Golden Slow Rock by GL

By: Domme

Sebelum ini, aku pernah menulis, salah satu kaset yang mempengaruhi selera musik aku adalah Golden Slow Rock rekaman GL yang rilis sekitar tahun 1983. Tak diduga, tadi siang, Sabtu (20/7), seorang teman datang ke rumah membawa beberapa kaset kompilasi slow rock rekaman GL. Dan aku langsung bergetar saat melihat, salah satu di antaranya adalah Golden Slow Rock, yang bagiku sarat dengan kenangan.

Kaset ini dulunya dijual dengan “double cover”, satu yang seperti biasa dan satu lagi jadi selongsong. Seingat aku, GL-lah yang memperkenalkan cover seperti ini. Waktu dulu beli di toko kaset, aku juga sangat surprise melihat gaya “cover” seperti itu. Pada waktu itu aku nggak begitu perhatian soal pita.

Susunan lagunya pun lumayan unik. Berisi tujuh supergrup rock, yang masing-masing kebagian dua jatah lagu. Susunannya seperti ini:

Side A:

– Always Somewhere SCORPIONS

– Love Hurts NAZARETH

– Soldier Of Fortune DEEP PURPLE

– Love Me Somebody BAD COMPANY

– Temple Of The King RAINBOW

– Angie ROLLING STONES

– Bohemian Rhapsody QUEEN

Side B:

– Love Of My Live QUEEN

– I Got The Blues ROLLING STONES

– catch The Rainbow RAINBOW

– The Way I Choose BAD COMPANY

– When A Blinman Cries DEEP PURPLE

– I Don’t Want To

Go On Without You NAZARETH

– Fly People Fly SCORPIONS

image

Sungguh susunan lagu yang lumayan unik dan termasuk baru bagi aku ketika itu…

Pada waktu membeli kaset ini, aku belum punya kaset grup rock. Maka selanjutnya, dampak dari kaset ini adalah masuknya grup-grup Scorpions, Nazareth, Deep Purple, Bad Company, Rainbow, Rolling Stones, dan Queen ke rak kaset. Dan ini kemudian berkembang dan berkembang, sehingga aku pun jadi penggemar rock dan blues. Mungkin lain ceritanya kalau aku dapat duluan kompilasi Rock Style yang pernah aku “posting” terdahulu, di mana di kompilasi itu terdapat beberapa grup progressive seperti Triumvirat, Nektar, Kansas, dan Jethro Tull, selain Styx, Queen, Boston, Whitesnake, Deep Purple, Rainbow, Ian Gillan Band, Uriah Heep, dan Robert Plant.

Kaset Golden Slow Rock ini memang membekas di ingatan, sehingga kalau aku mendengar lagu Always Somewhere, di saat “ending”, yang terbayang kemudian adalah “intro” lagu Love Hurts… Demikian juga dengan yang lain. Memang semua lagunya adalah lagu yang termasuk umum, namun nuansanya sangat terasa. Apalagi saat kembali aku menemukan kaset ini dan memutarnya saat menulis postingan ini, wuiihhh…. Seperti aku lagi pakai pakaian putih abu-abu…

Horas…!!

Long Lve Rock And Prog…

10 Responses to “Golden Slow Rock by GL”

  1. yuddi Says:

    Bang Domme, list lagu tsb kadang pd kompilasi lain disebut “Heavy Slow” atau lainnya dgn variasi lagu ‘Change’ Black Sabbath, ‘Cat Size’ Suzi Quatro, ‘Sea full’ Trapeze, ‘Think About the Time’ Ten Years After.
    Oh ya utk ‘Always Somewhere’ di Jakarta mungkin yg mempopulerkan adl radio nya bro Hendrik di akhir ’70an, lagu tsb seharian bisa di putar ber ulang2.

    • Domme Says:

      Lagu Always Somewhere memang bisa dibilang sederhana, namun kuat… Menurutku salah satu lagu terbaik Scorpions sesudah The Sails Of Charon…

    • Kristanto Says:

      The Sails of Charon, entah kenapa saya paling suka yang versi YngwieMalmsteen, intro-nya kuweeeren. ….

      • Domme Says:

        Menurut aku sih…, masing-masing punya kekuatan tersendiri… Karena permainan gitarnya juga sama sekali beda…, dan tentunya sama-sama bagus. Dan sepertinya pujian Yngwie terhadap lagu The Sails Of Charon, seperti tertulis di cover kaset Inspirations, sangatlah tepat…

  2. Kristanto Says:

    Menyambung yang mas Yuddi sampaikan, track list di atas bisa dibilang mrpkan nomor2 wajib untuk kaset kompilasi slow rock, heavy slow atau juga nama kombinasinya, heavy slow rock.
    Beli kaset model kompilasi spt ini memang menjamin kita tidak akan kecewa beli di jamannya, lha wong lagu2nya hits semua hehehe. …
    Seringkali kita penasaran kalau ada perekam lainnya, selain yg sudah kita beli, juga ngeluarin kaset dgn judul yg nyerempet2 slow rock. Misal dah punya yg rekaman GL, trus di toko kaset ada rekaman Perina, pasti kita tertarik juga untuk mencobanya. Dalam kebanyakan kasus eh kaset, hampir 50 s/d 70%, lagu2nya mirip dgn kaset yg udah kita punya. Di satu sisi penasaran dgn lagu2 yg blom ada di kaset kita, di sisi lain, kita jadi ragu2 beli krn banyak lagu yg sdh punya.
    Untunglah jaman segitu, spt yang mas Hippienov bilang, kaset bisa dicoba2 dulu, kaset di FF dulu unt mencoba lagu yg blom punya, di bolak-balik pula, sementara di ujung yg jual mesam-mesem nih orang mau beli atau ngga? Juga untungnya kita juga bisa pinjem2an dgn temen (yg kadang kita ojok2in unt beli kaset yg “sebenarnya” kita maui hehehe. …)

    • Domme Says:

      Hehehehe… Betul banget Bos… Seni membeli kaset dulu ya seperti itu Bos. Beli satu setelah mencoba beberapa kaset… Hebatnya, yang kita beli bukan kaset yang tadi dicoba, tapi minta yang masih segel… wkwkwkwk…. Era yang sangat membahagiakan…

  3. obat untuk kanker Says:

    hm..m…m..
    lama baca, ternyata jaman sekarang masih banyak ya penggemar2 kaset jadul. Padahal jaman sekarang semuanya serba digital, semuanya pake komputer. Sepertinya asyik nih, muter kaset jadul sambil minum kopi+sebatang rokok putih. Mengingat jaman tempo doeloe…

  4. andi Says:

    Mas ada kaset 20 golden slow rock keluaran billboard g? Ada lagu yg mau ane cari disitu.
    Thanks

  5. Derek Hakim Says:

    Rekaman GL yang say punya cuma atu…. Marillion Live From Loreley… pita kasetnya bagus…maxell

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: