Megahnya Konser Yes (2 of 10)

By: Herwinto

SONGS FROM TSONGAS…PERSEMBAHAN TERLENGKAP MUSIK YES
Foto0411
Mungkin inilah konser Yes yang sangat dahsyat, sajian musik yang sungguh bergizi… Songs From Tsongas….konser pada 15 Mei 2004 di Tsongas Arena Lowell ini sungguh menarik, lagu lagu yang disajikan terbagi menjadi dua bentuk yaitu sajian secara elektrik dan secara akustik. Konser ini diperkuat oleh formasi klasik yaitu Anderson, Howe, Squire, Wakeman dan White. Dibuka dengan sebuah intro Firebird Suite seperti kebiasaan Yes ketika konser dan kemudian masuk pada lagu yang sangat rancak Going For The One dengan Howe memimpin melody dengan steel Gitarnya, sungguh pembukaan yang cukup bersemangat, lalu disusul lagu kedua dari album Time And A Word yaitu Sweet Dreams, hebatnya lagu yang di album aslinya terdengar biasa ini dalam konser disajikan secara lebih progresif dengan balutan gitar Howe yang lebih ngerock dan keyboard Wakeman yang rumit sehingga terdengar lebih berbobot.
Berikutnya lagu indah dari Yes Album, I’ve Seen All Good People mengalir dengan enak dan disambung dengan sebuah lagu epik yang sangat saya sukai Mind Drive parts 1 dan 2. Luar biasa! inilah bukti kesaktian Yes, lagu yang dicuplik dari album Keys To Ascension 2 ini benar benar progresif, meski lahir di tahun 1996, namun musiknya seperti karya 70 an, sungguh sajian khas ala Yes. Lagu selanjutnya adalah karya dari album Fragile South Side of The Sky dengan pembukaan oleh piano yang terdengar magis, dan  pada konser ini bagian akhirnya luar biasa hebat karena ditutup dengan pertarungan gitar dan keyboard yang cukup seru, saya sangat menikmati lagu ini, benar benar gagah dan membahana, berikutnya sebuah karya indah yang membawa kita kepada lamunan yang romantis Turn Of The Century yang dibuka dengan dentingan gitar Howe yang begitu bening dan menerawang jauh….ah jadi ingat Galathea….disusul kemudian Mind Drive part 3 yang melengkapi Mind Drive part 1,2 sebelumnya.
Foto0410
Lagu berikutnya sebuah lagu keren yang sungguh gagah dan megah Yours Is No Disgrace yang benar benar menunjukkan kepiawaian Howe sebagai maestro gitar sejati. Begitu lagu ini selesai Yes masuk pada sesi permainan akustik, dimana Wakeman menggunakan grand piano, Howe dan Squire main gitar bolong dan White main drum sederhana hanya simbal dan senar drum, dibuka dengan The Meeting lagu manis dari album ABWH, woaaaaahhh kuereen nih lagu….disusul Long Distance yang enerjik, terus masuk lagu yang sangat menonjolkan permainan gitar mandolin Howe yaitu Wonderous Stories, sungguh memukau lagu ini, dan berikutnya sebuah lagu manis yang saya sukai dari album Magnification, Time Is Time…hadeh lagu ini bikin ngguweblag tenan….Howe bermain slide gitar dengan cara direbahkan di pangkuannya, woaaah suara petikannya membuat hati ini melayang syahdu….selanjutnya meluncur nomor keren Roundabout yang uenak juga dibawakan secara akustik ini, disusul solo Jon Anderson Show Me yang sungguh cantik dan disambung lagu yang aslinya menggebrak dengan peralatan elektronik penuh yaitu Owner of Lonely Heart, hebat….ini lagu tetep aja garang meski dimainkan secara akustik….
Selanjutnya tidak afdhol jika Howe tidak menyumbang solo gitarnya, kali ini dia membawakan Second Initial, selesai solo gitar ini para kru segera membenahi peralatan Yes kembali ke posisi elektrik, dan menggebraklah lagu indah dari album Big Generator, Rhyhtm of Love yang Jon menyayikannya sembari turun ke arena penonton sambil menyapa para penonton, luar biasa sajian yang mempesona…seperti biasa belum sempurna jika belum mengalun And You And I yang begitu indah ini, dan setelah itu sebuah nomor epik Ritual pun di mainkan dengan gagahnya….dan selanjutnya lagu dari The Beatles Every Little Thing pun dimainkan dengan cukup ngerock dan sungguh telah berubah drastis dari irama aslinya….konser ditutup dengan sebuah nomor penutupan ciri khas Yes yaitu Starship Trooper yang sungguh terdengar klasik sekali. Inilah sedikit cuplikan cerita tentang Songs From Tsongas….dengan harapan para pembaca melihat sendiri dvd nya agar cerita saya ini bener benar diresapi sampai relung relung jiwa yang paling dalam…..Salam!!!!

10 Responses to “Megahnya Konser Yes (2 of 10)”

  1. Herwinto Says:

    Matursuwun Mas G sudah ditampilkan super cepat……

    • Gatot Widayanto Says:

      Sami-sami mas … Top!

      Bagi saya, terlepas masalah teknologi, yang paling dahzyat ya Yessongs yang 3 LP itu. Cuman sayang teknologi audio visual saat itu belum canggih sehingga kualitas audio maupun gambarnya gak menarik sama sekali. tapi lihatlah vibes nya ketika mereka main … Dahzyat! Apalagi saat Rick wakeman solo …. Nangis tenan!

  2. hippienov Says:

    Keren mas Herwinto..jadi bertanya-tanya kira2 konser Yes mana lagi yang akan jadi bahasan berikut? Baru 2 of 10 nich..😀

  3. apec Says:

    NamaTsongas mirip sekali dengan nama daerah antara Pasuruan dan Probolinggo yang bernama Tongas,..Bagi yg hobi ke Bromo pasti tahu nama Tongas ini

  4. apec Says:

    mas Hippie, tenang sik okeh, diantaranya Live at QPR, Accoustic yes,House of Yes, Yessong….

  5. Herwinto Says:

    Ha ha ha ha pokoke sak dobole yo mas Apec…..ada juga Songs From Depok…..

  6. hippienov Says:

    Hehehe..bener juga bro Apec,stock masih okeh,sayang gak ada dvd konser Yes di jakarta,kalo ada bisa jd bahan ulasan mas Herwinto😀

  7. hippienov Says:

    Hahaha..iso wae mas Herwinto😀

    “Songs from Depok: an evening with Yes. Live at Margo City. (Yes playing their songs special requested by hippienov)”

    Begitulah tajuk promo konser Yes di depok yg akan diadakan not even God knows when, hahaha..dasar cah hippie gemblunk😀

  8. ekho pratama Says:

    ‘time is time’ itu lagu manis yg bisa membuat hati melayang2…suara slide gitarnya howe itu lho, menusuk2 hati…pas sekali kalau didengarin di lewat jam 12 malam, mengiringi suasana hening dan syahdunya malam :D…cari2 di youtube ada juga rupanya : http://www.youtube.com/watch?v=AO4MXZj0GN8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: