Genesis Live by Yess

By: Herwinto

image

Hari ini sungguh membahagiakan karena saya mendapatkan kaset yess untuk album Genesis yang belum saya miliki, tak terasa dengan bergabung dengan blog ini telah membuat saya kembali memiliki rekaman yess lagi dan sungguh dunia digital telah saya lupakan sejenak, untuk Genesis masih butuh 5 album lagi karena saya baru dapat 11 album Genesis rekaman yess, sedangkan Yes masih kurang 6 album lagi karena baru dapat 8 album rekaman yess. Nah kaset yang akan saya ulas ini adalah yess seri urut 399 dan 400. Ini adalah album Genesis versi yess yang unik sebab bagi mereka yang mengenal Genesis lewat rilisan resmi pasti akan dibuat pusing dengan adanya album ini, inilah keunikannya :

1. Istilah album Genesis Live aslinya hanya ada pada Genesis live di era Peter Gabriel tahun 1973 sehingga mereka yang tak paham kaset varia nusantara (yess, team dll) pasti bingung. 2. Album Genesis live versi rekaman yess adalah kumpulan dari berbagai live Genesis di sepanjang karir mereka baik era Peter Gabriel maupun era Phill Collins, dan saya sangat paham dengan watak kaset jadul bahwa untuk merilis semua album asli per album satu kaset tidaklah mungkin karena standar pita adalah 60 menit, jadi pasti akan terjadi sisipan demi memenuhi isi pita selama 60 menit, maka isi dari kaset nomor 400 adalah campuran live sepanjang 1973-1981. Bagi saya pribadi yang membuat adrenalin saya muncrat 5x lebih jauh adalah pada lagu In The Cage yang di buat medley dengan Cinema Show, Colony The Slipperman dan ditutup dengan Afterglow…..wooaaaaahhhh ngguweblag tenan….. 3. Istilah Live and Studio adalah istilah yang tidak pernah ada pada album asli Genesis, karena yang asli adalah Three Side Live, jadi live and studio adalah produk kaset NKRI versi yess….wah kalau Phil Collins tahu bisa mencak mencak ya…. 4. Album Genesis nomor seri 399 ini pada Side A berisi lagu lagu studio dari EP 3X3 yaitu You Might Recall, Paperlate dan Me and Virgil semuanya kuereeen abis…ditambah satu lagu dari EP Spot The Pigeon yaitu Inside and Out yang menampilkan Steve Hacket pada guitar, mantab sekali lagu ini mengingatkan pada Genesis lama, dan 2 lagu dari single Duchess dan Misunderstanding yaitu Open Door dan Evidence of Autumn. Sedangkan Side B nya berisi lagu lagu live sepanjang 1973-1981 sebagaimana pada kaset nomor seri 400.

Inilah keunikan Genesis Live made in rekaman Yess yang sangat nuansamatik puool, dengan alasan ini semua maka sudah seharusnya Om G mencari lagi kaset Genesis nomor seri 400 ini….yo po ra Om ? Salam!!!

31 Responses to “Genesis Live by Yess”

  1. Herwinto Says:

    Maturtengkyu ya Om G sudah ditampilkan coretan sederhana ini….

  2. danangsuryono2112 Says:

    Saya sebenernya hanya memburu kaset Queen dan Rush saja untuk kaset jadul, namun pas main ke Blok M Square ada toko baru yang lumayan banyak mempunyai rekaman YESS. Akhirnya iman saya goyah saat melihat susunan kaset yang tertata rapi itu. Disela-sela mencari Queen & Rush saya akhirnya mencomot 11 kaset Genesis (YESS) dan 7 Kaset Pink Floyd (YESS).
    Adapun yang saya pungut ndilalah ada yang direview mas Herwinto
    Selengkapnya kaset Non Queen & Rush yang saya dapat adalah::
    YESS-004-Pink Floyd-Ummagumma-1969
    YESS-007-Pink Floyd-Atom Heart Mother-1970
    YESS-028-Pink Floyd-Meddle-1971
    YESS-133-Pink Floyd-Wish You Were Here-1975
    YESS-153-Pink Floyd-Animals-1977
    YESS-277-Pink Floyd-The Wall-1979
    YESS-443-Pink Floyd-The Final Cut-1983

    YESS-103-Genesis-The Lamb Lies Down On Broadway
    YESS-104-Genesis-A Trick Of The Tail
    YESS-106-Genesis-Selling England By The Pound
    YESS-110-Genesis-Foxtrot
    YESS-150-Genesis-Wind And Wuthering
    YESS-189-Genesis-Seconds Out I
    YESS-190-Genesis-Seconds Out II
    YESS-216-Genesis-And Then There Were Three
    YESS-364-Genesis-Abacab
    YESS-400-Genesis-Genesis Live
    YESS-468-Genesis-Mama

    Oh ya mohon informasi, dari seri YESS ini Pink Floyd dan Genesis ada berapa kaset? terima kasih

  3. Herwinto Says:

    Walah mas Danang baik benar nasib panjenengan mas, tuobz tenan dapat kaset kok sebanyak itu….Genesis 16 kaset mas, Pink Floyd ada 8 kaset mas sama Momentary Lapse of Reason mas…oh ya harga berapaan mas di kios siapa?

  4. Herwinto Says:

    Untuk Genesis nya itu mas Danang kurang Trespass, Live and Studios, Genesis S/T , Invisible Touch, Duke mas…..

    • danangsuryono2112 Says:

      Terima kasih infonya mas Win. Saya gak catat no hp Ferry. Kebetulan hari ini Saya mau nemenin istri ke sana. Nanti Saya minta no hp Ferry

      • Gatot Widayanto Says:

        Wah …yang di Jakarta bakalan gigit jari karena ada predator kaset via HP yang tinggal di Klaten .. Abis dah dikuras semuanya …

        On Sat, Jun 8, 2013 at 1:01 PM, Music for Life

  5. hippienov Says:

    Walah-walah..ciut nyaliku membaca tret mas Herwinto dan komentar mas Danang,luar biasa koleksi Yess nya.aku hanya punya 3 genesis yess dan kira2 3 yes yess juga.pink floyd blas ndak ada yg yess.
    Mas Danang,kalo boleh tau nama kios kaset yg mas sebut tadi apa ya?u/ referensi mungkin ada kesempatan mampir juga.suwun mas.

    • danangsuryono2112 Says:

      Nama yang jual Ferry. Koleksi claro nya top dia

      • Herwinto Says:

        Nyimpan telpon nya gak mas?

      • Gatot Widayanto Says:

        ha ha ha …kalo nomer telpon di tangan Koh Win …..abis tu sudah toko …langsung kukut ….ha ha ha …..

        Pada ganaz semuanya….

        Seingat saya Yess seri 400 itu kualitas rekamannya kurang bagus, masih kalah sama 399. Gak tahu kenapa.

        Iya kaset saya raib gak tahu kemana ….

      • Herwinto Says:

        Betul Om, aku kira pertama kotor udah tak detox berkali kali tetep aja gak kayak yang nomor lain Om, perlu di buat daftar kaset yess yang kualitas suaranya kurang optimal sebenarnya…

      • Gatot Widayanto Says:

        Iya Koh Win …Dulu saya pikir kaset saya rusak. Tapi kok dari baru suara gak bagus .. Memang dari masternya gak bagus karena cd nya juga kurang ok

    • danangsuryono2112 Says:

      Kios nya gak perhatiin namanya. Kebetulan hari ini Saya kesana. Nanti saya khabari mas.

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas DananG alasannya nemenin istri … Padahal istri yang nemenin mas DananG cari PH Queen dan Rush sekalian nyikat abis tokonya Ferry …

        Mas DananG, tolong difoto ya mas ,…. nanti saya upload di sini biar ngetop sisan …

        On Sat, Jun 8, 2013 at 1:06 PM, Music for Life

  6. herman Says:

    Mas Herwinto, terima kasih ulasannya yang gamblang…..dulu saya juga suka setel genesis live, memang nungguin In the Cage dan kadang – kadang saya puter ulang…lama2 takut juga kasetnya jadi melar ( mleyot) ….tapi sampai sekarang kaset Yess no 400 masih ok…..

  7. Herwinto Says:

    Semakin hari anggota blog ini semakin menjadi predator predator yang ganas melahap mangsa ha ha ha….kemarin pedagang kaset dah mengeluh karena tarif JNE naik 25%…sehingga mereka beralih ke kantor pos…..ayo mas Hippie mampir aja ke blog M siapa tahu ada mangsa yang lezat… ha ha….

  8. hippienov Says:

    Beres mas..siap meluncur ke blok m square,tapi liat2 aja dulu,kalo ada yg bener2 bikin cenat-cenut naksir berat n gak terlampau mahal, bungkus mas..😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Sudah saatnya menggelar ProgRing di corelli nih ….

      Kapan? Sebelum ramadhan wajib mrogring ….

  9. Herwinto Says:

    Album genesis yang seri 399 ini punya jasa besar karena kita jadi tahu ada EP Genesis yang judulnya 3X3 dan Spot the Pigeon….sebelumnya saya kebingungan dengan lagu lagu di EP itu…karena tahunya yang LP aja…

  10. hippienov Says:

    Setuju mas G,sebelum Ramadhan baiknya progring,nanti tengah2 Ramadhan progring lagi sekalian buk-ber😀

  11. apec Says:

    waduhhhh, meninggalkan blog ini 3 hari, wis ketinggalan jauh..opomaneh sdh ada kabar kios baru.. alamat kios tersebut habis ini tutup karena barangnya sdh habis sebelum dapat kulakan barang baru lagi…Ngiler, dan alamat lagi Corelli bakal kehabisan stock capuccino

  12. Gregorian Jerahmeel Says:

    mas danang, setlistnya genesis wind and wuthering di yess apa aja mas????

  13. Nono Says:

    Enaknya yg tinggal di jkt, msh bnyk lapak2 dsna. Gak spti sy yg hrs sering ke malang dan sidoarjo utk mendaptkan kaset2 jadul. Dg bekal walkman, kita hrs meluangkan wkt krn biasanya ada bbrp lirik lgu yg kehapus. Jd hrs dicoba, itu klo kita gak bgitu akrab sm pemilik lapak2. Klo sdh akrab mreka akan ksh tau kita dan kita tinggal tunggu paketan drmh sambil harap2 cemas. Hehe. Skdr info dimalang msh ada 5 lapak disekitar stdion gajayana, umumnya buka jam 7 malam. Sdg di sidoarjo hny tinggal 1.
    Salam prog.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Nono

      Tgl 26 sd 27 Nop kemarin saya di Malang. Aduh! Sayang sekali saya gak sempat blusukan karena membawa kopen ajaib berisi 40 kg kaset jadul eks koleksi Radio 234 Madiun yg diamankan di Malang. Next time saya akan jelajahi mas …

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  14. andria Says:

    pak Nono, di sidoarjo sekarang penjualnya tinggal yg di daerah mana aja? dulu saya tahu di alun2 dan yang sebelum Matahari Sidoarjo? tapi pas 3 tahun lalu malam2 ke sana tidak ada sama sekali.

  15. Nono Says:

    Mas andria
    Disidoarjo hny ada 1 lapak di daerah taman pinang tepatnya di pasar malam gading fajar. Meski hny 1 lapak tp lumayan utk koleksi2nya.

Leave a Reply

