Sial Amat!

By: Domme

Sekian lama bergelut dengan para seller via internet, kali ini awak kena sial. Sederetan kaset Yes Complette Story TEAM berjumlah 15 tiba-tiba muncul di dinding facebook… Harga yang familiar membuat aku langsung HOLD dan membereskan transasksi. Kemudian layaknya menunggu surat dari kekasih, aku pun harap-harap cemas menunggu kiriman paket datang.

Dan begitu paket tiba, dengan hati tak sabar, segera aku buka bungkusan. Dan nampak deretan kaset Yes Complette Story 1 – 15 TEAM begitu indah, yang sejujurnya baru kali ini aku lihat. Namun kekecewaan mulai membuncah saat salah satu kaset aku buka dan nampaklah chasing BASF, yang jelas-jelas tidak sesuai dengan spesifikasi. Meski demikian, aku masih berusaha menerima keadaan dengan harapan, bahwa kaset BASF juga kalau dirawat dengan semestinya, bisa menghasilkan suara prima. Atau jangan-jangan hanya chasing aja yang BASF tapi pita maxell. Itu mah masalah kecil. Tinggal ganti chasing, beres.

Namun lagi-lagi kekecewaan bertambah, setelah aku teliti pitanya, ternyata bukan BASF, apalagi maxell. Tapi pita yang tak jelas apa jenisnya karena awal pita bening. Dan segera aku ambil kesimpulan, paket-paket itu adalah gilingan semua. Kemudian aku teliti cover lebih seksama, ternyata memang hasil scanning yang nyaris sempurna hasilnya.

Waduh…. Kecewa berat aku. Segera aku hubungi seller, yang ternyata kemudian mengaku, belum begitu paham soal kaset-kaset bajakan resmi ini. Dan untungnya dia bertanggung jawab penuh atas masalah tersebut.

Bagi aku pribadi, yang jadi soal bukan masalah uang bisa kembali atau tidak. Tetapi betapa sial rasanya, angan-angan memiliki kaset Yes Complette Story Team yang lengkap, punah dan habis tanpa bekas… Waduhh….!! Sial amat…!!

YES Complete Story Palsu

YES Complete Story Palsu

 

32 Responses to “Sial Amat!”

  1. Domme Says:

    Thanks Bos…. Sudah memuat tulisan seadanya ini….

    • Gatot Widayanto Says:

      Harus dimuat biar gak ada korban lain lagi. Kita harus hati hati dengan penjual via internet …

      • Herwinto Says:

        Kenapa gak dibuat sekalian sampai Fly From Here ya kan keren ha ha ha ha

      • Gatot Widayanto Says:

        Nanti muncul juga Kamelot Complete Story by Team Records … Ha ha ha … Wong edhan!

        Yg bikin edhan ya karena blog gemblunk ini terlalu sering ngangkat isu kaset sih …. Jadi ramelah …..

    • Herwinto Says:

      Ini semua gara gara bro Apec yang menyebarkan wabah kasetipus complex….akhirnya semua tergila gila dengan kaset…..sampai sampai muncul kaset kaset abal abal, dari para penjahat yang memanfaatkan keadaan…..ha ha ha

      • Gatot Widayanto Says:

        Sebenernya kaset gilingan sudah ada lama lho ….saat dulu saya kadang mampir ke komunitas Jatinegara. Cuman dulu terbatas rekaman Monalisa dan Yess. Lha kok sekarang Team juga!

  2. apec Says:

    Iya mas Domme… melihat urutan gambarnya saja itu abal-abal, memang kalo dilihat dari internet gak bakal terlihat. Mungkin si pembuat menciptakan seri album ini sesuai urutan album resminya. Sebab album Time and a Word yg asli digabung pada Seri 1 (self title) dan seri 2 yg bercover Fragile. Yes album yg asli juga digabung dengan Close to the Edge bernomor seri 3 ( pada gambar diatas Yes Album masuk seri 3 dan Close to the Edge no 5).. Dan edisi resmi Team yang saya dapat, hanya sampe seri no 11 bergambar cover 90125.. Pernah juga ada yg tertipu seri Complete Story Pink Floyd yg menampilkan hingga album Division Bell. Si Pembuat tidak sadar bahwa seri kaset Complete story hanya muncul dan dibuat saat Bob Gedolf mencak-mencak,lha Division Bell itu kan muncul tahun 1994 kalogak salah.. Lha kok bisa??? saat saya berikan komen ( saat itu ada di FB) si penjual tdk menjawab pertanyaan saya

    • Domme Says:

      Memang setahu aku juga hanya sampai 11. Makanya aku agak heran ketika ini muncul, sekaligus penasaran… Apalagi urutan terakhir di complette gadungan ini adalah Big Generator, yang memang masih sempat keluar di era kaset bajakan resmi…. Aku kirain ini keluar mungkin awal 1988 gitu. Mungkin TEAM bikin pembaharuan. Rupanya….

  3. Herwinto Says:

    Mas Domme di mas Catur solonesia gladag ada yes seri team asli mas, dah saya lihat kemarin 11 kaset mas….sama beatles seri team juga 10 kaset, monggo di kontak aja…

  4. Apec Says:

    Tapi kalo belum punya, simpan saja mas Domme, sampai nemu yg asli..toh kalo buat pajangan juga menarik tuh

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah mosok barang KW3 dipajang to bro Apec ….

    • Domme Says:

      Waduh… Iya juga ya… Nggak terpikir… Udah aku kembalikan Bos… Karena seller-nya memang segera tunjukkan niat baik langsung kembalikan duit… Kalau sekedar pajangan memang bagus kian ya….

  5. DananG Says:

    Tadi malem sempet ngobrol dengan seseorang yang sudah malang melintang sebagai seller kaset. Dari ceritanya kaset gilingan ini terjadi karena tingginya demmand untuk kaset tertentu, terutama kaset rock Indonesia jadul. Untuk urusan cover, repronya nyaris sempurna. Nha untuk yang isi nya inilah yang menimbulkan masalah. Ada kaset gilingan yang mutunya lebih baik dari aslinya, adanya yang amburadul. Untuk mutu yang lebih baik biasanya dari kaset masternya dirip ke format WAV lantas dilakukan perbaikan kualitas melalui komputer, baru direkam ke pita kaset baru (penggiling yang rapi biasanya mencari kaset kosong bermerek sama, atau jika berbeda dia menggunakan kaset kosong maxell). Kemudian dicarilah cashing kaset sesuai label perekamnya, namun dari album rekaman yang berbeda sekenanya, yang penting cashing nya sama, barulah hasil rekaman yang kualitasnya sudah diperbaiki pitanya dimasukkan ke cashing tadi). Namun kebanyakan gilingers ini nggak memikirkan mutu, cukup dicopy dari master kaset nya via compo double deck dan diberi cashing baru, nah inilah yang paling bermasalah.

  6. hippienov Says:

    Alah-alah..kok ada org yg mencuri kesempatan dgn menipu..tega banget.lebih fair kalo si “kopiket” itu jujur kalo kaset2 ini hasil “produksi rumahan” sendiri n jgn pula numpang label Team records segala..ndak gentleman lah!
    Btw,hasil rekamannya gimana bro Domme?parah van abal2 banget?

    • Domme Says:

      Andai hasil rekamannya standard sih nggak masalah. Yang paling bikin masalah kan pitanya…. Kalau seperti kata Bos DananG…, hasil rekaman standard dan pake pita maxell, mungkin juga aku simpan… Dan sebagus-bagusnya cover hasil scanning, tetap juga kelihatan. Beberapa gilingers pake cara merendam pita ke cairan teh supaya terlihat ‘old’ gitu. Tapi tetap aja kelihatan, karena cetakan baru dengan cetakan termakan usia kan beda. Belum lagi pengaruh teknologi printing…

  7. herman Says:

    Mas Danang, kalau yang di rip dulu dalam format Wav, wah itu saya juga mau kaset seperti itu tanpa label sekalipun atau label rumahan seperti yang dimaksud Mas Hippie…. kulaitasnya pasti bagus karena file-nya jauh lebih besar dari MP3 atau setara dengan CD yang original….

  8. ekho Says:

    kok lucu ya… membajak dari kaset bajakan resmi…berarti udah kw 2 itu…kalo cuma membajak gituan mah bikin sendiri juga bisa, dgn kualitas audio yg lebih bagus lagi…donlot aja mp3 dgn bitrate 320 kbps terus diburn ke CD…hasil burn CD kemudian dikopi menggunakan tape recorder yg ada pemutar CD mp3 nya…terus print/scan deh kover dari kaset tsb (yang bisa kita cari juga di internet) … jadi deh kaset bajakannya bajakan…modal 10000 rupiah udah bisa bikin itu :D….(note:tidak untuk dipraktekkan…)

  9. hippienov Says:

    Bener yg diutarakan mas Ekho,aku juga suka melakukan hal tsb tp (perlu digarisbawahi) hanya u/ kepuasan/kesenangan pribadi,ndak u/ dijual apalagi sengaja u/ menipu orang lain..

    • Gatot Widayanto Says:

      Mungkin si penjual tak bermaksud nipu. Dia juga mgkn tertipu orang lain yg mensuplainya …. Hal ini terbukti dari cerita bang Dome bahwa penjual bertanggungjawab dan gak tahu ….

    • Domme Says:

      Iya memang Bos… Yang jual jujur mengaku dia nggak ngerti. Dia juga ada DP Complette Story. Tapi dia bilang serupa juga isinya…. Dia dapat dari temannya…
      Aku juga terkadang melakukan recording sendiri kalau ada cover kaset yang kelamaan belum ketemu isinya… Tapi memang untuk dengar sendiri saja….

  10. Herwinto Says:

    Dan hanya khusus untuk dibagi bagikan sesama gemblunger….iyo po ra mas hippie…..

  11. hippienov Says:

    Hahaha..inggih mas Herwinto..ada notenya: “hanya untuk kalangan sendiri, not for sale”
    Tapi ya pasti kualitas rekamannya ndesit pol alias jauh dari standar mutu, namanya juga rekaman via compo sederhana😀

  12. cosmic_eargasm Says:

    menurut pengalaman temen sy, kaset2 tsb diproduksi di malang bbrp tahun yg lalu. tp nggak tau jg kalo sampai skrng msh produksi.

    Bbrp tahun yg lalu, kst gilingan tsb sempat nongol di jatinegara, dan bbrp di bandung.
    Kbrnya karena saking bnyknya request. ada pula yg sdh tau, tp malah tetap order jg..

    • Domme Says:

      Malah sepertinya sudah sempat menyebar ke seantero Nusantara… Karena kaset KW3 itu aku dapat dari Pulau Borneo…

      • Gatot Widayanto Says:

        Aku punya kaset KW3 rekaman Rover keren sampe sekarang …

        On Fri, Jun 7, 2013 at 7:06 PM, Music for Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: