) selalu pada: “berapa lagu SAJA yang bisa saya menikmati hingga menohok?”. Termasuk album BRAVE yang katanya adalah tehe best Marillion album Hogi era, saya juga gak sreg banget. Rasanya semua lagunya berisi INTRO muluk gak ada orgasme nya …he he he … Meskipun itu bukan album buruk lho …

    MOHON MAAF …postingan ini sebenernya sudah saya terima beberapa jam yang lalu. Namun saya menunggu sampai bisa dapat kesempatan membuka laptop karena di tulisan ini ada italic nya sehingga gak bisa posting pake HP. Makanya baru malam ini saya bisa ada kesempatan pegang laptop karena seharian mobile. Maaf ya mas Khalil. Kalau tak ada “italic” nya bisa langsung JOZZZ pake HP android saya …

  2. Herwinto Says:

    Hebat mas Khalil……saat ini saya sedang menikmati The Flower King sambil baca tret ini, rupanya Mas Gatot sedang meracuni saya…..he he he….anak saya langsung tanya…ini band apa Ayah?…sekilas saya baru bisa komen…band ini meramu rumus rumus prog lama setidaknya 3 band besar Yes, Genesis dan King Crimson…..begitu CD saya spin naluri saya langsung tanggap…aroma Yes begitu terasa meski sudah dalam tataran kreasi Flower King….pasti saya akan tulis tret setelah mendalaminya…..trimakasih mas G dan mas Khalil sudah mengenalkan band yang hebat ini……

    • Gatot Widayanto Says:

      Oh …rupanya sudah diulas sedikit di sini … OK …gak usah buru2 Koh Win. Dulu saya mencerna Stardust We Are cukup lama kok … Santai saja … Ojok mekso ….

    • khalil logomotif Says:

      Koh Win, kalau udh buka puasa dgn stardust we are yg kadar gulanya tinggi, cobadeh ubeg ubeg mp3.li atau yutub untuk dapetin album paradox hotel, what if God is alone dan jealousy lezat dan sehat untuk dipakai sahur. Pasti besok puasanya bakal berbunga bunga.

  3. khalil logomotif Says:

    Matur tengkiu udah dimuat//no problemo mas Gatot. Saya juga ngga bermaksud bilang marillionnya ngga bagus, sayanya yg merasa asupan gizinya kurang, flavour nya terlalu msg..sehingga ngga bisa, nolak, untuk di digest.

    Untuk first timer yg mendengar marillion hogi, saya tebak, pasti ngga akan suka marillion fish. Memang marillion ngga bernasib seperti van halen..apalagi genesis. Memang, seharusnya mereka tuker brandnya (bukan hanya logonya)…nightmarellion. Itu baru adil bagi kita.

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha…. Mas Khalil ini master of plèsètanisme … Nightmarellion … Wakakakakakakak ….

      Lagu era Hogarth yg paling bagus dan membuat hati tercabik-cabik mbrebes mili adalah DRILLING HOLES ….wah edaaaaaan !!! Semaput aku kalau denger lagu ini. Ah ..besok mau saya setel lagu ini …muwantabz ndhredhegh ….

      • khalil logomotif Says:

        Asal jangan ple setan isme dalam dunia perka setan sambil minum kopi sa setan….

      • Gatot Widayanto Says:

        Hebat! Plesetan lagi …sampe saya kepleset nih ….ha ha …

      • khalil logomotif Says:

        Mas Gatot, tugas saya menulis dan berbagi rasa mengenai marillion sudah saya laksanakan. Ngga menarik, ngga spotlight, ngga enak..biarin…yg penting udah dikerjain. Saya sedang nunggu….dulu, kalau ngga salah inget nih, ada yg janji mau nulis juga…..kemana ya? …..kapan ya?

      • Gatot Widayanto Says:

        Dia lagi bertapa cari wangsit memutar memori thd lagu2 Marillion mas …. Sabar ya mas … Ha ha ha ….

      • khalil logomotif Says:

        Hahahaha…! Mas Gatot, klw mau logo laris manis tanjung kimpul, harus kudu pinter dan profesional serta ilmiah mlesetin brand jadi bentuk visual…

  4. hippienov Says:

    Hahaha..hippienov hadir pak guru..😀
    Walah jadi beban mental nich..takutnya tulisanku nanti “cemen” (as usual) n bikin kecewa padahal rekan2 high expectation😀
    Dan tepat seperti kata mas G,ak lagi ngumpulin ide yg masih kocar-kacir.semoga gak lama lagi bisa ngumpul semua.
    Satu2nya album Marillion era Hogi (pinjam istilah mas Khalil) yang nyantol di kupingku adalah seasons end karena ada “sedikit cerita” dibaliknya (nanti sekalian tak ceritain :-D)
    Brave ak beli karena katanya album konsep yg bagus,tp gak terlalu mudheng ak sampai sekarang,cd nya malah jarang disetel.
    Setelah itu “tuing” loncat ke anoraknophobia ak berharap Marillion sudah insyaf dan kembali ke neo prog setelah sekian lama ak gak ngikutin mereka, eh ternyata makin aneh..walau sekarang ak lebih bisa “memaklumkan” album ini daripd brave, tp ak ud gak mau percaya lg kalo Marillion rilis album baru, termasuk saat album marbles dirilis dan bnyk yg bilang bagus, ak gak antusias lg buat beli cd nya..

    • khalil logomotif Says:

      Anoraknophobia saya denger waktu saya masih di depo (depok versi supir Debi).

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya memang … lagu seperti Splintering Heart mengingatkan era Fish meski sudah hilang nyawa Marillion nya.

      Di Anoraknophobia lah Hogi hug hug hug kemari hug hug hug ….mulai mendeklarasikan bahwa Marilcat mulai say goodbye to neoprog …. membuktikan ketidaksanggupannya bertajan di neoprog padahal IQ dan Pallas semakin mantab di jalur neoprog yg menjadi maqom mereka.

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

    • khalil logomotif Says:

      Ditunggu banget tulisannya….waktu semakn mendesak…sebelum keterdesakan sbenernya datang

  5. Domme Says:

    Kebetulan aku buka Mbah Google dan melihat bahwa album Seasons End adalah album studio Marillion pertama tanpa keterlibatan Fish… Sesuai pas dengan tulisan ini, bahwa sejak itu, era Marillion perlahan memudar. Kok sepertinya judul album itu mewakili perjalanan Marillion juga ya, sebagaimana dituliskan Bos Khalil… Afraid of Seasons End…

    • khalil logomotif Says:

      Jujur bicara, sebenarnya yg dinyanyiin di album marillion setelah fish, isinya bagus bagus lho, banyak nilai positif dan menggugah. No one can, King of sunset time, beautiful, gaspacho, atau yg terbaru, gaza misalnya. Cerita yg disampaikan dialbum dgn fish…wah..serba gelap dan suram ceritanya. Tapi, seperti yg saya bilang…menurut saya, dan bagi saya, yg sprti yg pertama itu bukan marillion, marillion ya yg gelap gelap gitu (sprti yg saya kenal dari ’87), klw aja brand nya dituker jadi apa gitu, mungkin saya bisa mudah untuk nyukain. Atau, kalau aja Hogi bisa sedikit nurutin dan nerusin gaya fish…mungkin jauh lbih mudah diterima.

  6. Domme Says:

    Aku dengar lagu Seasons End di You Tube dan ternyata banyak juga yang memperi apresiasi positif terhadap album ini. Salah satu komentarnya:
    – To tell the truth this band has always reminded me of Fish but voice of Hogarth is much more beautiful🙂. This song I had heard accidentally on the radio a few days ago and I had loved in here. I have to buy this CD (sure I’ve listened not only this song, but whole album) as soon as possible. Fanstastic, but this song is more than honey for my heart🙂. Masterpiece, wonderful and so on and so on… !🙂. –

  7. cosmic_eargasm Says:

    met malam semua.. hbs sholat tarawih lgs buka blog gemblung sungguh mengasyikkan..

    Sy kira, kita semua para maniak marillion pasti mengalami apa yg dialami mas khalil ini. sy pribadi sih suka 3 album pertama era hogi (pinjam istilah mas khalil) walau nggak suka bgt, tp lmyn lah.. stlh itu era akir 90an sy mulai search band2 neoprog yg baru2.. trmsk yg dream theater jg.. saat itu lgs kepincut dg spock’s beard, the flower kings, transatlantic. sampai2 sy beli cd2 dr band2 sampingan personil DT. trmsk liquid tension experiment, platypus, the jelly jam dll. tp stlh bbrp kali dngr, sy nggak nemuin keasyikan dr band2 neoprog awal, mcm marillion, IQ, pendragon..

    tp memang, yg paling asyik ya the flower kings dan transatlantic menurut sy..
    stardust we are salah satu dobel album TFK yg paling sy sukai.. makin kesini, sy nggak mengikuti lg rilisan2 album2 mereka dan band2 neoprog yg lain. karena, menurut sy, bnyk pengulangan dr band2 pendahulu

    • khalil logomotif Says:

      Malam mas…(menjelang pagi). Bagi saya, marillion itu sprti paket kumplit, musiknya, tema liriknya, plus covert art nya. Waktunya juga sangat tepat, saat genesis mulai kompromi dgn pasar, marillion muncul dgn kapasitas progresif murni. Kalau saja mereka dulu ketemu mas Gatot, dan diceramahi mengenai konsep “jeda” dimana mereka keluar dulu dr manajemennya, bikin projek album solo, setelah fresh..ngumpul lagi, mungkin bisa jadi materi vigil in the wildernes of mirror dan season end bisa tetep jadi album marillion berikutnya dgn tetap fish yg nyanyi. Album cover nya ngga akan berubah jadi foto…..mending kalau lebih bagus dan lebih bercerita.

      • Gatot Widayanto Says:

        Selamat pagi mas Khalil … Tepat sekali mas …paket kumplit karena semuanya memuaskan. Memang tahun 1985 – 1987itu jadwal tur mereka padat sekali sampe kewalahan. Namun saat jenuh tersebut Fish masih sempat menulis At That Time of The Night di kamar hotelnya ditengah tur yang padat sekali …yang kemudian dirilis di album Clutching …

        Saya sedih saat dengar lagu Just For The Record karena lirik di awalnya menunjukkan kejenuhan Fish …about changing my ways …

        *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

        *Gatot Widayanto*

  8. cosmic_eargasm Says:

    nya.. tp bnyk jg band2 baru yg sy suka. ada frost, A.C.T., cast dll . bnyk yg lupa, krn jarang bgt di play..

    oya, sblm TFK, roine stolt jg cukup asyik dg KAIPA nya di era 70an akhir. mungkin dibutuhkan personel lawas utk membentuk sebuah band neoprog yg baru? seperti THE TANGENT, CIRCA yg personelnya ada org lawasnya..

    makasih mas khalil, mas GW dan tmn2 yg lain yg sdh bnyk share..

    salam djadoel !!!

  9. cosmic_eargasm Says:

    oya, ada satu band baru lg yg saya suka (walaupun nggak terlalu ngikuti semua album2nya). band tsb adalah PORCUPINE TREE.

    Mungkin mas edi apple berkenan mengulas tentang band tsb? sy baca2 di tret ini, blm ada yg mengulas ttg band ini. apa jarang ada yg suka ya???🙂

    salam djadoel !!!

  10. cosmic_eargasm Says:

    @mas khalil: betul buanget mas. iya hahahaha. bener kata mas GW, wkt itu memang terjadi kekosongan di dunia prog yg mungkin sedang jenuh digempur new wave, punk rock stlh era disco lewat. tp sy pribadi sampai skrng msh suka DURAN2 (agak ngelantur dikit). msh ngoleksi kaset2nya jg hahaha..bg sy, ini band unik yg punya style yg kuat. apalg di album thank you yg tribute lagu2 band yg mempengaruhi style musik mereka. di album ini, karakter mereka kuat sekali walopun membawakan led zeppelin-thank you, the doors-crystal ships, lou reed-perfect day dll. kalo org nggak tau, mungkin dah dianggap lagunya duran2.

    selain itu, sy msh suka yes era rabin jg yg modern bgt. di mata sy, rabin bs membangkitkan yes dg stylenya hehehe

    • khalil logomotif Says:

      Saya masih puter save a prayer (bener ya judulnya). Kibordnya prog banget. Skrng saya lg coba nyenengin lalle larsson weaveworld….

    • Gatot Widayanto Says:

      he he he … saya juga suka Duran2 gara2 dulu kecelakaan beli album Rio rekaman Contessa trus kepincut sama New Religion, track pembukanya yang mantab sekali di permainan bass nya…

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

  11. cosmic_eargasm Says:

    @mas GW: waaah asyik mas.. sy malah blm sempat baca ulasan njenengan. nantilah kalo ada wkt sy buka progarchives. pastinya menarik. jd penasaran nih.. maklum, ol nya via hp. kalo buka website yg gede2 suka error..

    utk sementara, kalo berkenan, njenengan tampilkan ulasan mengenai porcupine tree via progarchives di blog gemblunk ini mas .. hehehe..

    seinget sy, ada lagunya yg agak2 new wave style gt, mirip duran2 bgt. sy lupa judulnya dan dr album apa.. hehe..

    salam djadoel !!!

  12. cosmic_eargasm Says:

    @mas khalil: iya mas save a prayer (till the morning after) memang asyik. hahaha bener jg, kibornya ckp ngeprog..

    wah, sy blm tau band yg mas sebut belakangan..

    • Gatot Widayanto Says:

      Nightboat juga keren ….meliuk-liuk …. beberapa bulan lalu dapet dvd bajakan konser Duran2 ada lagu Nightboat dan juga New Religion ….mantab jek

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

  13. cosmic_eargasm Says:

    waah mas GW trnyta ngeh jg dg duran2 ya.. album rio trmsk asyik menurut sy. nightboat asyik jg mas. new religion jg sdh trmsk classic tracknya duran2 selain save a prayer.. wah sy mlh nggak punya dvd nya mas. berarti, kecenderungannya, duran2 trmsk salah satu band yg universal di semua kalangan penggemar genre musik ya mas.. trmsk penggemar prog sekalipun hehehe..

    kok yess malah rilis arcadia dan a-ha ya wkt itu.. duran2 malah dilupakan hehehe

    salam djadoel !!!

Leave a Reply

