Album Yes Yang Paling Saya Suka

By: Herwinto

 

Gara gara blog ini kegilaan saya akan kaset menjadi hidup lagi….Dari semua album Yes yang saya miliki ada beberapa album rekaman yess yang paling saya sukai dan tanpa terasa ternyata  saya telah mempunyai lebih dari satu bahkan hampir rangkap tiga, karena memang masih ada yang bolong… Sengaja saya kumpulkan lebih dari satu set supaya aman, set pertama sengaja saya khususkan untuk diputar harian, set kedua untuk disimpan sebagai koleksi istimewa dan set ketiga saya pakai jika dibawa keluar untuk pameran. Set yang khusus saya simpan untuk koleksi istimewa memang barangnya benar benar istimewa saya beli dari Asril jasur, barang benar benar istimewa tingkat satu, super mulus dan bantalan gabus pun masih lebar dan prima. Kaset kaset tersebut adalah :
1. FRAGILE # 001
Kaset ini menurut saya sangat unik sebab oleh si Ian sang arsitek Yess diberi urutan nomor satu. Memang rekaman Yess ini dibuat diilhami dari kegilaan si Ian terhadap grup band Yes terlihat dari logonya yang diambil dari logo Yes berupa ikan terbang atau burung setengah ikan ya?… kemudian jelas isinya adalah album dahsyat Yes yang pertama kali dengan Rick Wakeman.
2. YES ALBUM #017
Kaset ini istimewa jelas karena berisi lagu lagu klasik Yes yang membuat mereka sukses untuk pertama kalinya ditambah lagi sebagai pengisi sisa pita adalah lagu Ritual yang tidak dimuat pada kaset Topographic Ocean #019. Setiap konser Yes dengan formasi klasik hampir bisa dipastikan lagu lagu utama album ini selalu dibawakan.
3. CLOSE TO THE EDGE #018, TOPOGRAPHIC OCEAN #019, RELAYER #022
Ketiga kaset ini jelas tidak diragukan lagi merupakan album andalan Yes yang merupakan mahakarya monumental, jadi tidak ada alasan untuk tidak memilikinya bagi yang mengaku penggemar Yes. Pada kaset #018 terdapat sisipan lagu The Remembering yang juga tak dimuat di #019, pada kaset  #019 terdapat sisipan lagu Amerika dari album Yesterdays yang tidak direkam oleh Yess, serta Dear Father single tahun 1969, dan pada kaset #022 terdapat sisipan pada side B lagu lagu dari album Yes S/T.
4. GOING FOR THE ONE # 168, TORMATO # 240
Kedua kaset ini termasuk era klasik Yes meski tahap akhir era progresif – symphonic, wajib dikoleksi juga karena memiliki sejumlah lagu yang sangat klasik dan terkenal khususnya pada album Going for The One, side B untuk kaset #168 diisi lagu lagu dari album Yes S/T khususnya Harold Land yang diletakkan setelah Turn of The Century ini sangat saya suka karena sangat bersenyawa…., pernah saya bahas juga di Indahnya Musik Yes (1 of 10). Tormato side B nya adalah STYX album Pieces og Eight…..
Foto0511
Kabar terakhir yang saya tahu Steve Howe sudah resmi keluar dari Asia karena ingin berkonsentrasi dengan Yes dan rencana tahun 2014 Yes merilis album baru, tahun 2013 ini Yes disibukkan dengan tur yang materi tur nya adalah ‘Tiga album klasik Yes’ yaitu Yes Album, Close to The Edge dan Going for The One dibawakan secara full album, alasan Squire adalah ketiga album ini mewakili perjalanan musik Yes era klasik dan masing masing punya kesan mendalam yakni Yes Album adalah album pertama yang melejitkan nama Yes, Close to The Edge adalah album puncak yang sangat kaya elemen elemen progresif, dan Going for The One adalah album Yes yang direkam diluar Inggris sehingga memiliki nuansa yang berbeda…. Salam!!!!

17 Responses to “Album Yes Yang Paling Saya Suka”

  1. Herwinto Says:

    Trimakasih mas G sudah ditampilkan…selamat berbuka puasa….

  2. hippienov Says:

    Mantab mas tulisannya. Sampei ada 1 set koleksi yes khusus u/ pameran,luar biasa..apa ada set khusus yg u/ dihibahkan mas?wakakakak..
    Menurutku semua album yes bagus,terutama album2 di era 70an (termasuk album yes dan time and a word)

  3. Herwinto Says:

    Iya mas, di Solo sering ada pameran kaset langka..biasanya bersamaan acara musik, nah kadang 1 set kaset dipinjam teman untuk stand pameran….betul semua album Yes 70 an bagus semua cuma untuk Yes S/T dan Time And A Word sudah masuk di kaset kaset di atas…..untuk 1 set khusus hibah…selalu terbuka kemungkinan…he he he….

    • khalil logomotif Says:

      Dibulan yg penuh berkah ini, dengan kelipatan pahala beratus ratus kali, banyak banyaklah memberi koh Win…dan saya dengan senang hati siap menerimanya dengan lapang penuh kesyukuran.

      • Gatot Widayanto Says:

        Hua ha ha ha …bisa aja Boss Khalil ini …. Tuoobzzz!!

        *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

        *Gatot Widayanto*

  4. yuddi Says:

    Dari tulisan mas Herwinto utk album “Tales from Topographic Ocean” kaset terbitan Yess lagu2 yg ada terbagi jadi 3 kaset yaitu #019 , #018 dan #017 akibat LP yg terbit berupa double album.
    Bagi sy hal ini juga yg membuat jadi sulit mencerna album TFTO secara utuh belum lagi andil kaset yg terbit ketika album ini baru beredar, lagu2nya pasti terpenggal krn pita yg dipakai adl C-60.
    Lebih runyam lagi antar penerbit kaset memenggalnya di lagu yg berbeda.
    Tapi jangan2 ini sih ‘excuse’ pribadi saja krn secara intelektual memang tidak menjangkau makna “TFTO” he . . he .. he .. , buktinya dgn format cd tetap aja nggak faham juga ( kalau yg ini kata org pintar krn ‘mind-set’ memang sdh tidak faham kali ya . .apalagi belakangan banyak tulisan bahwa menurut Rick Wakeman album ini ‘curly and noodling but no idea” – di kriting2kan dan dikusut2kan spt mie ttp tanpa makna).

  5. hippienov Says:

    Menanti kaset hibahan dari sedulurku mas Herwinto von Klaten…he3..ngarep.com😀
    Ketinggalan 1 mas,album drama jg jgn dilupakan,walau minus Anderson dan Wakeman tp cukup dahsyat n still prog..

  6. hippienov Says:

    Mas Yuddi,dari semua album yes yg ak pernah dengar, TFTO menurutku paling hard to digest.mungkin karena sangat curly n noodling seperti kata Wakeman..tp tetap album ini salah satu mahakarya yes yg luar biasa.. Yes berani bikin double album prog yg sangat kriting..kalo jaman skrg ak yakin gak ada label rekaman yg berani merilis album seperti itu,takut gak balik modal😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Yuddi, mas Hippienov ….

      Memang afalnya TFTO sulit dicerna … Namun setelah didengar delapan kali, maka akan ketagihan terus ingin mendengarnya ….. Itu album dahzyat. Saya kasih bintang lima di ProgArchives malahan banyak dapat dukungan dari pembaca karena reviewer lainnya memberi bintang tak banyak. Padahal bagus nih album. Memang gak bisa dipaksain suka sih … Namun sekali nunjek,langsung ngguweblak nggulung koming terus ketagihan teyuuuusss ….

      Huwebat!!!

      *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

      *Gatot Widayanto*

  7. Herwinto Says:

    Iya mungkin juga jodoh jodohan ya, saya jatuh cinta dengan Yes justru dari The Revealing Science….jadi tidak perlu 8 x dengar..he he he….sekali langsung njumbul….

  8. adrian Says:

    YES…my first gate to Prog-rock…Close to the Edge, adalah album pertama yang didengar…merindiiing eeeeeey dengarnya….virtuoso gitarnya Steve Howe…wuuiiiih…ckckck luar biasa….dan banyak unsur spiritual..really beautiful…dan Covernya simple namun adem..Full of Green…bagi saya ini album terbaik Yes,selain Relayer dan Fragile…so far kaset Yes yang punya cuma Drama..hehehehe…yang lain belum dapet2….kayaknya para kolektor pada gak mau lepas album2 Yes….hahaha…Top Band with Top Albums

  9. Herwinto Says:

    Mas Adrian kalau pedagang jasur dan blog m square susah cari Yes kemarin kemarin karena saya pesani semua he he he, jadi kalau ada udah disimpan buat saya, tapi sekarang enggak kok saya udah lengkap sebagian besar, sekarang saya huntingnya Yes rekaman team. Kalau mas Adrian berminat ini ada yang mau lepas Yes rekaman yess 1 set utuh 14 kaset mulus, pedagang blog m square juga no hp nya 082114046075…ayo buruan…..

  10. adrian Says:

    Waaaaahhh…terimakasih banyak ya pak herwin..hehehe…saya sudah call pedagangnya…nanti sudah janjian mau ketemuan….wah…luar biasa persaudaraan di blog ini…saling sharing “lokasi-lokasi” harta karun..hehe…mudah-mudahan nanti Yes nya dapat berjodoh/\..sekali lagi terimakasih ya pak herwin

  11. Herwinto Says:

    Iya sama sama mas,…. cek juga fb SOLONESIA GLADAG NO HP 081584093678 ini barang barangnya juga ok mas…

  12. adrian Says:

    thankyou pak herwin…untuk kaset yes nya ada erkembangan terbaru beliau harus check dulu ke temannya yang mempunyainya, apakah masih ada..hehe..jadi saya akan diinfo dalam 1 / 2 hari ini…saya coba check juga ke solonesia..terimakasih pak

  13. Kristanto Says:

    Terbukti 100%, kalau pengunjung blog gendhenk ini udah ikutan guendhenk juga, mosok koleksi kaset nganti double eh triple malahan, ono2 wae lho …
    Terlepas alasannya, koleksi mas Herwinto memang edan tenan …
    Nek ra edan, ora (bakal) kumanan … (bener juga ya hehehe)

  14. Herwinto Says:

    Ha ha ha ha ini sumber ‘kegendengan’ nya ya di bro Apec, goro goro manungso siji kae semua jadi rakus…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: