Bill Shields & Stanley Clarke “Shieldstone” by Team Records

image

Hari ini ada keperluan sebentar keluar rumah pakai mobil. Saya bawa walkman dan kaset Bill Shields & Stanley Clarke untuk dinikmati di mobil sambil nyetir.

image

Whooaaaa ….ternyata nikmat sekaleeeee ….

Apa nikmatnya?

Pertama, kualitas rekaman Jazz Spot series dari Team Records memang prima. Dari dulu yang saya suka pada rekaman Team adalah karena pelitnya treble namun tak mengurangi keindahan suaranya. Selain itu bass nya pulen kayak nasi putih yang siap disantap. Wah …nikmat sekali. Kedua, saya sudah ama tak menikmati musik jazz atau fusion sehingga rasanya memang beda sekali dengan rock dan progrock.

Salah satu yang saya kurang suka dengan jazz adalah pengulangan yang berkali-kali yang membuat jenuh. Namun saya menikmati permainan solo yang ditampilkan. Di nomor pembuka Easy Listening memang sesuai dengan judulnya, musik mengalir begitu saja namun enak di kuping. Permainan Stanley dalam membetot bass nya cukup menonjol di lagu ini. Juga permainan grand piano Bill Shields (nama yang sebelumnya tak pernah saya dengar). Musiknya mengalir dan sesuai pilihan pemilik kaset sebelumnya, nomor ketiga Moving Up adalah yang dikluwerin – berarti dia suka lagu ini. Memang menonjol kok lagu ini, jazzy dan piano nya menonjol. Tapi kalau disuruh memilih saya paling suka justru nomor terakhir di side A bertajuk Shieldstone. Wah edan si Stanley Clarke ngamuk dalam membetot bass-nya. Musiknya cukup kompleks dan ada bau progressive juga.

Di side B kualitas rekaman lebih prima dan semua nomor (tiga nomor pertama di side A) memang bener2 jazz fusion yang berbeda dan sangat asik dinikmati. Tak salah juga pilihan pemilik kaset ini (terdahulu) bahwa nomor2 ini bagus. Track 4 sd adalah live shoh dari kelompok Vital Information dengan musik dinamis dan ada drums solo yang memikat.

Wis pokoke ….ngrungokno kaset kuwi nikmat setengah modar …..

Ini lanjut lagi dengan kaset jadul lainnya … Apa itu? Rahasia dunk …ntar saya share lagi ya …

 

One Response to “Bill Shields & Stanley Clarke “Shieldstone” by Team Records”

  1. Hendrik Worotikan Says:

    Mas G, sy jadi membayangkan juga nih nyetir sambil setel album ini. Memang enak sekali.

    Shieldstone adalah album pertama bagi Bill Shields yg namanya memang msh terasa asing di pelataran musik jazz. Sy juga penasaran dgn nama BS ini. Tapi karena ada juga nama musisi jazz lainnya di cover depan dan belakang yg mendukung album ini, dan hampir semuanya pernah sy dengar namanya, makanya membuat saya jadi kepengen jg memiliki PH nya.
    Album nya sendiri di rilis tahun 1987.

    Salah satu lagunya yg bertitel ‘Tabatha’, barangkali di buat untuk sang istri. Karena di back cover PH ada foto seorang perempuan dan dibawahnya tertulis Tabatha Dietrich.

    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: