Jimmy & Wes “Further Adventures” & “The Dynamic Duo”

Kaset kedua yang saya nikmati hari ini adalah kolaborasi antara pemain Hammond B3 yang konon menjadi guru atau sekurangnya mempengaruhi Jon Lord, Jimmy Smith, dan pemain gitar yang banyak berpengaruh kepada musisi kelas dunia seperti Pat Metheny maupun Steve Howe yakni Wes Montgomery. Uniknya kaset ini saya beli tak sengaja dan karena hasil peracunan yang diberikan oleh Bang Oman bahwa ini permainannya luar biasa, baik gitar maupun Hammond nya. Jujur saja saat saya melihat kasetnya, saya gak kenal nama dua orang ini. Bang oMan kemudian nyetel kaset ini dan saya sambil manggut-manggut karena memang musiknya keren. Gak salah kalau Jon Lord terpengaruh dan juga Steve Howe. Gak tahu bagaimana, ceritanya kaset ini akhirnya menjadi “bonus” bagi saya karena membeli kaset cukup banyak ke Bang Oman, beberapa bulan lalu. Namun karena memang tadinya saya memang naksir juga, saya akhirnya bayarin juga sebagai tanda keseriusan saya.

Sebenernya alasan saya membeli kaset ini sederhana sekali: rekamannya bener2 jadul karena masih jaman daftar lagu diketik di kertas tipis (lihat foto) dan covernya sekedar direprodksi hitam-putih yang saya rasa ini menjadi cikal bakal rekaman Aquarius. Jangan-jangan ini memang perekamnya Aquarius jaman dulu. Mengingat album ini keluaran akhir 60an maka bisa dipastikan kaset ini berusia sekurangnya 43 tahun kalau direkamnya di Losari pada tahum 1970. Sebuah kurun waktu yang amat sangat lama. Makanya saya tertarik mengkoleksinya.

Kesederhanaan yang penuh nuansa jadul

Kesederhanaan yang penuh nuansa jadul

Nama artis di samping kaset pun diketik lho ....

Nama artis di samping kaset pun diketik lho ….

Ini paling antik dari semuanya: daftar lagu diketik di kertas khusus buat ngetik jaman dulu (tipis) maksudnya biar nembus kalau diketik pake karbon .. Maklum teknologi foto copy belum ada saat itu ...

Ini paling antik dari semuanya: daftar lagu diketik di kertas khusus buat ngetik jaman dulu (tipis) maksudnya biar nembus kalau diketik pake karbon .. Maklum teknologi foto copy belum ada saat itu …

Dan ternyata sodara-sodara sesama kaum gemblung (di jaman digital kok balik ke analog …kaset pulak!) ….kualitas rekamannya sungguh prima tak ada sedikitpun cacat! Direkamnya juga di pita Maxell yang masih kuno sebelum ada versi UD itu. Wah ..bener2 antik nih kaset. Masih ingat saat itu saya posting kaset Joe Tex yang rekamannya hampir sama dengan ini? Saya menganggapnya dua kaset ini barang berharga, peninggalan budaya 70an yang musti dilestarikan. Ini saya ngetik posting ini sambil manggut2 menikmati alunan musiknya nan indah melalui Walkman tersambung ke speaker aktif Altec di komputer desktop rumah. Wah …sungguh tenteram jiwa ini menikmati musik jadul dengan permainan Hammond B3 yang khas dibalut dengan permainan gitar khas yang biasa saya dengar melalui permainan Howe dan ternyata ini adalah “embah guru”nya Howe …. Biyuh biyuhhhhhhhh …..

Kaset ini sebetulnya berisi rekaman album Future Adventures dan sisanya diisi dengan album lainnya dari kolaborasi yang sama yaitu “The Dynamic Duo”. Lucunya, yang dipake sampul kaset justru artwork dari album The Dynamic Duo yang merupakan side B sisa belaka. Sedangkan album Future Adventures itu artwork nya ini:

Further Adventures - Smith and Wes

Tapi sungguh ….seluruh kaset ini berisi musik jazz berkualitas tinggi dengan talenta permainan Jimmy Smith dan Wes Montgomery yang memang bener-bener dahzyat … Musiknya banyak tukikan maut namun dimainkan dengan gaya santai menyentak. Wis pokoke nuikmat tenan rek ….Matur suwun kagem bang Oman yang menawarkan saya kaset nuansamatik ini …

Bener-benr asik ….. Memang menikmati musik via kaset bener-bener luar biasa indahnya …..

Salam,

G

5 Responses to “Jimmy & Wes “Further Adventures” & “The Dynamic Duo””

  1. herman Says:

    Mas G, beberapa hari yang lalu saya juga sempet beli kaset dengan alasan yang sama….karena jadoelnya, track list ketikan dan cover hitam putih…lagunya klasik vocal Caruza Lanza ( ditempat beli nggak ada tape buat nyoba) ..setelah saya stel di rumah, rekamannya memang prima….
    Dengan info Mas G di atas saya jadi penasaran…. kapan kapan cari Wes Montgomery….

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Herman,

      Mohon kasetnya yang ketikan itu diulas dan di foto buat blog ini … Memang ini kan sudah dipredikatkan sebagai blog gemblung .. Jadi ya kaset ketikan Brother ya layak muat juga ….

      Salam

      *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

      *Gatot Widayanto*

  2. apec Says:

    ha..ha.. jan manteb..seperti menemukan situs peninggalan Nabi Sulaiman yg diduga ada di Borobudur ,ha..ha..kuwi kudu dilaporkan ke Dinas Purbakala lho

  3. herman Says:

    ternyata yang punya dulu belinya th 1972….!…hahaha sudah 40 tahun ….nanti coba saya bikin tulisan…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah pasti barang antik tuh mas Herman ….sejak jamannya Foxtrot dirilis. Ayo diulas …. Tapi utamakan dulu baca Quran mas …. satu juz satu hari ….biar khatam di Lebaran.

      Bukan begitu Koh Win?

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: