Heavy Slow by Rover

By: Hendrik Worotikan

Rupanya, kaset dengan titel ‘Heavy Slow’, bukan saja pernah dirilis oleh Yess dan Atlantic Records (AR), tapi ada juga yang lainnya – rilisan Rover.

Kaset dengan ciri cover berwarna coklat dan biru ini, sangat menjadi perhatian saya ketika pertama kali nya saya liat di lapak kaset milik pak Zamzani di pasar Beringharjo, Yogya, minggu lalu.
Ditambah lagi ini adalah kaset kompilasi Heavy Slow. Sebab itulah kaset ini menjadi prioritas untuk saya miliki.
Lagi pula, selama ini saya belum pernah memiliki kaset yang diproduksi Rover. Namun sejak minggu lalu, saya sudah mengoleksi paling tidak 2 kaset Rover, yakni Bee Gees In Sesame Street Fever dan HS ini.

Terdapat 14 lagu yang terekam dalam kompilasi ini. Sebagian lagunya sudah saya miliki atau saya dengar sebelumnya melalui kaset lain.

Lagu pertama di side A, diawali oleh band Highway (Stranger). Terdengar tidak terlalu istimewa, tapi lumayan lah sebagai awal dari sebuah album kompilasi. Toh…masih banyak grup-grup berikutnya. 

Band Natural Gas, berikutnya. Kalo kita simak, lagu-lagu nya kerap menghiasi beberapa kaset kompilasi. Salah satunya adalah ‘Once Again A Love Song’, tapi di kaset Rover ini mereka tampil lewat lagu ‘I Believe It’s Love’.
Kemudian, TollHouse (Goodbye). 
Hadeeeh…ini termasuk lagu yang saya suka sejak lama. Pertama kali dengar lagu ini melalui pita kaset Prambors Billboard III yang cover nya berwarna putih dan biru donker. Lagunya nge-hitz berbarengan dengan Ypsilon (Corner of My Life), Rainbow (Rainbow Eyes) juga Commodores (Three Time a Lady ), dll. Berlanjut dengan John Miles (No Hard Feelings). Nah…diingatkan bagi siapa pun yang ngga kuat hati nya…harap berhati-hati, karena hatinya bakal bisa menjadi butiran butiran debu, sangking terhanyut dalam melodi lagu nya. Hihihi.
Lagu ini pun ada juga di kaset Sweet Rock 4 produksi Perina, yang pertama kali saya dengar.

Setelah The Baby’s ( A Piece of The Action), side A di akhiri oleh The Marshall Tucker Band, yang terus terang saja baru kali ini saya dengar.

Side B – Heavy Slow rilisan Rover ini dibuka dengan sebuah lagu yang bisa membuat kita jatuh cinta.
Tampilnya Scorpion (Born To Tough Your Feelings) dengan aransemen musiknya yang menawan, diimbangi vokal yang sempurna ditambah lagi dengan adanya narasi suara perempuan berbahasa Jepang semakin menambah nilai lebih buat grup ini. 

Diawali dengan raungan gitar, Robin Trower muncul dengan ‘Long Misty Days’. Instrument gitar elektrik mendominasi sepanjang lagu.
Masih dengan instrumen gitar, yang juga mengawali intro di lagu Popol Ace ( Music Box). Ngga perlu banyak komentar karena lagu ini memang asyik.

Kayak (Where Do We Go From Here), merupakan lagu pamungkas pada side B, setelah sebelumnya ada Partner (City Light), Eddie Money (Save a Little Room Your Heart For Me) dan Journey (Winds of March).

Sesuai dengan namanya Heavy Slow, secara keseluruhan lagu-lagunya tidaklah terdengar lembut. Namun dengan suara dan aransemen musik dari grup-grup rock yang berjaya di tahun 70-an ini mampu menyihir dan menyentuh sanubari bagi siapapun yang mendengarnya.

Mas G yang baik, terima kasih.

Salam

Hendrik Worotikan 

10 Responses to “Heavy Slow by Rover”

  1. Hendrik Worotikan Says:

    Menjelang tengah malam, disaat mata sdh mulai terkantuk, akhirnya terkirim jg tulisan Heavy Slow by Rover.

    Tks untuk Mas G dan juga gemblungers yg sudi membaca dan mengomentarinya. He…he..he…

  2. Gatot Widayanto Says:

    Bravo mas Hendrik!

    Saya semakin yakin Rover ini pada dasarnya merekam kaset produksi orang ke labelnya dia karena saya yakin banget dulu punya kaset ini rekaman Perina atau Team, karena daftar lagunya sama PLEG …ha ha ha ha …. Sayang kaset tersebut raib dipinjam orang.

    Lagu STRANGER yang dibilang biasa sama mas Hendrik, bagi saya nuansamatik jadulsonic kemlithik tenan … Soalnya saat saya menggelar Road Concert 79 (ngamen di Ponorogo) itu adalah salah satu yang saya nyanyikan karena saya punya kasetnya. Lagu tersebut saya pilih soalnya buat gitaran dan harmonikaan enak tenaaaan … Bukti otentiknya saya posting sudah di blog gemblung ini: https://gwmusic.wordpress.com/2007/10/09/thunderstorm-road-concert-79/

    Salam

    • DananG Says:

      ini kayaknya sama seperti label ABC records, yang suka membajak pleg sak cover-cover kasetnya. saya punya Queen Hot Space versi Aquarius dan ABC, bener-bener pembajak yang membajak produk bajakan….:)

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Danang,

        Ibaratnya seperti Seventh Son plays Dream Theater’s Tribute to Number of The Beast ya mas …. tribute numpuk … Wis embuh!

        Ha ha ha ….sing asli sing endi wis ra jelas ….ha ha ….

  3. Hendrik Worotikan Says:

    Mas G mungkin saja menjadi benar kalo Rover suka mengalihkan rekaman lain menjadi rekaman miliknya, apalagi sampai urutannya sama persis. Secara khusus sy belum pernah menemukan yg seperti itu.
    Dan kaset dgn label Rover ini menjadi ‘sesuatu’…karena sy baru tau dan memilikinya. Benar-benar ‘Stranger’ nih saya.
    Salam.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Hendrik,

      Meskipun master nya kaset orang, rekaman Rover ini bagus sekali kecuali desisnya dobel. Masih banyak perekam seperti ini, misalnya: ISR, ABC …. rata2 mereka gak punya PH.

      Satu2nya kaset rekaman Rover milik saya ya KANSAS aja dan pernah saya sharing di blog gemblunk ini:
      https://gwmusic.wordpress.com/2007/08/05/kansas-bagi-saya/

      Kasetnya masih keren kualitas suaranya ….

  4. hippienov Says:

    Satu lagi label rekaman antik yg belum aku punya produknya.mau coba jagong ah ke kios servisan elektronik yg jual kaset “sewu-an”, sopo ngerti ono kaset “rover”😀
    Suwun mas Hendrik u/ sharingnya,tuobz!

    • Hendrik Worotikan Says:

      Mas Hippie,
      Kaset Rover sih biasa aja. Cuma karena belum punya, kesannya nih kaset jadi rruar biasa. He…he…he…

  5. hippienov Says:

    Karena faktor “belum punya” nya itu mas yg bikin adrenalin panas dingin pengin nyari,hehehe..

  6. khalil logomotif Says:

    Rainbow eyes itu menusuk kalbu banget sulingannya…mendayu dayuuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: