Rick Wakeman Bagi Saya (7 of 38)

Kaset Telanjang TDK Yang Misterius

 

Ini murni pengalaman pribadi dan mungkin tak ada maknanya bagi teman-teman.

Alkisah,

Pada saat saya sekolah di Bandung, saya punya temen sekolah yang tadinya sekolah di THD (Techniche Hoogeschool Delft – embuh bener pow ra nulise), Belanda. Tapi dia asli orang Indonesia, namanya Ilham Loekito Putranto. Saat itu saya sering main ke rumahnya di Jl. Tengku Angkasa, Bandung sekitar tahun 1979 – 1980 begitu, bahkan kadang saya menginap. Pertama kali main ke rumahnya saya kaget, karena ternyata Ilham ini rocker pula karena di kamarnya banyak tumpukan PH dari Queen, Genesis, Yessongs (yang 3 piringan itu) dan band progclaro lainnya. Saya masih ingat minta tolong Ilham diputerin Queeen hanya satu lagu saja: The Prophet’s Song karena kaset Perina Aquarius saya untuk album A Night AT The Opera disunat habis pada saat koor dahzyat sedang mengalun “And now I know …now I know …and now I know …..” …biyuh kerreeeen … tapi kok tega memutus ya?!

Singkat kata saya minta Ilham putar beberapa kali lagu tersebut sampai saya bosen. Sayapun gakpengalaman dalam nyetel turn table – maklum wong ndeso ora nate nyekel plat. Selain itu saya ngodal-adul plat nya Ilham sambil buka gambar-gambar di dalamnya. Wis pokoke puwassss …. karena selama ini hanya bisa menikmati musik via kaset aja.

Suatu ketika saya dikasih Ilham kaset telanjang TDK tanpa label apapun, tapi dia bilang merupakan hasil rekaman dia langsung dari PH koleksinya. Kaset tersebut saya setel di tape deck Fisher saya di kos2an. Ternyata isinya bukan asing lagi bagi saya: Rick Wakeman. Kasetnya sih C 90 sehingga side A nya satu album penuh dan side B nya satu album penuh. Yang menarik, kaset ini jadi saya setel terus menerus meski tak ada judul lagunya dan biasanya saya benci menikmati kaset tanpa judul lagu (kotak kaset). Tanpa saya sadari saya akhirnya terbiasa mendengarkan lagu2 yang ada di side B karena saat SMA di Madiun kakak saya, mas Henky, pernah beli kaset rekaman Pop Discotic album “No Earthly Connection” (bahasa Inggrisnya: Gak Nyambung Blas Kambek nDonya!). Sayangnya saat di Madiun saya kurang “klik” dengan album ini karena TERNYATA urutannya dibolak-balik tanpa mengikuti alur resmi versi PH. Saya hanya ingat di kaset Pop Discotic tersebut ada liriknya “Music of my soul ….” tapi musiknya slow dan gak prog blas.

Kaset telanjang TDK ini memang unik …. Semakin disetel semakin mantab dan saya semakin mengenal dan mencintai side B yaitu album No Earthly Connection. Urutannya begitu indah dan tak bisa dibolak-balik karena akan mematikan nuansanya – alias gak nuansamatik blas! Side A nya gak perlu saya bahas karena memang berisi album yang saya cinta sejak SMP di Madiun: The Myths and Legends of King Arthur. Kecintaan saya pada Side B kaset TDK ini lebih membuncah lagi saat saya mengikuti kegiatan Marching Band dan saat istirahat di gedung LFM saya menikmati radio via walkman kok ya pas Radio OZ yang di Jl Geusan Ulun nyetel salah satu lagu dari album tersebut bertajuk “The Prisoner”!!!!! Mengapa saya kasih tanda penthung banyak? Karena itulah saat pertama saya mendeklarasikan bahwa The Prisoner adalah LAGU TERBAIK karya Rick Wakeman ever! (meski saya banyak suka lagu lainnya dari RW). Tapi The Prisoner ini memang lain dan sampai sekarang kalau saya nyetel lagu ini, selalu saya setel bolak-balik.

Uwediyan tenan lagu berjudul The Prisoner ini. Tuoooobbbzzz! Adrenaln muncratsz limang meter yen ngrungokno lagu ini … Opo maneh nyetel saka kaset rekaman Monalisa nang tape deck TANDBERG …Whooooaaaaaa!!!!

Jreng tenan!

YOU SHALL HANG said the Judge ….!

image

The Prisoner

Salam,

G

 

8 Responses to “Rick Wakeman Bagi Saya (7 of 38)”

  1. herman Says:

    Mas G…..kok bisa nyambung ya….2-3 hari yang lalu saya juga pegang2 kaset rekaman dari PH, dikasih temen…..sepertinya pitanya juga TDK…..opo tumon…? kapan kapan saya coba tulis ceritanya…..

  2. Gatot Widayanto Says:

    Ditunggu ceritanya, mas Herman ….. Sayang kaset TDK tersebut sudah gak ada lagi … Padahal jelas nuansamatik pol ….

  3. herman Says:

    Lucu banget nih Mas ..kalau kaset Mas G dari temennya yang pernah sekolah di Belanda, kaset TDK saya dari temen orang Belanda yang sedang di Indonesia…..kok bisa begini ya…?

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha ha ….kebetulan karena kesamaan kegemblungan mas … ha ha ha ha ha ….Aneh bis mustajab tenan …

      On Sat, Jun 8, 2013 at 5:04 PM, Music for Life

  4. dena kuswandana Says:

    hebat jg ceritany.a, saya jg fans beratnya rick wakeman

    • Gatot Widayanto Says:

      Salam kenal mas Dena

      Wah sesama penggemar RW ya mas. Paling suka album apa mas?

      Salam

      Gatot Widayanto

  5. dena kuswandana Says:

    slm kenal kembali,hampir semua saya suka rw terutama album2 kolosalnya spt
    -six wives of henry vIII th 1972
    -journey to the centre of the earth th 1974
    – the myths and legends of king arhur and the knight at the rounds table th 1975
    pokoknya bnyk deh terutama album 1984 yg di rilis tahun 1981, pertama sy beli kaset rw, waktu sy msh di smp

Leave a Reply

