That’s What Friends Are For

By: Rizki Hasan

 

Kemarin siang saya menerima kiriman paket berisi kaset dari Mas Apec – senang sekali rasanya, dan rasa penasaran yang selama ini menyelimuti saya akhirnya terobati.   Kaset yang saya maksud adalah kaset artist Al Jarreau “This Time” yang diproduksi oleh Private Collection.

Dahulu saya sudah pernah memilikinya,  namun hilang ketika saya pindah kota di tahun 1982.  Saya berusaha mencari kaset tersebut kembali sekitar tahun 2007 ketika saya mulai mencari lagu-lagu lama yang menjadi favorit di YouTube.  Sejalan dengan waktu, hampir seluruh lagu favorit saya sudah berhasil ketemu kecuali lagu-lagu di kaset tersebut.  Perlu diketahui bahwa sebenarnya yang saya cari bukanlah lagu-lagu dari Al Jarreau, tetapi adalah lagu lagu dari artist lain yang mengisi sisa kaset di side B.  Meskipun dahulu kaset tersebut sering saya putar, saya lupa nama artistnya sehingga upaya pencarian menjadi sulit.  Satu-satunya cara adalah mendapatkan kaset tersebut kembali dulu!

Saya berterima kasih sekali dengan Mas Gatot yang menciptakan blog ini serta Mas Apec yang telah berbaik hati merelakan salah satu koleksi kasetnya. Berkat keduanya, setelah lama mencari saya akhirnya dapat mengetahui bahwa artist di side B tersebut adalah Jess Rodden.  Terus terang tidak banyak yang saya tahu dari artist ini kecuali dia adalah penyanyi utama di album “Go Too” milik musisi Stomu Yamashita yang memiliki beberapa lagu slow pop rock enak antara lain Mystery of Love dan Beauty.

Saya juga salut kepada Mas Apec dan pemilik lama yang berhasil menjaga kondisi kaset yang saya terima tersebut benar-benar mulus, dari sampul hingga isi.  Di kaset ini, Jess bernyanyi sebanyak empat lagu yang diambil dari album solonya “Stone Chaser”.  Meskipun hanya berupa lagu pop biasa namun musik dan vokal Jess menurut saya enak sekali didengar dan terkadang mirip sekali dengan musik dan vokal Gino Vanelli.  Lagu-lagunya juga cocok sebagai pendamping lagu lagu Al Jarreau.  Berikut ini adalah gambaran kaset tersebut secara lengkap.

Jarreau

 

10 Responses to “That’s What Friends Are For”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Subhanallah …

    Sungguh saya trenyuh beberapa menit lalu menerima email berisi tulisan mas Rizki ini …. Tadinya saya merasa bersalah karena saat itu saya NGOMPORI Bro Apec dengan mengatakan di blog ini seolah-olah Bro Apec SMS saya menanyakan alamat mas Rizki buat kirim kaset di atas. Padahal itu semua BOHONG BELAKA!!! Maksudnya becanda ke bro Apec supaya menghibahkan kaset tersebut ke mas Rizki tanpa ada maksud serius sama sekali ….

    Rupanya …

    Tanpa pengetahuan saya …. Bro Apec sudah bisa mendapatkan alamat mas Rizki – padahal sumpah sampai detik ini saya gak tahu alamat mas Rizki ….

    Wah …mata saya berkaca-kaca haru nih .. Salut buat Bro Apec karena kerelaannya melepaskan salah satu koleksinya ke mas Rizki. Salut juga buat mas Rizki yang pandai “memaknai” persahabatan (baca: PASEDULURAN) ini dengan tulisan menyentuh di atas ….

    Rupanya …paseduluran kita sudah goes beyond music …meskipun pertukaran masih seputar pernik musik (kaset). Namun untuk saya tidak juga karena Dr Apec ini sudah jadi dulur yang sekaligus dokter pribadi saya dan nyonya … Setiap ada keluhan, saya kontak beliau dan selalu jawabannya MAK DHUSZZ sampek mbledhos saking tepatnya! Selain itu saya juga pernah dioleh-olehi sambel Bu Rudi yang ngetop itu …

    Wis pokoke saya suka berteman dengan temen2 yang suka komen di blog gemblung ini …. I love you all!!!

    Mengenai kaset di atas:

    Saya ngiri dengan kebahagiaan mas Rizki terhadap kaset yang telah dimilikinya dulu dan sekarang punya lagi. Saya pernah merasakan juga saat mendapatkan kaset Prambors Hits 1, 2 dan 3 … Seperti saya menemukan mutiara yang hilang. Apakah musiknya hebat? Tidak! Apakah musiknya gak ada CD nya atau MP3 nya? Tidak! Lantas apa? KASET nya itu lho!!!!! Jiyaaaaannnnnn … Tak bisa digantikan lagi (kalimat saya ini langsung dicatat pedagang kaset sekaligus memasang strategi meninggikan harga nih ….he he he he … Gak papa … Mereka berhak hidup sejahtera bukan? Lagian meninggikan nilai jual kaset kan berarti merupakan salah satu bentuk apresiasi kita terhadap kaset jadul …)

    Kaset tersebut di atas, saya sering liat di toko kaset dulu dan sayangnya gak tertarik beli karena di kepala saya Jarreau itu bagusnya hanya membawakan SPAIN aja… he he he …

    Namun ….liat fotonya dipajang ….saya naksir juga … Sexy banget ya kaset tuh!!! Bener2 sedap dipandang mata!

    Selamat pagi dan selamat berkarya untuk negeri tercinta ini …!!!

    • apec Says:

      Spain ada di kaset tersebut Om

      • apec Says:

        Walah, mas Rizki dan Om Gatot berlebihan kuwi.. Kebetulan saja saya memang koleksi Jazz, ( ada sekitar 200 kaset jazz) namun tdk sangat amat begitu fanatik untuk menyimpan sebagaimana prog dan rock

      • Gatot Widayanto Says:

        Oh gitu ya /….? Saya tahunya THE BEST aja .. ha ha ha …. Soalnya BREAKING AWAY dulu top banget di Bandung selain SPAIN

  2. DananG Says:

    Sungguh luar biasa blog ini dan penghuninya, sangat guyub dan gayeng. Kelihatan sangat sepele memberikan/menerima sebuah kaset. Namun maknanya sangat lah luar biasa
    Saya alami peristiwa seperti ini saat seorang teman sudah putus asa mencari kaset Denny Hatami & Tika Bisono. Pas saya sedang mencari kaset Queen & Rush, terlihatlah kaset ini di kios bang Udin. Segera saya tes dan berfungsi dengan baik dan saya kirim kaset ini ke teman saya.
    Sungguh respon yang saya dapat luar biasa, panjang banget terima kasihnya kepada saya.
    Ternyata kaset itulah yang menjadi memori teman dan istrinya (mungkin waktu itu pacaran sambil denger lagu itu atau hal yang lain……tentulah sangat spesial bagi mereka berdua).

    Entah apa memori dibalik kaset itu bagi mas Rizki. Namun kebahagian yang didapat dari terapi dokter Apec bisa saya rasakan…
    Terima kasih buat mas Rizki dan mas Apec yang telah memberikan sebuah makna dalam kehidupan di dunia melalui sebuah kaset Al Jarreau…salam

  3. hippienov Says:

    Friendship becomes brotherhood ya mas G.. Semua diawali dengan kegemaran yg sama dan sealiran: musik progclaro dan difasilitasi melalui blog ini.padahal kita semua gak ada hubungan darah dan berbhinneka,tapi sangat tunggal ika. Malah bisa jadi rasa persaudaraan diantara penghuni blog ini lebih kental daripada saudara sedarah kita sendiri,bisa jadi loch..
    Salah satu contohnya apa yg dilakukan bro Apec u/ mas Rizki,menghibahkan koleksi kaset jadulnya..mulia banget n tuobz!

  4. Rizki Says:

    Terima kasih Mas Gatot tulisan tsb sdh langsung diposting dan diberi komentarnya.

    Menambahkan saja, Mas Hendrik di bulan September tahun lalu pernah menyebutkan Jess Roden ketika membahas kaset Heavy Slow 8 by YESS. Mas Hendrik bilang penyanyi masih asing buatnya. Semoga dengan artikel diatas sudah tidak menjadi asing lagi. Bagi penggemar musik male vocal, Jess Roden sangat saya rekomendasikan karena vokalnya bagus dan bisa lintas musik – buktinya bisa masuk ke rekaman YESS juga🙂

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah …ntar malem nyetel kaset Yess saya yang Stomu Yamashta …karena katanya ada Jess Roden … Suwun pencerahannya , mas Rizki ….

    • Hendrik Worotikan Says:

      Mas Rizki sy juga jadi penasaran sama si Jess. Dan sdh lupa juga kalo salah satu lagunya ada di Heavy Slow 8 rekaman Yess.
      Tadi sy sempat setel lagi ‘Mysteri of Love’, yg di lagu ini Jess nyanyi bareng Linda Lewis.
      Wuih…keren banget lagunya. Keren…keren…
      Sayang sy belum punya album Jess Roden yg lain.
      Salam.

      • Rizki Says:

        Mas Hendrik,
        Di Youtube, lumayan banyak lagu2 Jess, baik dari solo albumnya ataupun band2 yg pernah dia ikut (antara lain The Butts Band). Jess merupakan salah satu penyanyi terbaik dunia yang “underrated”. Suaranya sungguh enak didengar, terutama untuk musik rock, blues,
        dan soul.
        Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: