ProgRing with Seniors in Madiun

JrènNG!

Perjalanan ke Madiun kali ini memiliki nilai sejarah dan makna tersendiri bagi saya pribadi karena INCLUDING perhelatan ProgRing dengan para senior dan sesepuh yang banyak mempengaruhi perjalanan musikal saya meski saya bukan pemusik. Namun, seperti temen2 semua sudah pahami bahwa musik, terutama progrock dan claro, telah banyak mewarnai kehidupan saya dalam hal menyemangati saya untuk keep on progressing in life…. Wah saat menulis sekarang ini di HP sedang mengalun Epitaph ….makin nuansamatik mbrebes mili kemlithik tenaan …. Apalagi menulisnya di lobi Hotel Mataram, Madiun yang tak jauh dari stasiun kereta api. Nggulung koming tenaaaan …

Salah satu senior yang sering saya sebut namanya di blog gemblung ini adalah mas Pri yang di komunitas Mediunan dikenal dengan julukan Pri Sewot. Senang sekali saya selama dua hari bertemu beliau dan menginap di hotel yang sama. Selain itu ada mas Iskandar (Kandar) yang dulu kemana-mana selalu membawa gitar. Dia juga yang mengajari saya memainkan Mood for A Day menggunakan gitar akustik saya yang abal2 tanpa merek saat itu. Sebenernya dia ini musisi tulen karena gitarannya maut, bisa memainkan Roundabout, Perpetual Change dan The Clap. Bahkan pernah membawakan The Ancient juga.

Mantabz jek, Sesi diskusi dilakukan secara informal disela-sela kesibukan acara hajatan pernikahan putri mas Panji, sahabat baik kakak saya mas Henky. Diskusi intens dilakukan kemarin, sabtu siang menjelang acara resepsi pernikahan dan tadi pagi setelah sarapan pagi di kebun hotel bagian belakang. Mas Pri heran juga bahwa saya begitu terinspirasi dengan musik2 yg ia gadang2 di siaran radio Dji Sam Soe alias Borimex. Setiap dia ungkapkan nama kelompok kemudian belum selesai dia bicara saya komentari dengan judul lagunya dia kagum kok saya masih ingat. Saya bilang: “Mas ….gimana gak ingat lha wong dulu semua judul lagu yang disebutkan oleh penyiar langsung saya catat.” Dia gak nyangka bahwa radionya berpengaruh.

image

Seperti saya pernah tulis sebelumnya, saya hanya tahu mas Pri dari suaranya saja namun gak pernah ketemu apalagi kenal sama orang nya. Saya tahu bahwa beliau sebenernya di atas kakak saya angkatannya dan pernah sekali waktu main ke rumah ibu saya di Jl. Sumatra. Namun saat itu saya ya masih sangat kecil karena beda usia sekitar 8-9 tahun begitu. Jadi, saya menyukai ilmu progrock dan classic rock dari mas Pri (selain kakak saya Henky) selama lebih dari 38 tahun tanpa pernah tahu muka orangnya seperti apa. Makanya saya senang sekali ngobrol sama beliau. Kami ngobrol sambil sekali waktu memasang musik via handphone dan mas Pri memutar lagu kesukaannya dari Three Dog Night, sambil rokoknya kebal-kebul.

Sejumlah musisi dan band 70an kami bahas mulai dari The Beatles, Rolling Stones, hingga yang prog seperti ELP, King Crimson, Yes dan yang lainnya. Bahkan mas Pri mengulang nama Judas Priest beberapa kali. Hebat juga ya beliau suka JuPri….metal juga tentunya. Yang saya suka ya saat beliau menyebut nama Ted Nugent dan Sensational Alex Harvey Band …. bahkan kami berdua bisa menyebut kata NEXT yang merupakan salah satu lagu top SAHB saat itu sambil berdua nyanyi bersama. Kemudian juga lagu lain yaitu Teenage Idol. Wahhhhh …terasa bicara dengan orang yg tepat …. tuuuuooobzz ….! Saya juga sempat menunjukkan ke beliau postingan di blog gemblung ini tentang “Stranglehold” nya Ted Nugent yang fenomenal nuansamatik kemlitik itu, melalui ponsel android saya.

Pagi ini tadi kami diskusi musik lagi dan bahkan saya putar lagu2 rock jadul dari HP saya. Whooooaaaaa….. Pagi hari yang sungguh indah apalagi bersama orang-orang satu aliran, …orang2 yang dulu sangat mempengaruhi selera musik saya dan saya tk akan pernah menyesal karena musik telah menyemangati hidup saya selama ini. Alhamdulillah.

Oh ya …yang membuat saya bahagia tiada tara adalah tawaran beliau untuk mengambil semua koleksi kaset yang beliau miliki di rumahnya di Malang. Beliau memang sudah lama ingin menyerahkan kaset-kaset koleksi beliau tersebut yang konon sebanyak 4 rak bila menemukan orang yang mau merawatnya. Saya yo ngacung nomer satu!!!! Belum lagi kata beliau sebagian kaset-kaset beliau eks siaran dulu (kebayang betapa bersejarahnya kaset2 tersebut?!!!) ada di rumah adiknya, mbak Ajiek, di Jakarta … Wah .. musti segera “take action” nih!

Edit hari ini (6 Mei 2013 jam 5 sore) saya akhiri sambil menikmati beberapa lagu dari era 70an:

  • Castle Walls – Styx
  • Going In Circle – Three Dog Night
  • Hair of The Dog – Nazareth
  • Christopher Mr Christopher – Styx
  • Never Dreamed You’d Leave in Summer – Three Dog Night
  • Look At Yurself – UriahHeep
  • Don’t Call Us, We Call You – Sugarloaf (hayo .. tahu gak lagu sangat nuansamatix ini?)
  • Savanah Woman – Tommy Bolin
  • Traveller in Time – Uriah Heep
  • Dream On – Aerosmith (wah keren ini lagu! Sayang band nya gak jadi main 11 Mei ini di Jkt)

Hidup jaman normal!

Sabtu, 4 Mei 2013 bersama mas Pri di lobi Hotel Mataram

Sabtu, 4 Mei 2013 bersama mas Pri di lobi Hotel Mataram

Sabtu, 4 Mei 2013 - bersama mas Kandar - Steve Howe von Mediun

Sabtu, 4 Mei 2013 – bersama mas Kandar – Steve Howe von Mediun

Suasana di kebun belakang Hotel Mataram ...

Suasana di kebun belakang Hotel Mataram …

Diskusi gayeng ....

Diskusi gayeng ….

17 Responses to “ProgRing with Seniors in Madiun”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Menulisnya tersendat acara kulineran khas Mediun
    ….

  2. hippienov Says:

    I wish I was there too, mas.. Mendengar dan menimba ilmu dari para sesepuh suhu progclaro.. Salute..

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah asik mas Hippie … Diskusi gayeng tanpa beban, semua happy … sambil ngopi dan ngemil nopia asli Puerto Rico … What a memorable event!

  3. Kristanto Says:

    Saya suka banget sama tulisan ini : “menyemangati saya untuk keep on progressing in life…”

  4. yuddi Says:

    Back to Roots, ya mas😉

  5. hippienov Says:

    Walah mas G akan diamanahkan 4 rak kaset nuansamatik?luar biasa..mungkinkah akan ada 1-2 kotak yg terbang ke gubugku di depok? (ngarep.com,ha3)

  6. eyang Says:

    Setujuhhh.. & cocog banget dgn komen mas Hippie, kami sebagai anggota laskar kasetipus iterruptus atau apapun namanya dengen tangan terbuka siap membantu, merawat, mengamankan atau apapun istilahnya terhadap artefak2 bersejarah tsb dengan tulus, sepenuh hati & sekuat jiwaraga 🙂

  7. apec Says:

    Malang kuwi paling dekat dengan suroboyo, jadi kalo mau bantuan, dengan senang hati, ha..ha..ha..ha…

  8. gt Says:

    Saya ikut bantu Do’a,agar evakuasi 4 rak kaset nya berjalan dengan lancar dan tanpa ada pihak2 yg akan mengganggu..he..he..he.

  9. hippienov Says:

    Ganggu sich ndak pak Gatot,tp kalo berharap dapet cipratan 1-2 keping nah ini yg mungkin banyak,hahaha..
    Kidding loh mas G..😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Hua ha ha … Komennya lucu2 ….padahal kaset belum ditangan…. Memang harus segera ditindaklanjuti karena di surabaya ada bajak laut yg siap nyamber …. Ha ha ha ….

  10. herman Says:

    Mas G…Untuk nulis komen ini saya perlu ngecek dulu ke you tube….saya sempet lupa2 inget lagu Next tersebut….tapi begitu saya lihat lagu lainnya ada The Faith Healer dan Swamp snake wah jadi sangat membangkitkan kenangan tahun 70-an di kamar temen di Jombang ( tetangganya Mas Edi Apple)….kasetnya punya temen rekaman Pop Discotic warna kuning…..

  11. pur Says:

    jadi kangen madiun dan teman sealiran yang masih di sana. kalau ketemu, biasanya waktu libur lebaran, kami juga selalu ngobrol sambil putar musik. selingannya ya keluar rumah, cari warung nasi pecel, atau mampir di dawet suronatan.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Pur,
      Madiun is the best city to discuss prog and claro music …. Apalagi ada selingan jadah bakar dan kopi setasiun …biyuuuh!!!

      • pur Says:

        hahaha… iya, mas. hadeeeuh, paling cepat saya baru bisa ke madiun menjelang puasa nanti.

  12. Earline Nowick Says:

    great google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: