“Heavy Slow 2” by Yess

Rasanya seri Heavy Slow 2 ini belum pernah kita bahas di blig gemblung, makanya saya tampilkan saat ini biar terkuak tracklist nya sekaligus ngecek apakah urutannya termasuk yang mematikan atau tidak. Kita lihat aja bahwa kompilasi ini dibuka dengan lagu legendaris Styx “Sweet Madame Blue” yang dibuka dengan petikan gitar akustik menawan dilanjut dengan desahan vokal nuansamatik ‘Time …..after time …’ whoooaaaa…..inget jaman SMA pergi ke Pasar Turi Surabaya beli kaset Styx “Equinox” rekaman Nirwana. Sayang sekali lagu ini tak menyertakan Prelude 12 yang seolah seperti Horizon nya Genesis aja. But it’s OK.Dilanjut dengan Montrose “Connection” yang terasa banget nuansa slow nya. Memang Yess hebat ya…setelah dibuka track yang ada hingar bingarnya kemudian lagu kedua agak tenang sedikit kemudian agak naik lagi di track selanjutnya meski bluesy…

Di kompilasi ini juga ada Scorpions “Fly People Fly” yang merupakan kesukaan saya dari dulu, meski kaset saya dulu bukan yang ini. Gitaran Uli Jon Roth memang mantab dan berciri-khas karena suara gitarnya rada bindeng. Tentu setiap mendengar lagu ini suasana hati saya langsung inget masa lalu namun sekaligus semangat buat menyusun agenda pertemuan buat meeting sangat penting besok pagi jam 10. Juga ada Kansas “Lamplight Symhony” yang sendu namun indah. Subhanallah … Saya sudah sering menikmati lagu ini namun kalau mendengarnya dari kaset Yess atau rekaman jadul rasanya “otentik” banget secara dulu saya juga tahunya lagu ini ya dari media kaset yang berlubang dua itu. Setelah Kansas, nyambung ke penggalan The Lover nya Hackett meski akan di lanjut di side B versi utuhnya.

Siapa sih yang gak demen The Lover ini? Kalau gak demen gak usah ngaku anak pitungpuluhan aja! Seperti telah Anda duga sebelumnya, saya begitu gandrung lutung kasarung sama band yang hanya punya album tunggal: Refugee, sehingga bisa Anda bayangkan bahwa di side B ini gacoan saya adalah “I Believe” nya Refugee. wah … Saya nangis nggulung koming dengerin lagu ini …apalagi via media jadul kaset bajakan …rekaman Yess pulak! Kalau Anda ndak nangis mendengarkan lagu ini, sudah saatnya Anda menemui psikolog Anda … something has gone wrong with your heart …. WHOOOAAAA … lha ini pas lagi saya nulis paragraf ini pas kebetulan ya ini I Believe sedang mengumandang ….! Percaya gak, meski grup ini gak beken di tanah air, namun musiknya mempengaruhi musik prop kreatif di negeri ini? Coba aja setelah denger lagu ini, setel kaset Badai Pasti Berlalu yang versi original (bukan versi baru yang mbelgedhes itu!) ….

Wis ..pokoke manteb nuansamatik jadulsonic …. inilah Yess nomer seri 74:

image

image

Sedang memutar HS 2 nan nuansamatik ....cukup pake walkman yang connected ke active speaker ...

Sedang memutar HS 2 nan nuansamatik ….cukup pake walkman yang connected ke active speaker …

 

 

 

3 Responses to ““Heavy Slow 2” by Yess”

  1. cosmic_eargasm Says:

    wah sama mas, sy jg suka ma refugee i believe. aslinya suita ya mas. fly people fly jg my fave.. connection asik jg. tp yg pasti, urutan lagunya di HS2 ini termasuk yg mematikan. tp yg sy krg suka the castle nya esperanto. dan kenapa pula yess kok malah masukin love of my life ya mas? yg notabene trmsk lagu umum di kompilasi lainnya.. tp allover tetep asik. budgie dilanjut dg kansas trmsk pemilhan tracklist yg nggak umum jg..

    kalau saya pribadi lbh suka HS 3 masg. ada POPOL VUH(sblm kelak jd POPOL ACE) sampai 4 lagu di 1 kaset. gila!

    salam djadoel !!!!

  2. Asep Suherman Says:

    Salam kenal mas, saya juga termasuk generasi jadul penikmat heavy slow, saya punya kaset heavy slow 1,2,5,6,7,8,10,11 dan 3,9 (mp3). Kalau mas punya no 4 saya mohon track listnya untuk melengkapi koleksi saya. Terima kasih, Salam jadul.

    • Gatot Widayanto Says:

      Kang Asep …. Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf saya gk punya yg HS 4. Mungkin temen2 bisa bantu?

      Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: