Sahabat Sahabat Dekat Saya

By: Khalil Logomotif

Salam untuk semua sahabat. Jujur bicara, lima tahunan belakangan ini, saya sudah ngga jelas dan ngga kelas asupan musiknya…saya membutuhkan musik hanya sebatas untuk dijadikan latar setiap presentasi proofing logo keklayen saya. Jadi musiknya ngga ngikutin selera saya, tapi ngikutin karakter selera klayen. Yang paling sering kepakai adalah musik musik tanpa vokal seperti Rippington atau juga Mark Antoine. Pernah sekali waktu klayen saya adalah radio dangdut …maka dengan sendirinya saya mendangdutkan diri. Beberapa cd atau mp3 marillion, triumvirat, uriah heep, genesis, yes, grand funk, procol harum, focus, camel atau kayak hampir bisa dibilang ngga kesentuh lagi. Sampai akhirnya, sekitar tahun lalu, saya sampai ketitik jemu, bosen dan merasa hampa.

Suatu saat, entah kenapa, saya keinget sama satu lagu jaman dulu, yang sering saya denger, waktu saya baru jadi mahasiswa….cuma…saya ngga hapal liriknya, ngga inget judulnya, ngga inget penyanyinya. Siulnya bisa! Yang inget cuma sepenggalan  liriknya aja…sungguh sangat menyiksa dan itu terjadi berbulan bulan, sambil berupaya blusukan digoogle nyari info judul dan penyanyinya. Berbagai situs musik udah dioprek oprek, cuma susah karena saya ngga punya keyword judul atau nama penyanyinya atau band untuk mencarinya. Jelas ngga ketemu! Yang ketemu adalah gangguan dan ejekan istri dan anak anak saya, sebab kalau lg kerja atau nyetir, saya sering nyanyi teriak teriak sendiri (niatnya mancing mancing supaya inget)…”hiriiiing…the song/the sound…from/of roundout/unheard/unknown/pronounce….heroes…dada..da..da..dada…dan sampai dibagian setelah from..istri saya nyaut..brondong heroes..jadinya..hiring the song from brondong heroes…. Sangat stress!

Sampai akhirnya, karena petunjuk Allah Yang Maha Tahu, saya kepikir, kenapa ngga cari dengan keyword “kaset”. Nah disitulah tipping point saya menemukan banyak sekali foto kaset kaset jadul…dan…Ketemulah saya dengan blog mas Gatot ini (sambil berpikir..ternyata ada ya blog macam begini). Saya langsung email mas Gatot untuk tanya apakah tau judul lagu tersebut..saya ngga berharap banyak…sebab saya ngga bisa kasih keywordnya. Alhamdulillah..akhirnya dari sebuah situs, saya bisa dapetin judul lagu dan penyanyinya, sekaligus mp3nya. Ternyata lagu tersebut adalah “Song for unknown heroes” oleh Michael Cretu (sebelum jadi Enigma). Lega saya! Senengnya bukan kepalang.

Tapi ternyata itu belum apa apa…yang bikin saya jadi lebih seneng sampai jumpalitan adalah setelah saya mengikuti postingan blog ini, membaca banyak informasi, bebas berpendapat dan mengekspresikannya, bisa dipahami dan memahami, dan….menemukan resources berlimpah akan kepingan masa lalu…kaset! Sampai akhirnya saya membaca mengenai the flower kings disalah satu postingan. Tertarik dan penasaran. Mencoba mencarinya dari situs mp3 legal, mendengar dan menyimaknya, mempelajari band dan personilnya dan memahami liriknya. Saya kena batunya saat saya mendengarkan what if God is alone…saya gemetar dan menangis tanpa bisa saya kontrol. Saya menggerakkan tangan saya mengikuti alunan dan liriknya tanpa saya rencanakan (dan setelah saya nonton video clipnya…walah…ternyata ngga jauh jauh beda gerakannya). Dejavu!….dulu sudah pernah begini juga sewaktu mendengarkan clutchingnya marillion. Saya sudah menemukan kembali apa yang saya mau. Saya mengalami progivora reborn.

Dan….ehem…jujur bicara…dari itu semua, hadiah terbesar dan terindah bagi saya adalah…saya telah bertemu dengan sahabat sahabat baru yang seiman prognya, yang sama bahasanya, sama pengalamannya, sama orientasi kegemblungannya… yang saya tidak kenal sebelumnya, tidak pernah ketemu dan tidak tau bagaimana rupanya…tetapi terasa seperti sahabat sahabat dekat dan sudah bersahabat dan mengenal sejak lama. Terima kasih mas Gatot. Semoga mas Gatot dianugerahi usia panjang dan harta yang melimpah..sebab telah menyambung tali tali persahabatan penuh kasih. Terima kasih.

Khalil Logomotif

foto-bareng ProgRin #9

Foto bareng ProgRing #7

Foto bareng ProgRing #7

23 Responses to “Sahabat Sahabat Dekat Saya”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Khalil

    Aamiin Ya Rabbal alamiin … Terima kasih banyak doanya mas. Semoga mas Khalil juga dikaruniai rahmat dan hidayah dari Allah subhanahu wa ta’ala …

    Postingan ini bikin mbrebes mili dan ndhredegh membacanya … Sadar atau tidak, melalui dunia maya kita bisa melakukan perkenalan dan persahabatan … Semoga langgeng …

    Saya sangat menikmati tulisan mas Khalil ini karena sangat cocok dengan saya bahwa musik telah mewarnai kehidupan kita sejak dulu dan banyak momen2 indah seperti Ramadhan terukir bersama hadirnya musik ….

    Salam
    G

  2. khalil Logomotif Says:

    Whualaaah…terima kasih mas Gatot….udah ditambahin foto foto. Untuk selebihnya…saya meng amin kannya dengan penuh bahagia. Eniwei..bukankah saya sudah terhindar dari siksa panasnya api kompor sumbu 16 nya mas Gatot?

    Np on itunes: script for…marillion

    • Gatot Widayanto Says:

      Terima kasih mas Khalil …sudah menulis dengan indah dan membuat ketagihan mebaca episode berikutnya …. Tak ada hubungan dengan 24 sumbu kompor, maka …..: LANJUTKAN menulis sesuatu bermakna seperti dua tulisan mas Khalil….!!!

      Kami siap menunggu episode 3 of 20 nya mas Khalil….

      Salam

  3. hippienov Says:

    “he writes from the heart..”
    Itu yg bisa aku ungkapkan saat selesai baca tulisan mas Khalil. Sangat menyentuh..kalo kata Fish “so here I am once more…” atau kata Greg Lake “welcome back my friends to the show that never ends…” atau Jon Anderson bilang “sunshine is creeping in and somewhere in the field a life begins…” dan Gabriel berujar “early morning manhattan…”😀

  4. herman Says:

    Mas Khlalil…..sangat menyentuh dan bikin terharu…..sepertinya masih ada yang terpendam dan ,,,,,,dan saya percaya temen2 pasti juga penasaran dengan next episode…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Kita tunggu episode nuansamatik selanjutnya …. Tales from Logomotif’s Heart ….

      Gara2 tulisan mas Khalil dan mas Hippie saya setel Marillion lagi .. mulai dari Script dan saat ini baru sampe Chelsea Monday. Gak tahan nunggu Forgotten Sons ….

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

  5. hippienov Says:

    “so here I am once more…” ya mas G?..🙂

    • Gatot Widayanto Says:

      Betul.

      Di track terakhir terpaksa diulang 4 kali ….lagu kesayangan Forgotten Sons ….

      Muwantabzzzz…..

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

    • Kristanto Says:

      Sulit untuk dibantah, lha versi kaset (Yess) ataupun CD, keduanya memang menempatkan “Forgotten Sons” sebagai hidangan penutup. Bedanya sedikit aja, versi Yess menyelipkan nomor apik “Grendel” sebelum nomor keren “Chelsey monday”. ….

  6. Domme Says:

    Benar banget Bos Khalil… Teman-teman di blog ini hanya Bos Eddy yang sering jumpa. Tapi rasanya seperti semua sudah teman lama. Berkat teman di blog ini, Bos Danang dan Bos Herwinto, aku bisa menjarah Toko Ferry Blok M langsung dari Medan… Hehehehe…

    • khalil logomotif Says:

      Masih beruntung bang Domme dimedan bisa ketemu mas Eddy…lah saya yg sekota aja, belum pernah ketemu

      • Gatot Widayanto Says:

        Itu salahnya mas Khalil …. ha ha haha ha … Paling enak nyalahin orang memang ….

        * kalau ini bener2 kompor divide et impera …..

        *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

        *Gatot Widayanto*

      • khalil logomotif Says:

        Hahaha…iyaya…jadi malu saya…..

      • Gatot Widayanto Says:

        Setelah ketemu yang satu kota …barulah mas Khalil ketemu yang di Jakarta …. ha ha ha ha …

        *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

        *Gatot Widayanto*

      • khalil logomotif Says:

        Iya juga ya! Ntar deh, saya bikin mini progring bedua mas Eddy diwarung kapucino arabica tongkrongan saya…..

        Mas Eddy, kapan ada waktu? Saya sering nongkrong minum kapucino di warung nacha koffie didepan hotel hermes

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Khalil … Kalau ngopi jangan banyak gula ya … Kalau saya sukanya kopi item tanpa gula … Karena kalau pake gula namanya kola …kopi gula …..

      • khalil logomotif Says:

        Kalau ngupi, saya duduk di bar. Kebetulan didepan bar nya ada kaca mas Gatot, jadi cukup ngliat kekaca aja udah kerasa manis…hahahhaha…..pastilah tanpa gula mas Gatot, apalagi yg artifiSial….

      • Gatot Widayanto Says:

        Yo jelas wong cerminnya versi A Trick of The Tail ….gambar wong tuwek bisa jadi wanita cantik …ha ha ha ….

    • khalil logomotif Says:

      Iya, tampang logo maker yg minum sih, ngga guanteng mas……ghuuantheeeng buanget iyaa!! Hahahahaha….

  7. keli_rachmat Says:

    Bener-bener bahasane progger tulen sangat nuansamatik…..hahaha

  8. apec Says:

    tepat sekali…saya juga merasakan hal yg sama, padahal kenal aja sebelumnya tidak, tp begitu ketemu pertama di Corelli, kok lgs podo nyambung seperti saudara yg lama berpisah…

  9. cosmic_eargasm Says:

    bener2 music united people. waah sy jg suka bgt dg lagu itu mas. kalo yg moonlight flower mungkin terlalu sering didengar di radio jaman dl ya..

    berulang kali sy ucapkan terimakasih bnyk sama mas GW yg telah membuat blog gemblunk ini..
    this blog is YOU SHOULD KNOW BEFORE YOU DIE!!!
    hahaha

    salam djadoel !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: