Shift to Cassette – Sharing #1: Apple

By: Adrian Atmaja

Dear Pak Gatot dan Rekan-rekan Cassette Mania..

Finally, dapat berkomunikasi dengan pak gatot lagi ( makasiiih banyak pak, hp saya hilang dan semua contact hilang)..dan akhirnya dapat post di blog yang sangat “meracuni” ini…hahaha…salam kenal untuk semua rekan-rekan…Dimulai dari 6 tahun yang lalu, sewaktu masih 25 years old di aquarius pondok indah bertemu mr Gatot yang “meracuni” saya pertama kali dengan Genesis “Foxtrot”..Di sinilah pertama kali saya “klik” dengan prog-rock atas bimbingan selanjutnya oleh pak gatot ( mulai diperkenalkan cantebury scene, avant garde, prog metal,electronic prog,dll) …”Racun kedua” adalah KASET JADUL…dimulai dari blog menawan ini, saya kenal rekaman YESS mulai berburu sedikit demi sedikit..makin mengenal label monalisa dan apple…dan Akhirnya kurang lebih 2 bulan terakhir saya insyaf, melepas semua cd saya dan total beralih ke Analog…khususnya kaset ( gampang didengar di mobil dibanding PH soalnya, dan harganya lebih terjangkau)..hehehe

Terimakasih untuk pak Gatot dan rekan-rekan blog ini untuk “racun” yang sangaaat manis…

Terlampir adalah keluaran apple record yang baru saya dapatkan beberapa hari yang lalu…awalnya cukup-cukup aneh namanya (hanya banco yang saya tau) seperti ISAO TOMITA, TUXEDO MOON, THROBING GENTLE, dll ( mohon share para suhu kalau mengetahui album-album ini)…Tapi setelah mendengar di walkman kesayangan, woowww luar biasa..akhirnya saya angkut deh bersama dengan kaset-kaset YESS ( 18 pcs) dan Private Label (40 pcs) yang mungkin secara bertahap saya share ( yang jelas masih kalah jauuuuh dengan rekan-rekan disini, saya masih harus belajar banyak dari para suhu)…

image

Sekali lagi terimakasih pak gatot, rekan-rekan semua untuk ” racun kaset” yang sangat nikmat..Benar-benar saya tidak menyesal beralih ke kaset..hehe,.ada seni tersendiri dalam menikmatinya…Goodbye digital and welcome Full Analog..hehehe

Keep Rocking!!!

Adrian

22 Responses to “Shift to Cassette – Sharing #1: Apple”

  1. Hendrik Worotikan Says:

    Mas Adrian salam kenal dan selamat bergabung di blog yang ngangenin ini. Koleksi Apple nya bikin ngiler euy…
    Dari 3 nama yg disebut diatas, sy cuma tau Tomita aja. Salut utk koleksinya.
    Salam.

  2. adrianatmaja Says:

    Wah mas hendrik…saya masih junior…hehe…masih butuh masukan2 nya..oia,band nya yang detail di masing2 kaset apple itu adalah :
    Keith tippet group,moebius and plank,isao tomita,banco,this heat,basil kirchin,throbbing gistle,tuxedomoon,fausttape,holger czukay,stomu yamashita,hopper tunity box,the rank concert orchestra “moon shoot”

    • Hendrik Worotikan Says:

      Tks buat info nama nama grup Musik nya. Di foto memang tdk kelihatan jelas. Wah…grup nya antik antik jg tuh Mas Adrian.
      Salam.

      • Gatot Widayanto Says:

        Halo bro Adrian!

        Selamat bergabung di blog gemblung ini. Maaf saya malah telat berkomentar karena pas kebetulan akhir pekan ini ada acara dengan klien. Padahal dari kemarin saya sudah ngiler buat nulis komentar.

        Mengapa?

        Saya kaget bahwa bro Adrian bisa terracuni dengan kegemblungan penghuni blog ini terhadap barang atau media yang namanya kaset. Berarti secara intrinsik kaset itu memang memiliki inner beauty yang menyebabkan kita semua bisa kesirep menggandrunginya kembali bahkan jauh lebih mencintainya dibandingkan dengan saat kita dulu menyukai 35 tahun lalu. Ini jelas membuktikan daya pikat kaset yang luar biasa. Memang harus saya akui bahwa kaset bener2 seksi taj hanya enak diputer. Saya jadi inget saat menikmati sego pecel Madiun di TMII saat dijamu mas Herman dalam perhelatan sakral ProgRing #9 sambil menikmati musik dari Livin’ Blues album Wang Dang Doodle rekaman Hong Kong yang diputer di tape deck Nakamichi. Whooooa …. bener2 memorable tuh ….. kerreeeen …..!

        Namun yang saya njumbul tuh kenapa juga bro Adrian ikut2an gandrung sama kaset! Terakhir saya komunikasi dg bro Adrian, saat itu sudah beranjak ke PH dan tetep juga koleksi CD. Eh ….kok malah CD pada dijokul semua sekarang ……wah, bener2 heroik nih kisahnya bro Adrian.

        Juga saya kagum pada sederetan kaset apple yang tak satupun saya punyA. Nama band nya juga antik banget. Wah edaaaaaan …… Jadi pengen hunting kaset nih …. top tenan!

        JrnG!

        Ayo bro Adrian ….tulis sharing #2 sampe #99 …..kita sabar menunggu nih …..

        Salam

        “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

        Gatot Widayanto

  3. Eddy Irawan Says:

    Salam kenal mas Adrian
    Walaupun sy punya banyak koleksian kaset, melihat kst2 Apple di atas, baru sy sadar kl koleksian sy gk ada apa2nya dibandingkan koleksian mas Adrian. Apple pulak.
    Waduuuuuuhhhh…

  4. Herwinto Says:

    Semakin hari semangat predator kita semakin terbakar!!!!! Hanya satu kata buat mas Adrian……TUOBZ……

  5. adrianatmaja Says:

    @pak gatot…proses memutuskan pindah ke kaset cukup panjang…berangkat dari pola pikir saya bahwa kaset jadul memiliki seni tersendiri dalam menikmatinya…mulai dari proses hunting,proses membersihkan,proses mendengarkan yang sangat natural,tidak flat seperti cd..setiap kaset..memiliki suatu kisah dalam mendapatkannya..t..hal itu yang gak akan didapat dengan membeli cd…..hehe..adanya kepuasan sendiri dalam mendengar alunan analog…cover yang “bersahaja” namun hidup…dan real mendengar musik dengan media rekaman sesuai tahunnya..analog..bukan digital..itulah yang membuat saya falling in love dengan kaset dan Plat…namun kaset bagi saya memiliki kepuasan sendiri..karena yess,monalisa,apple,perina,team,dll rekaman adalah khas indonesia…dalam usaha menikmati musik berkualitas kala itu dengan cara2 yang unik…itu alasan utama yang saya gak akan pernah di cd pak🙂 dan blog ini,sangat sangat memotivasi saya menyingkirkan semua cd…hitung2 menambahkan budget hunting kaset…hehe…karena masih banyaak band di kaset yg msh saya dapat explore lagi…mungkin kalau semua band/artist rock,fusion,prog sudah saya punyai baru saya kembali melihat cd untuk album2 baru yang memang tidak mengeluarkan kasetnya..🙂 thanks pak

    @pak eddy..thankss pak,hehe..ini saya dapatkan kebetulan juga..dan merupakan poin kenapa saya mencintai kaset juga,yaitu menemukan sesuatu yang unik,dan tidak terduga dalam mendapatkannya…namun koleksi saya masih sedikiiit pak…masih belum ada apa2nya…kapan2 saya share lagi…selain apple,yess,monalisa,perina,saturn,team,saya juga mengumpulkan kaset rock indonesia awal 90an..hehe..sesuai masa saya muda saat itu,seperti grass rock,garux,power metal,whizz kid,andy liani,dll..memang bukan jadul,tapi demen saja dgn style rock early 90..hehe…sekali lagi thx ya pak

    • Gatot Widayanto Says:

      bro Adrian

      Unik juga proses pindah ke kaset. Anda bener2 beruntung bisa mendapatkan kaset rekaman Apple terutama band atau artis yg direkam bebar2 langka dan tak lazim di telinga awam. Seperti kata mas Hendrix, saya hanya kenal nama Stomu saja dari daftar nama yang ada. Boleh juga nanti sharing ulasan kaset demi kaset untuk mengenal band antik tersebut.

      Rasanya saya hanya punya dua kaset Apple yaitu Refugee / The Nice dan The Enid. Harus saya akui jaman itu saya gak tertarik Apple karena umumnya kualitas rekaman kurang bagus dan minim info seperti line up babd nya siapa; gak pernah ada. Saya sebenernya suka desain kover nya yang apa adanya …. banun ya itu …. kurang minat dengan kualitas suaranya …. Dan sekarang menyesal gak punya.

      Ah … saya tambah semangat nih nyetel kaset setelah sekitar seminggu lebih saya lebih menikmati musik via iPod karena kesibukan kerja dan ada album baru The Tangent yang mantab …. Hari ini mau nyetel kaset dan ngelap kotsk kaset yg buram agar kinclong …..he he he …..

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah susah ya ngetik pake touch screen ukuran 5 inchi ….suka salah ketik …. sori ….

      Itu ada banun ….padahal maksudnya NAMUN …

      Dan ada lainnya yang salah dudul …..maap …

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

  6. adrianatmaja Says:

    @pak herwin..terimakasih pak..betul seksali predator menyelamatkan kaset2 dari kepunahan…hehe

    @pak gatot…sering “kepleset” memang pak klo ngetik di touchscreen..hehe..rekaman apple memang sedikit kalah dibandingkan rekaman yess dari sisi kualitas sound…tapi serunya cukup nanyak saya lihat adanya band/album rekaman apple yang tidak dikeluarkan sama sekali oleh perusahaan rekaman lainnya (maafkan kalau saya salah,karena belum lama menggeluti dunia perkasetan..hehe)..album2 yang ini lebih banyak berstukturkan prog rock/elektronic prog dengan penggunaan moog,keyboard,effect,synthisizer yang kuat…mungkin karena kolektor sebelumnya memang keyboardist jadi memang sangat kental cita rasa nya dalam album2 yang dikoleksi..nanti saya akan coba share bagaimana style musik salah satu album di atas…🙂 waaaah…selamat berbenah2 kasetnya pak gatot…hehe…

    • Gatot Widayanto Says:

      Ditunggu sharing nya ya bro Adrian …. tolong foto kaset apple nya rada close up …soalnya nikmat dipandang mata …

      Oh gitu ya, kolektor nya kibordis? Asik juga. Masih ada yg mau dilepas lagi kah?

      Salam

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

  7. adrianatmaja Says:

    Pak gatot,akan saya coba foto close up..dan akan saya send lagi ke bapak foto2nya🙂

    Nah,bapak yang keyboardist punya kurang lebih 200 kaset…80 nya yess…apple 13…sisanya ada aquarius,private..nah…saya cuma kebagian 18 kaset yess…hikzzz..telat…saya yang ambil penghabisan 18 yess nya…private dan aquarius saya ambil cukup banyak sekitar 50 kaset.walau private lumayan bagus2,seperti patrick morasz,rick wakeman,brand x,dll…yang tersisa saat ini cuma sedikit label AR itupun neil young,dan beberapa funk..saya agak telat 2 hari..haha..tapi lumayan apple bisa keangkut semua…hehe..akan saya foto di sharing berikutya..pakai bb sih nih pak,lemot minta ampun..jadi saya biasanya di laptop kalau mau post..hehe

  8. adrianatmaja Says:

    Pak gatot,saya akan kirim ke bapak lagi foto applle yang lebih jelas..🙂
    Bapak keyboardist itu punya sekitar 200 an kaset yg sangat terawat…minusnya cuma ada tulisan kode namanya…dia adalah kolektor plat sebenarnya..ada sekitar 1500 plat yg dia punya..tapi plat tidak dilepas..hehe…kaset2 yang beliau punya gak ban yak karena hanya mengisi koleksinya yg tidak dimiliki dalam plat…oleh krnnya koleksinya cukup aneh2 yang kaset…krn tidak mainstream…walau msh ada jg yg mainstream seperti queen…80 kaset yess,namun baru 2 hari kartanya sudah banyak disikat…hehe saya kebagian hanya 18 kaset yess..namun terbitan private,aquarius saya ambil sktr 40 kaset seperti brand x,patrick morasz,rick wakeman,dll..

    Akan saya post di blog ini juga sharingny,menunggu sampai semua kirimannya..hehe…ada 2 tahap soalnya…sekarang sudah habis pak gatot yang bagus2,hanya tinggal sedikit funk,neil young yang sepertinya bukan taste kita🙂 thanks

  9. adrianatmaja Says:

    Hmmm…double post..hehe…di post sebelumnya tidak muncul…saya kira tidak terposting…jadi saya ketik ulang..makanya ada 2 versi post dgn tema yg sama..hehe

    • Gatot Widayanto Says:

      Bro Adrian,

      Terima kasih banyak updatenya. memang pake BB sekarang lemot banget …suka telat posting saya. Tapi kualitas kamera BB yang Bellagio bagus, saya sering posting modal foto dari BB saja. Namun sejak pake Android melengkapi BB, posting di wordpress jauh lebih mudah. Masalahnya kalau temen2 mengirim postingan dengan lampiran microsoft words rada sulit. Tapi kalau postingan dimasukkan di body email, akan mempercepat proses saya upload.

      Wah …keren juga tuh Bapak kibordis koleksinya … Sayang sudah telat ya saya … he he he …

      Resiko beli barang bekas ya ada tanda tangan atau tulisan pemilik sebelumnya. Namun itu tak masalah …asalkan masih mulus …

      Ditunggu ya postingan selanjutnya …

      *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

      *Gatot Widayanto*

      On Sun, Jul 7, 2013 at 9:03 AM, Music for Life

  10. hippienov Says:

    Salam kenal mas Adrian..bener2 “sadis” yg mas lakukan.menjual semua cd n back 2 kaset..tuobz! Aku saja masih ragu2 (sayang2) mau melepas sekedar beberapa cd yg padahal sudah gak pernah di-spin.gmn kalo harus melepas cd gentle giant, cream, genesis, p.f.m atau yes ku? Walah bisa nangis gerung2 gak rela mas,ha3..
    Anyway,mantab koleksi apple nya,2 thumbs up.
    Welcome home, brother!
    Suwun

  11. apec Says:

    Salam kenal mas Adrian.. terlalu merendah kuwi,mengaku baru kenalan dgn kaset, tp yg disikat lha kokkategori barang buruan,piye iki nasib kita yg tdk kebagian, ha,,ha..ha….menyenangkan dan makin membahagiakan ikut blog ini karena makin semarak.. jadi ingat dulu pernah ada yg komentar rada miring di blog ini karena yg dibahas kok kaset melulu,seolah mundur katanya. padahal darisinilah saya makin banyak punya teman

    • Gatot Widayanto Says:

      Maju terus pantang mundur! tetep aja bahas kaset …sambil nanti bahas album2 baru juga …. santai aja …. Sing penting kaset tetep jalan ….!! JRENG!

      *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

      *Gatot Widayanto*

  12. adrianatmaja Says:

    @mas hippie..hehehe…soalnya langsung nge-click dengan kaset…istilahnya falling in love at first. Sight..hehe…saya lepas seluruh dream theater,rhapsody,iron maiden,metallica,megadeth,dll…buanyaak..untuk modal nyari kaset..hahaha…tapi sekarang mikir juga,itu dream theater,dll banyak juga yg gak ada kasetnya..hehe..yo wez..harga sebuah pengorbanan pada analog..hahaha…

    @pak apec..dibandingkan dengan pak apec,pak gatot dan suhu2 yang lainnya,saya mah ketinggalan jauuuuh…hehe…malah baru mengenal rekaman apple 1 minggu yang lalu,eh…dapat berkah mendapatkannya secara gak sengaja..bener pak,melalui kaset ini kita banyak dapat teman baru..hehe

    .@pak gatot..siap pak..maju terus pantang mundur..membela kaset..hehe

  13. Domme Says:

    Membaca tulisan teman kita ini, aku terkesan baca kutipan ini, “Akhirnya kurang lebih 2 bulan terakhir saya insyaf, melepas semua cd saya dan total beralih ke Analog…” hehehehehe… Selamat menikmati nuansa musik yang sesungguhnya Bos… Tapi walau sudah beralih ke kaset, mengoleksi CD juga nggak haram kok. Kalau aku biasanya pesan CD “aspal” ke teman di Semarang kalau belum menemukan kasetnya… Hehehehe…

  14. adrian Says:

    @mas domme, benar mas…karena banyak cd-cd yang saya suka khususnya dari genre prog-metal memang keluarnya cd, udah gak ngeluarin kaset…tapi in term of budget saya fokus ke era 70,80 dan 90 ( Indonesia rock onlu untuk 90an) dalam hunting kaset…kelak kalau mungkin kaset-kaset favorit saya sudah terkumpul lengkap saya mulai hunting cd-cd prog-metal…namun mungkin masiiih lama..hahaha…wong kaset-kaset favorit kayaknya gak bakal habis-habis nih…Yess saja kalau mau lengkap 700-an kaset…punya saya seperempatnya saja belum untuk Yess..hehe..ya begitulah seru-nya hunting kaset🙂

  15. cosmic_eargasm Says:

    mas adrian, slm kenal ya.. waaah hari gini dpt apple? asyik bgt mas..

    dl wkt msh koleksi kaset, diantara kaset yg mas sebut td yg pernah punya cuma hopper tunity box aja.. lainnya bnyk yg nggak tau.

    makasih sharing nya mas.

    :::salam djadoel!!!:::

Leave a Reply

