Detoksifikasi Kaset

By Herman

Karena sering nyetel kaset suaranya mendem dan juga adanya kaset – kaset yang suka bikin head kotor maka saya coba – coba mencari cara detoksifikasi kaset. Kalau Piringan hitam dan CD mudah terlihat bila ada kotoran yang menempel, dan pembersihannya pun relative mudah. Lain dengan kondisi kaset yang tergulung dan berada dalam kotaknya, maka tidak semudah cd atau PH dalam upaya mengetahui kondisi dan merawatnya. Yang tersedia di pasaran justru pembersih head . Dengan tujuan sederhana ingin membersihkan permukaan kaset maka saya coba untuk ngelap permukaan pita kaset dengan tissue. Mungkin temen2 sudah ada yang melakukannya, ini hanya sekedar berbagi pengalaman. Prinsipnya kaset diputar dan ditempelkan kertas tissue dipermukaan kaset, berulang – ulang sampai tidak ada kotoran yang menempel di tissue yang berarti kasetnya telah bersih. Untuk memutar kaset saya gunakan engkolan kaset yang dulu pernah juga dibahas di Blog ini. Setelah kaset kita pasang pada engkolan maka kita pegang dengan menempelkan tissue di bagian gabusnya. Cara memegang dengan tangan kiri seperti pada foto 1, kemudian kita putar engkol dengan tangan kanan ( foto 2) …ser… ser…ser sampai kurang lebih 30 putaran. Kemudian kita lihat kotoran yang menempel, sambil pindah posisi tissue dipaskan bagian yang masih bersih. Tisue yang digunakan yang telah dilipat 3 -4 lapis dan pada saat diputar menekan tisuenya jangan terlalu kenceng, harus penuh perasaan…hehehe. Begitu kita lakukan pada sisi A dan B bila perlu diulangi lagi sisi A bila tissue masih kotor. Kaset yang sudah lama tidak disetel ada baiknya di detoksifikasi sebelum disetel…..Saya sudah merasakan manfaatnya suara jadi lebih jernih…..kalau kualitas rekamannya memang bagus lebih terasa perbedaannya. Selamat mencoba…..

image

image

24 Responses to “Detoksifikasi Kaset”

  1. herman Says:

    Mas G, Matur nuwun Mas sudah ditampilkan tulisan detoksifikasi…..terus terang setelah denger kaset jadi lebih bening jadi seneng mendetoks dan nyoba kaset kaset lama…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Herman, postingan ini spesial bagi saya:

      1. Saya postingnya dari dalam mobil angkot karena sore tadi saya males banget nyetir dan ternyata bisa dan lancar postingnya.

      2. Topiknya dahzyat karena detox ini biasa saya lakukan dengan walkman namun resikonya head walkman jadi kotor. Cara mas Herman ampuh nih. Sebenernya bang Udin pernah kasih tahu saya cara ini. Namun …..dia merahasiakan cairan apa yg perlu dioleskan di tissue …. mungkin menjadi property right nya Udinesse Corporation.

      Terima kasih juga bang Domme atas bocorannya …. hahaha … blig ini makin gila aja …. jaman digital kok nyetel kaset!

      Huopo tumooooon? Tobiyaaaat ….!

  2. Domme Says:

    Dari teman-teman seller kaset di Jakarta, ada masukan, yang garis besarnya persis seperti cara yang Bos Herman uraikan tadi. Tapi bedanya, tissu dicelupkan terlebih dahulu ke KIT (pembersih bodi motor, diperas agar tak melumer. Selanjutnya ikuti cara di atas… Semoga berhasil…

    • Domme Says:

      Tambahan… Kelupaan… Yang digunakan adalah Sillicone atau KIT cair yang dijual dalam kemasan botol yang pakai semprotan itu….

  3. Herwinto Says:

    Saya nambahin aja khusus buat bersihkan noda di cover kaset saya biasa menggunakan pemutih ato bayclin, caranya ambil kapas di tetes dengan bayclin pakai pipet dikit aja lalu oleskan pelan pada cover yang ada nodanya pasti hilang seketika, tapi jangan terlalu kasar bisa merusak covernya, kalau teman teman lihat kaset saya yang saya posting terlihat mulus itu asalnya tidak sebersih itu ketika dapat pertama kali, masih ada noda noda, maklum barang lawas…khusus yang ada fotonya kayak yess extra hati hati karena bisa merusak foto….

    • Domme Says:

      Informasi yang mantap…. Bakal nambah nih kerjaan. Memutar pita dengan tissu yang sudah ber-KIT, lalu pembersihan cover pakai bayclin…

  4. herman Says:

    Bang Domme…jadi bikin lebih penasaran…pake Kit…. memang kepuasannya waktu denger suara kaset yang jadi lebih kemrincing……

  5. herman Says:

    Mas G…terima kasih sudah disempetin upload dari angkot….wah sepertinya bakal banyak kaset jadi kemrincing karena pakai Kit…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Saya juga jadi penasaran mau mendetox kaset2 lawas non Yess. Kalo Yess sudah terdetox sudah ….

  6. DananG Says:

    wah..wah ini jelas-jelas penyalahgunaan fungsi. wong Tissue buat ngelap wajah, Kit buat motor, dan Bayclin buat mutihin baju kok disalahgunakan untuk memutar kaset yang menyalahi arus digitl, ini bisa masuk kelirumologi semua, hahahahahah
    Terima kasih mas herman, mas Herwinto dan bang Domme untuk tipsnya.

    • Herwinto Says:

      Namanya juga blog gemblunk mas danang jadi yo sakpenakke udele mbahe sangkil ha ha ha…..sing penting kaset dadi mulus kinyis kinyis kayak perawan…..

  7. Apec Says:

    Pak Herwinto, tepat sekali kalo pake Baycline yg bersifat asam, asal bycline nya agak dienckan sebab Baicline merupakan asam kuat, kuatir merusak lapisan seluloid pita..bisa juga kalo kuatir rusak digunakan cuka dapur yg keasamannya jauh dibawah baycline. Hal ini didasari bahwa kotoran di pita umumnya bersifat basa

  8. Apec Says:

    Maksud saya bayclinenya diencerkan

  9. Herwinto Says:

    Trimakasih Bro Apec atas masukannya, saya biasanya cm pakai pipet agar menetesnya kecil, kalau harus mengencerkan ribet karena melibatkan rumus pengenceran M1V1 = M2V2 ribet….ha ha ha pokoke sing penting ojo asam ludah…..

  10. herman Says:

    Mas Danang, saya suka istilahnya: kelirumologi……kita – kita ini kan memang pada nggladrah Mas…jaman begini nyari kerjaan muter kaset pakai engkolan….hehehe… apalagi kalau ditambah resep dari P Dokter Apec, pakai cuka dapur….wah bikin penasaran…..tadi malem saya coba pakai cairan pembersih head diteteskan di tissue, kaset rekaman Privat Collection jadi jernih….tapi perlu fatwa P Dokter juga, aman apa enggaknya……
    Mas Herwinto, pakai baycline buat membersihkan cover kaset sdh lama ? ada pengaruhnya warna jadi memudar nggak?

  11. Herwinto Says:

    Tidak mas Herman tidak memudar, udah lama saya pakai sejak tahun 1998

  12. hippienov Says:

    Nuansamatik topik dari mas Herman..inilah seni mengkoleksi kaset apalagi kalo jumlahnya banyak. Pasti ada yg jarang atau malah gak pernah kebagian giliran diputar dan akhirnya kena jamur. Atau kalo kita baru dapat dari lapak loak, bisa dipastikan harus di d-tox dulu seperti yang mas Herman ulas.

  13. inibudi Says:

    Tips yg sangat bermanfaat bagi saya yg baru saja membongkar gudang dan menemukan koleksi kaset pita (sekitar 150an) yang sebagian sudah raib entah ke mana saat dulu renovasi rumah (saya ingat-ingat gak ketemu)..

    yg saya mau tanyakan, beli engkolan itu di mana ya mas?
    (capek kalo mau muter pakai bolpen/pensil kaya dulu-dulu..hehehe)

  14. inibudi Says:

    jadi kesimpulannya, pakai cairan apa ya kira-kira kalau kondisi pita sangat kotor? (mungkin dulu dapetnya seller dari pengepul rosok, jadi sangat kotor)..
    apa cukup pakai tisu kering aja?
    ada yang menyarankan saya tadi lebih bagus pakai kain (bahan kaos) yg lembut, bukan tisu..
    gimana itu kira-kira ya?

    matur suwun, sampun angsal urun rembug (pas’e nderek tangklet)..hihihihi

  15. inibudi Says:

    Para “sesepuh” yg terhormat.. hehehe

    saya sebagai orang yg tergolong masih baru dalam hal koleksi kaset pita, saya mau bertanya beberapa hal di sini:

    1. Cairan apa yg dipakai (yg benaruntuk membersihkan pita yg benar-benar sudah sangat kotor/jamur?
    2. Bagaimana cara membersihkan cover kaset yang dicoret pakai bolpoin/type-ex/spidol? Cairan apa yang dipakai agar tidak merusak covernya?
    3. Cairan apa yang dipakai untuk membersihkan casing kaset?

    Matursuwun sebelumnya, dan terima kasih..

    • herman Says:

      Mas Budi,….maaf baru baca pertanyaan Mas Budi….kalau untuk membersihkan chasing kaset saya suka pakai hand sanitiser diteteskan pada tisue terus dielapkan di permukaan chasing…menurut saya disamping secara fisik bersih hand sanitiser mengandung anti bakteri sehingga bersihnya luar dalem….apalagi kalau kaset dari tempat loak yang obralan ( yang jualnya onggokan) biasanya lebi kotor…pengalaman saya hand sanitiser dielapkan pada label kaset juga aman…..

  16. agus khamami Says:

    sebelumnya maaf klo salah kamar hehehe…
    saya lagi nyari Head buat Polytron saya, dikota saya (Banjarnegara) ga nemu, mau keluar kota belum bisa
    ada yang punya info yg jual head yg bagus ?
    klo dulu saya suka beli Head Crystal, kulitasnya bagus
    terimakasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: