Happy Birthday Paul …

By: Herwinto

image

Kalau tidak salah besok tanggal 18 Juni adalah ulang tahun Paul Mc Cartney yang ke – 71. Lewat tret ini saya ingin mengulas sedikit tentang karya Paul dan karya John, pada umumnya orang ketika ditanya tentang lagu lagu The Beatles yang disukai tentu mereka akan menjawab Yesterday, Let it Be, Hey Jude, Michele, Here There And Everywhere dll yang kebanyakan disebut adalah lagu lagu ciptaan Paul dan bukan John, hampir sebagian besar lagu lagu Beatles memang diciptakan oleh Lennon-Mc Cartney namun benarkah demikian? Ternyata tidak juga…. banyak sekali lagu lagu yang berkredit Lennon-Mc Cartney ternyata diciptakan secara individu, sebenarnya mudah sekali menandai suatu lagu Beatles karya siapa lihatlah siapa yang bertindak sebagai lead vokal, meskipun ini tidak mutlak memang. Perbedaan dasar karya John dan Paul terletak pada sudut pandangnya yang sangat dipengaruhi kehidupan pribadi masing masing, Paul dari keluarga kelas pekerja dan John dari keluarga menengah dan diasuh bukan oleh orang tuanya sendiri tetapi bibinya. Kedua, sudut pandang terhadap musik itu sendiri dimana John memandang musik adalah karya seni dimana dia bertindak sebagai seniman sedangkan Paul memandang musik adalah objek dagangan yang harus terjual laris, karya karya John sarat dengan pergerakan accord yang tidak lazim, fokus pada rhytm dan harmoni sedang Paul lebih ke arah menciptakan rangkaian melody yang indah. Bagi saya yang sudah mantab dengan musik musik karya Yes tentunya saya lebih memilih mendengarkan Strawbery Field Forever atau Sexy Sadie atau Revolution 9 yang merupakan karya Lennon yang terdengar cukup ‘progresif’ daripada menikmati Let it Be tentunya…..inilah beberapa catatan tentang mereka…..

1. Masa masa awal John dan Paul menciptakan lagu bersama sama dalam arti yang sesungguhnya yaitu kolaborasi, ini terdapat pada lagu I want To Hold Your Hand, Thank You Girl, She Loves You, Please Please Me, From Me To You, dan yang semisalnya pada era itu tahun 1963 dan mereka menyanyikan bersama sama pada lead vokal sepanjang lagu (duet).

2. Sejak With The Beatles mereka mulai meninggalkan pola ini, mereka mulai menulis sendiri sendiri dan menggunakan double tracking, jadi tanpa duet bersama sepanjang lagu. Meski demikian terdapat lagu lagu yang diciptakan seolah bersaing karena memiliki persamaan yaitu pada lagu It Wont Belong milik John dengan All My Loving milik Paul yaitu sama sama dimainkan pada nada dasar E, sama sama dimulai dengan vokal tanpa instrument, sama sama bertemakan kepergian dan kedatangan, sama sama menggunakan chord augmented semisal E+, sedangkan perbedaan keduanya adalah It Wont Belong menggunakan pergerakan achord yang tidak lazim sedang All My Loving menggunakan pergerakan achord yang predictable,dari segi harmoni jelas It Wont Belong memiliki backing vokal yang ruwet dan All My Loving jelas lebih mudah diterima di telinga awam. Namun saya sejak kelas 3 SD lebih suka dengan It Wont Belong yang rancak ini.

3. Lagu You Cant Do That milik John dan Cant Buy Me Love milik Paul tahun 1964 memiliki persamaan sama sama memiliki format 12 bar standar Rock And Roll meski Beatles penggemar Rock and Roll namun jarang menciptakan lagu berformat 12 bar kecuali dua lagu ini, sama sama berstandar lagu Beatles yaitu intro-bait 1-bait2-refrain-bait3-solo refrain-bait3-outtro.

4. Pada album A Hard Days Night terdapat lagu Things We Said Today milik Paul dan I’ll be Back milik John yang memiliki persamaan sama sama menggunakan tangga nada A mayor dan A minor, sama sama bertema rencana bepergian, sama sama memiliki riff gitar yang mudah di ingat pada pembukaannya yaitu bunyi ‘teng teng teng jreng’ juga diulang pada penutupannya.

5. Pada Beatles for Sale hampir semua lagu Beatles asli yang bukan cover ciptaan John yaitu No Reply, Im Loser, Baby’s in Black, Eight Days A Week, I Dont Want to Spoil the Party hanya Every Litle Thing dibuat oleh Paul tetapi lead vokal oleh John, dan What you’re Doing oleh Paul.

6. Pada album Help lagu You’re Going To Lose That Girl milik John dan lagu Another Girl milik Paul sama sama memiliki kesamaan yaitu diakhiri dengan kata ‘girl’, sama sama bertemakan ancaman kehilangan kekasihnya, diawali dengan chorus dan vokal tanpa instrument, bagian refrain sama sama dimainkan dengan tangga nada IIIB, menggunakan harmoni tiga suara pada chorus dan refrainnya.

7. Pada Rubber Soul lagu Girl milik John dan Michele milik Paul memiliki kesamaan bernuansa akustik, menceritakan wanita yang fiktif, dimainkan pada tangga nada minor, berirama swing, menggunakan rhytm gitar yang dipasang capo pada fret kedelapan, terdapat backing vokal yang tidak dominan namun jika dihilangkan jadi hambar seperti kata ‘tit’ pada bagian bridge di lagu Girl.

8. Pada lagu We Can Work It Out milik Paul dan Day Tripper milik John ada kesamaan yaitu tentang drugs, pada We Can Work di akhir refrain terdapat permainan triplet yang jadi ciri khas John waktu itu dan lagu ini dianggap sebagai induk lagu lagu Beatles berikutnya dengan tanda birama berubah ubah. Day Tripper lead vokal oleh Paul karena nada John yang tidak bisa mencapai nada tinggi. Inilah beberapa catatan untuk mengenang kembali Beatles sebagai induk grup grup dunia. Salam!!!!

5 Responses to “Happy Birthday Paul …”

  1. hippienov Says:

    Lennon sering mencipta lagu seperti ia ada di alam mimpi,baik musik maupun liriknya.ambil contoh strawberry fields forever, glass onion, dear prudence, julia, happiness is a warm gun,lucy in the sky with diamonds, across the universe, tomorrow never knows, dsb. Musiknya kadang lebih rumit dibanding gubahan McCartney. Fakta tambahan adalah bahwa lagu2 Paul lebih banyak di-cover oleh artis lain,semisal yesterday. Matt Monroe, Andy Williams dan Sinatra pernah membawakannya. Tp coba tengok berapa bnyk yg cukup berani mengcover lucy in the sky with diamonds yg sering dihubungkan dgn drugs addiction (l.s.d) atau karya solo John I don’t want to be a soldier yg sarat kritik, mother atau imagine sekalipun? Sangat sedikit sekali.
    Secara pribadi aku lebih suka karya2 John meski Paul pun mencipta lagu2 yg bagus dan banyak yg aku suka. Tapi
    adikku adalah fans fanatik Paul, dia mengkoleksi banyak album solo Paul dan agak malas bila disuruh mendengarkan karya2 John yg menurutnya banyak yg rada2 aneh😀
    Happy B’day, Sir Paul.. Sekarang hanya tersisa engkau dan Ringo dari legenda The Beatles..

  2. gt Says:

    Bagi pencinta The Beatles,silakan simak Radio DFM 103,4 FM,setiap hari Rabu jam 20.00 – 21 00 wib,nama acaranya Beatles Juice.

  3. Herwinto Says:

    Mas Hippie saya lebih senang juga dengan lagu lagu John ketimbang Paul, lagu John memang terkesan berat tapi bagi saya lebih menohok, coba aja perhatikan I Want You, Sexy Sadie, Come Together, Girl, Norwegian Wood, Dig A Pony, I’m Only Sleeping mantab semua…..dab berbobot secara musikalitasnya juga…

  4. yuddi Says:

    mas Herwinto,tulisannya menarik sekali. Mohon kiranya dapat dibuat tulisan serupa utk album “Rubber Soul” , “White Album” dan “Abbey Road”

  5. Regesz Ellam Says:

    dapat info baru nih..,, saya juga lebih senang ke john lennon karena pergerakan accord yg tak lazim itu..(haha..) ato bisa di bilang lebih ke pergerakkan yg cantik, spt lagu a day in the life, strawberry field, look at me atau out the blue

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: