Megahnya Konser Yes (3 of 10)

By: Herwinto

Foto0417

 

KEYS TO ASCENSION……BUKTI YES MASIH DIGDAYA

Setelah album Talk yang tidak sukses, Trevor Rabin keluar dan berakhirlah masa Yes Rabin…dan Yes kembali ke formasi klasik dengan line up Anderson, Howe, Wakeman, Squire dan White. Lahirlah album live and studio Keys to Ascension yang dirilis dalam dua seri, yaitu KTA 1 dan KTA 2, materi dari album KTA ini sebenarnya berisi live konser mereka di  Fremont Theatre San Luis Obispo California 1996, saya berani berpendapat bahwa jika saya hanya punya album Yes KTA saja niscaya ini sudah mencukupi apa yang kita cari dari musik Yes sebab materi live yang disajikan sungguh magis dan fantastic, bagaimana tidak jika lagu lagu yang diusung dalam 3 keping disc ini adalah lagu lagu sakti di jaman keemasan Yes dahulu, Disc 1 berisi Siberian Khatru, Close to The Edge, I’ve Seen All Good People dan Time and A Word, Disc 2 berisi And You And I, The Revealing Science of God, Going for The One, Turn of The Century dan Disc 3 berisi Amerika, Onward, Awaken, Roundabout dan Starship Trooper.

Jelas semua materi telah mewakili album album penting Yes dari mulai Yes Album hingga Tormato yang terhitung masa masa klasik symphonic, sebagaimana kebiasaan Yes dalam konser selalu menambah variasi pada lagu lagunya demikian juga pada konser di Luis Obispo inipun banyak variasi tambahan masuk seperti pada lagu Starship Trooper yang pada penutupannya Rick Wakeman bermain keyboard yang sangat menakjubkan, lagu Time And A Word pun terdengar lebih megah di tangan Howe dan Wakeman, Roundabout terdengar lebih mantab karena dimainkan seperti pada versi studionya yaitu dibuka dengan petikan gitar akustik yang membahana, dan yang hebat Onward dibuka dengan solo gitar Howe yang baru Unity yang sungguh indah memukau. Sajian panggung pun didesain dengan cerita cerita imaginativ ala Yes, Steve Howe masih seperti biasa bermain akrobatik dengan seabreg gitar yang diusung ke atas panggung untuk memuaskan penonton dengan permainan gitarnya yang khas, demikian pula Rick Wakeman dengan selusin keyboard yang mengurung tubuhnya sungguh mengasyikkan, Jon dengan gayanya yang khas sembari memainkan tamborin sungguh memuaskan pandangan mata, Yes nampaknya ingin benar benar mengobati kerinduan fansnya setelah sejak tahun 1983-1994 Yes telah terjerumus dalam hingar bingarnya musik new wave dan pop rock ditangan Trevor Rabin, sungguh Yes telah kembali ke ‘khittah’ nya sebagai band progresif sejati yang pernah melahirkan karya karya emas di tahun 70 an. KTA bagi saya adalah album pertobatan setelah Yes saya anggap ‘murtad’ sejak tahun 83 dan saya benar benar bangga dan terharu dengan jawaban Yes terhadap publik dengan melemparkan KTA ini persis seperti Yes menelorkan Drama sebagai jawaban atas kebimbangan publik bahwa Yes telah tamat di tahun 80 karena ditinggal Jon Anderson.

Lagu Awaken pun pada album live ini terdengar begitu jernih dan menggelegar yang tidak akan jenuh saya nikmati karena Awaken merupakan lagu kesukaan saya, demikian juga The Revealing benar benar mantab abis terutama pada liukan keyboard Wakeman yang merupakan puncak keindahan dan kedahsyatan lagu ini. Disamping album live Yes juga berupaya menulis album studio dan hasilnya? Dahsyat!!!! silahkan nikmati Be The One, Mind Drive dan That That Is pada album KTA ini….benar benar magis dan fantastic!! ini merupakan karya ajaib, sebab di tahun 95-96 Yes mampu menciptakan lagu seperti tahun 70 an, bahkan merupakan lagu lagu epik berdurasi diatas 18 menit, musiknya pun khas bergaya Yes lama dengan elemen elemen progresif yang menawan….Salam!!!!

8 Responses to “Megahnya Konser Yes (3 of 10)”

  1. Herwinto Says:

    Maturnuwun Om G sudah ditampilkan coretan seadanya ini….

  2. van abdullah Says:

    Aku jd ngiler pengin ikutan nikmati nostalgia th 70 an .majalah aktuil dan temen2 itb yg ngenalin yes.sayang kaset koleksi yes tinggal kenangan . Boleh mas minta di copikan dvd tsb.tks .salam progrock

  3. Herwinto Says:

    Mas Abdullah salam kenal, wah dengan senang hati mas sesama penggemar Yes saya siap berbagi, hp saya 081329467954, monggo mas…

  4. hippienov Says:

    Padahal album talk gak jelek2 amat menurutku,masih kerasa prog nya.mungkin Rabin telah membuatnya terlalu digitalized n computerized ya?
    Btw,ak suka dgn album KTA 1, 2 dan keystudio.

    • Gatot Widayanto Says:

      Setuju dengan mas Hippie, album TALK itu gak jelek …bahkan bagus menurut saya … Semua lagunya keren.

  5. hippienov Says:

    Mungkin Rabin lengser karena jenuh dgn Yes atau bisa juga karena mau memberikan kesempatan pada Howe u/ reuni dan return sebagai gitaris Yes. Alasan yg sama mungkin juga diambil oleh Kaye yg menyusul langkah Rabin.
    Legacy Rabin yg paling keren u/ Yes menurutku ya album talk.

    • Gatot Widayanto Says:

      Benar sekali … saya setuju dengan mas Hippie … Legacy nya Rabin paling top justru album TALK yang covernya pun sedap…. Mengenai musiknya, jelas di atas sekali dibandingkan si mbelgedhes Open Your Eyes yang ndesit pol itu …(udah gitu CD saya yang versi special surround pulak! ha ha ha ha …nyesel ..gak tahu kalo musiknya mbelgedhes …)

  6. hippienov Says:

    Setuju mas G,sepanjang jalan pulang tadi aku juga punya pikiran yg sama. Album talk jauh kemana-mana kerennya dan kualitasnya secara musikal dibanding open your eyes. Album ini cuma keren covernya aja yg logo klasik Yes itu. Musiknya bikin mules..sedih kok Yes mau bikin album kayak gitu.
    Kayaknya dari sejak beli kasetnya tahun 97an gak lebih dari 10x ak setel..
    Di album the ladder Yes baru keren lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: