“Road to Cairo” by Julie Driscoll

Thanks to Youtube!

Sungguh …saya sudah lama sekali menyukai lagu ini sejak jaman kaset kompilasi Prambors saat itu yang saya dengar. Itulah satu-satunya sumber atau media yang saya gunakan buat menikmati lagu yang sebenernya pop, namun nuansa Hammond nya membuat ulu ati ini tersayat. Siapa lagi kalau bukan perbuatan Brian Auger. Saya sendiri pernah berburu lagu ini via CD di sekitar awal 2000-an saat saya senang nagkring dan berburu CD di Duta Suara Sabang maupun Musik+ Sarinah. Namun, dari sekian banyak album Brian Auger, saya ndak juga menemukan lagu nuansamatik ini. Sore ini saya iseng di YouTubu dan mendapatkannya! Aduh ….legaaaaa….. Ini saya sedang menikmati versi live nya tahun 1969:

Tapi kalau mau lihat versi lainnya dengan bebunyian Hammond lebih nunjek lajgi, silakan yang ini:

Ulasan tentang lagu ini:

Melodinya unik dan sulit ditiru oleh orang biasa seperti saya ini. Sepertinya baru bisa ditiru oleh penyanyi atau musisi profesional. Julie Driscoll membawakan lagu ini secara totalitas dengan suara khas yang mengingatkan pada perpaduan antara suara Inga Rumpf (Frumpy, Atlantis), Roberta Flack dan Janita Haan (Babe Ruth). Gak kebayang ya, kulaitas suaranya memang prima, namun cara membawakannya santai banget …. “I know this road … I nkow this road ….hmmmmm stay in Cairo” …aduuh mak ngguweblak nggulung koming tenan aku!

Selain itu musiknya juga bagus karena Brian Auger sangat khas main Hammond nya dan sering menukik di sela-sela suara Julie Driscoll. Ada brass section juga mengantar suara Julie.

Nuansamatik jadulsonic tenan!

Saya ulangi beberapa kali Youtube ini ….terutama yang versi 1968 …karena Hammond nya nukin banget…

Salam,

G

 

 

 

10 Responses to ““Road to Cairo” by Julie Driscoll”

  1. hippienov Says:

    Kalo ndak salah Julie Driscoll dari Jefferson Airplane ya mas G?

  2. cosmic_eargasm Says:

    mas Hippie, vokalisnya Jefferson Airplane GRACE SLICK (salah satu female vocal favorit saya mas), bukan Julie Driscoll.
    Driscoll ini kayaknya vokalis solo.

    Met Idul Fitri ya mas Hippienov..

    (((Mohon Maaf Lahir dan Bathin)))

  3. cosmic_eargasm Says:

    mas GW, ngguwebluwak blak sy kalo dengerin lagu ini..
    tarikan suara Driscoll memang duwahsyat. waloptun bukan vokalis rock, tp bs dgn mudahnya menjangkau nada2 tinggi,layaknya vokalis rock aja.. betul analisa mas GW, mix antara Flack yg jazzy bgt, Haan yg harmonis bgt, Rumpf yg sexy bgt. semuanya ini termasuk female vocal favorit sy.. mbahas lagu ini, memang bisa panjang.. gila bgt, semuanya matching, antara vokal Driscoll yg sexy, bs gahar jg, kadang melengking tinggi dgn alunan hammondnya Auger yg harmonis terus ekstrim improve di bagian coda nya..kayaknya stlh Ray Manzarek, Auger ini termasuk kibordis yg bs disebut inovatornya hammond player, sblm Jon Lord pastinya. tp Ken Hensley jg bs disebut sbg inovatornya jg. jauh sblm era URIAH HEEP, Hensley sdh punya THE GODS di tahun 1967an dgn permainan hammond yg nggak kalah duwahsiyatnya dgn Brian Auger. Setelah itu, Hensley agak mereda dgn HEAD MACHINE, dilanjut dgn TOE FAT yg lumayan—

  4. cosmic_eargasm Says:

    agak cadas(nuansa lagu2nya kayak URIAH HEEP), terus sempat membantu band jerman jg, WEED, sblm berganti nama menjadi VIRUS. stlh itu, barulah membentuk URIAH HEEP yg lumayan betah disana..wah jadi kemana mana ya mas GW.. hehehe..
    kalau Brian Auger sy dr dl memang kurang ngikuti. dg minimnya kaset2 yg merilis album2nya wkt itu. sy cm sempat punya 1 album Brian Auger’s Oblivion Express rekaman Mona Lisa putih. yg Lolita sy baru tau di blog ini..
    Pertama tau Road to Cairo ya dr kast Memory Heavy Hits vol.2 nya Yess (yg urutan lagu2nya termasuk yg mematikan. ada Blond, Blackwell, Al kooper, The Rattles yg sampai skrng menjadi Top Playlist sy). ternyata, Prambors rilis lagu ini jg ya mas.. termsk dahsyat jg kst2 kompilasi Prambors ini. sy br tau ya dr blog ini. Thanks mas GW. Brian Auger solo, dgn Trinity, dgn Oblivion Express dan Julie Driscoll ini memang sungguh2 amat lah layak di simak.. Sy jg perlu bnyk pengetahuan ttg hal ini..
    Thanks

  5. Gatot Widayanto Says:

    Terima kasih mas Hippie dan mas Cosmic….
    Maaf baru bales karena tadinya saya pikir tret ini garing kagak ada yang komen karena pop jadul. Meski pop namun nuansa claronya kental seperti sdh diulas mas Cosmic.

    Sayang saya hanya punya Memory Heavy Hits vol 4 saja jadi gak tahu bahwa lagu ini masuk dalam deretan Yess … Top dah kalo gitu.

    Mengenai Ken Hensley dengan The GODS nya kok saya malah belum pernah denger. Jadi penasaran juga nih ….

  6. cosmic_eargasm Says:

    Iya mas GW, mungkin jarang/nggak ada yg suka dgn lagu super dahsyat ini.. sy kmrn2 sempat baca tret ini, tp lupa terus mau komen. lha wong ini jg nomor favorit sy kok.. Selain ngepop dan claro, vintage jazzy dan bigbandnya kerasa sekali ya mas. unsur prognya jg pasti ada lah.. CD nya yg ada lagu ini sy pernah baca dimana lupa, ada di kompilasi the best albumnya Brian Auger and Trinity with Julie Driscol. “A kind of love 67-70”. Jd ingat, sy suka lagu hitsnya THE ZOMBIES th 69/70 “Time for no season” yg pop,tp ada unsur claro nya jg. permainan ROD ARGENT(kelak membentuk band ARGENT dg super hits nya “Hold Your Head Up”) sangatlah dahsyat dg improve eksplorasi hammondnya, layaknya Brian Auger jg..persis jg pas main bersama Argent. improve panjang. sedap n nikmat bgt!
    Nah, jd inget band Jerman, JANE dg lagunya “Daytime” yg dominan dg permainan hammond organ jg..mantap!!!
    Karir awal Ken Hensley ada di THE GODS yg sempat merilis 2 album

  7. cosmic_eargasm Says:

    Style musik THE GODS ini psychedelic rock gitulah mas GW, layak utk dikoleksi kok. Ada 1 lagu di hp saya, “I Never Know”.. unsur2 style ngURIAH HEEP nya sudah terbentuk di The Gods ini. tp msh raw dan vintage gitulah, maklum tahun 1967. Kalau yg bersama HEAD MACHINE (dg hitsnya “The Girl Who Loved, The Girl Who Loved”) agak ngepop2 psychedelic gt mas.. Cuma 1 album kalo nggak salah. Seperti THE NICE, di tahun 1967 pula, permainan KEITH EMERSON sudah sebegitu “state-of-the-art” dgn sound yg msh ala kadarnya wkt itu..
    Iya mas, Road to Cairo ada di urutan side A nmr 7, setelah Rocket Man nya Elton John. Only You nya Siverhead ada di side B track pamungkas. MHH vol.2 ini jg termasuk favorit sy setelah MHH vol.5 mas GW. Urutan lagunya bikin klepek-klepek gulung-koming mbrebes-mili pokoke (pinjam istilah njenengan mas hehehe)..

    :::syalam syawalan:::

    • Gatot Widayanto Says:

      wah ….mas Cosmic ini ensiklopedia claro berjalan ya …kok apal senuanya. Rasanya saya jarang denger musik tahun 67 an ….lha kok malah membahas The GODS yang saya gak ngeh blas ….ha ha ha …. Maklum rasanya gak keluar kaset bajakannya ya jaman dulu?

      Nikmat membaca ulasan mas Cosmic

      Gatot Widayanto

  8. cosmic_eargasm Says:

    ini langsung sy setel Road to Cairo.. gila! anticlimax ini lagu.. dgn intro yg lembut dgn hammond dibarengi harpsichord dgn balutan string tipis.. syedap bener.. begitu horn sectionnya msk, nuansa vintage maskulin nya kerasa sekali, balik lembut lg hingga akhirnya anticlimax dgn hammond nya Auger sampai fade out. ugh, merinding bgt denger lagu ini.. apalagi bagi yg suka “hammond sound”. very highly recommended lah

    :::syalam syawalan:::

  9. cosmic_eargasm Says:

    hahahaha.. mas GW terlalu berlebihan tuh..
    Sy jg nggak tau semuanya kok.. kebetulan yg sy suka2 aja sy searching2 gitu.. ini sy jg msh kepengen tau bnyk tentang band2 60 akir dan 70an. apalagi yg underatted. nggak sedikit jg bgs2 yg sy blm tau.. iya, THE GODS ini kayaknya dl nggak ada kasetnya. sy taunya dl dr cd nya temen yg album “Genesis”. kata2 “genesis” ini kayaknya jg populer di th 60an akir ya mas GW.
    Sy cukup amat penasaran dengan “TAHUN 1967” ini mas. soalnya, kok bnyk album2 bgs dirilis di tahun ini, yg belakangan jadi trendsetter, pelopor, tonggak sejarah dan apapun itu.. Selain itu, “TAHUN 1970 dan 1972” di mata saya kok juga bnyk album2 bagus dari band2 dan musisi2 yg bagus juga.. memang kalo dilihat lg, itulah “THE GOLDEN ERA” nya dunia permusikan ya mas GW.. dlm dunia prog skrng, sy bnyk yg nggak tau..lama nggak ngikutin. dan Alhamdulillah bisa kenal dg mas GW yg bnyk memberikan pencerahan2 yg asyik. Maturnuwun mas GW.

Leave a Reply

