Pertama Kali Kenal KANSAS

Masih ingat postingan saya dulu dengan tajuk ini?:

KANSAS Bagi Saya

Nah .. berbarengan dengan “ditemukannya kembali” kaset YES “Player”, juga ada kaset Black Sabbath “Sabbotage” rekaman Paradise (hayo .. pernah denger atau punya kaset rekaman dari label ini ndak? Langka nih .. ha ha ha ha …) yang juga teramat sangat memorable nuansamatik meskipun gak trusonic. Halah! Kok ndak nyambung blas ya? Gak papa .. sing penting PROG! Ha ha ha ha ha ….

Lha, apa hubungannya Kansas dengan Black Sabbath? Nah .. cerita di bawah ini mungkin bisa membantu “menghubungkan” karena kaset jadul memang bener2 “connecting music” tenan. Gimana gak? Kalo gak punya kaset ini, saya gak bakalan kenal Kansas pada tahun 75 itu karena kagak ada yang kasih tahu blas.

  • Kaset ini memiliki makna historis yang sangat mendalam bagi saya pribadi, karena kaset ini merupakan “hadiah” dari ibunda tercinta (Ny. Hidayat – 81 tahun sekarang) . Ceritanya, rumah kami dulu sangat besar sekali di Jl. Sumatra 26, Madiun. Ibu saya berprofesi sebagai penjahit dan itulah satu2nya sumber pencaharian tetap keluarga kami. Karena banyak “unused capacity” alias gedenya rumah, ibu sering menerima indekos. Salah satu yang langganan indekos adalah mahasiswa senior STAN yang sedang audit di PJKA. Saat menjelang musim audit, ibu pernah berujar: “Nanti kalo memang rumah kita jadi dipake lagi buat indekos mahasiswa STAN, sebagian uang kosnya ibu belikan kamu 6 buah kaset ya, kamu yang milih deh ..”. Wuih .. itulah salah satu hadiah indah dari ibunda. Eh, pucuk diharap, uang tiba juga …. Beberapa minggu kemudian memang rumah kami jadi mendapatkan “penghuni” lagi yang berarti “revenue” buat keluarga kami. Tanpa panjang lebar, ibu langsung memberi uang ke saya Rp. 3000,- buat beli kaset. JRENG! Hati riang sekali daku .. langsung aku “nyengklak” sepeda jengki merek Forever warna ijo tentara, menuju kawasan Tugu, buat belanja kaset. Nah .. salah satu kaset yang saya beli ya ini .. Black Sabbath “Sabbotage” gara2 “mak glegek” suka banget sama lagu berjudul “The Writ”. Langsung itu kaset saya duitin Rp. 500,- di toko Duta Irama (depan Tugu).
  • Setelah dapet kaset itu, saya langsung semangat pulang mau cepet2 pengen denger di rumah pake Tape Recorder National Panasonic yang Mono Pol! Wuih .. kereeeeennnn banget lagu2 Black Sabbath ini …. Karena selain The Writ, lagu2 lainnya juga OK punya lho .. terutama Hole In The Sky, Don’t Thrill of It All …. pokoknya hampir semuanya OK banget.
01042008504-reduced.jpg
  • Tapi yang bener2 bikin kaget “ujug2 mak gedhandhut …” yaitu Side B nya yang di kaset ditulis KANSAS (maap saat itu saya hanya tahu Kansas itu adalah nama rokok kretek filter, kemasannya warna kuning, sehingga gak kebayang nama band Kansas. Saya saat itu juga gak tahu bahwa itu nama kota di Amrik). Yang lebih kaget lagi … lagu pertama side B berjudul Incomudro itu bener2 bikin mabuk, bikin comfortably numb, kejlungup dan nggeblak nggulung koming ping koppang kaping, sikil endasz babak bundhasz, kandas di sungai brantas tenaaaannnnnn……!!! Uediyaaaaannnnn … !!! Ini lagu indah buanget .. It’s a damn symphonic prog rock style!!! And you know what, my friend? It turned out that I kept repeating this damn beautifully crafted song many many times (countless, in fact!) because I could not afford to miss the beautiful melody, catchy violin touch, powerful drums solo, and tight composition. Oh my Gusti Allah … kulo nyuwun ngapunten …. top sanget lagu meniko!!! Hawakadddraaahhh …!!!
010420085051.jpg
Pita kasetnya penuh coretan:
01042008506.jpg
  • Itulah perkenalan saya pertama kali dengan KANSAS.

Selanjutnya .. terserah Anda ….. (lho? kok dadi iklan pewangi kelek?)

13 Responses to “Pertama Kali Kenal KANSAS”

  1. unto3100 Says:

    wuuiiiiiih…..”The Writ”….gueendennnk sampean mas…hhahahaha…iki lagu sip temenan mas……hihihi….lha iku kasetnya sudah pake Maxell yang versi LN “Low Noise” dengan pita dobel atas bawah….tambah mbois kalo disetel di player dengan fitur DOLBY NR hahahahaa….wes jan guueeennndeeenk…hihihihihii..wes gak iso ngomong maneh…

    Salam

    Fridie

  2. Gatot Widayanto Says:

    THE Writ penjenengan suka juga mas??? Kalo saya, begitu denger CEKAKLAKANNYA si OZZY langsung ma “GLEGEK” suka pol polan mas!!! Uediyan …!!! Tanpa pikir panjang, saya duitin tuh kaset nggopek! Ini lagu, gokil abis. Udah ngakak cekaklakan, abis itu musiknya ambient tapi gahar ..(lho piye to? wis embuh .. pokoke dentuman bassnya kueren mukeren, mantab zaenab tenaaaaaannn …. )

    Mengenai kualitas suara:
    Ini kaset rekamannya sangat PAS sama saya karena BASS nya lumayan gede dan treblenya gak berlebihan. Menurut saya EXCELLENT banget dan ini kaset kan saya beli Desember tahun 75, tapi waktu saya setel beberapa hari lalu masih kemrinching treblenya, jumleger bass nya mas … uediyaaannnnnnnn!!! Apakah kaset Maxell LN memang bagus yo mas? Aku kagum banget lho …

    Salam,
    Gatot Widayanto
    https://gwmusic.wordpress.com/
    http://gatotwid.wordpress.com/
    http://thevaluequest.wordpress.com/
    http://www.progarchives.com/Collaborators.asp?id=405

  3. adi Says:

    Limaratus perak ? ediannnnnnnnn, inflasi memang bener-bener gila2an *salah pokus*

  4. priyo j Says:

    Incomudro iku kansas album opo mas?

    Maklum Kansas ga laengkap koleksinya .. yg ada di YESS gambar dayak(yg ada magnum opus) sama Song For America
    Kalau jenis CD Kansas LeftOverture , Paradox Live plus Kansas Live DVD ..
    wis iku tok , tapi aku suka dengan karakter vocal Steve Walsh .. waktu di ganti vokalisnya di album ….
    yg ada fight fire with fire (album opo yo ? geus poho) langsung maless…

    Best

    Jean-Luc Ponty – Aurora Part I now listening
    Synergy – Warriors just listened
    Synergy – Relay Breakdown 19 minutes ago

  5. Gatot Widayanto Says:

    Mas Priyo,

    Incomudro itu di album SONG FOR AMERICA. Keren album ini mas … wajib punya lho …

    Salam,

    Gatot Widayanto
    https://gwmusic.wordpress.com/
    http://gatotwid.wordpress.com/
    http://thevaluequest.wordpress.com/
    http://www.progarchives.com/Collaborators.asp?id=405

  6. Priyo Jatmiko Says:

    Lah kudune wis duwe .. aku punya Song for America rekaman YESS ..
    kalau lagu Song for America masih membekas di ingatan , dari intro nya yg khas itu sampai chorus nya yg gegap gempita..masih clear di memory.. meskipun kasetnya mbuh dimana..
    lha iki incomudro blejet .. blas gak kelingan …
    mohon maaf apabila gak prog blazz😀

    Genesis – The Colony of Slipperman – Live in Liverpool 1975 now Listening

  7. haris fauzi Says:

    kagunganipun ndoro toty
    wakakakakakakakak…….

  8. Priyo Jatmiko Says:

    selain kagunganipun ndoro
    ada penegasan identitas : rocker hwa ha ha ha
    dan ASSOY pak de

    emang sangat menyenangkan coret2 di kaset kebanggaan kita di jaman sekolah SD/SMP, sampai kaos kutangnya mas haris di gambari juga

    lha aku dulu juga ngambari Gene Simmons lagi melet pakai spidol marker yg gede di kaos olahraga sekolahan
    trus di bawahnya ada tulisan Genesis (wis gak nyambung) ala album The Lamb
    tas, buku juga jadi ‘korban’ coret2an grafiti ndeso yg berkaitan dengan musik dan gak karuan gak terarah , sing penting bangga (krisis identitas ?)

    sangat menyenagkan jadul

    Rgds
    WhiteSnake Aint no love in the heart of the city now listening

  9. unto3100 Says:

    hahahhaha…memang kaset yang MAXELL LN merupakan produksi yang “rare” dari Maxell mas, sebelum era kaset2 Maxell dengan pita tipe Metal yang lebih tipis, jadi kaset Mas Gatot kudu di eman2 karena memang jarang sekali…hehehehehehehehe…….Keep on Proggin’…

    Salam

    Fridie

  10. Ddwijono Says:

    ndoro Totty… ah rupanya dari dulu memang punya obsesi utk jadi ndoro keturunan Itali, gak match blasss

  11. Gatot Widayanto Says:

    @ Mas Haris … karena postingan Anda “Kagunganipun ndoro Toty ..” maka disambunglah kenorakan tersebut dengan postingan ini:

    https://gwmusic.wordpress.com/2008/04/05/graffiti-pada-kaset/

    Hua ha ha ha ha ….

    Salam,
    G

  12. Gatot Widayanto Says:

    @ Mas Priyo ….
    Tas, buku, kamar dan juga kaos oblong saya semuanya juga jadi korban mas. Tas sekolah saya dulu ransel tipis (tidak berlapis, gak pake ritsleting … cuman tali aja) tapi penuh dengan tulisan:
    JETHRO TULL
    YES
    LED ZEPPELIN
    PEACE
    LET’S ROCK!
    TOTY
    Semuanya dengan huruf yang FONT nya JADUL pol .. ha ha ha ha ha …
    Terus pake sepatu fantovel BIG BOSS yang harganya muahal banget (Rp. 7.000) .. ha ha ha ha ha …

    @ Den Bagus Djoko ….. Waktu itu belum ada pemain namanya Toti lah … dan juga gw kan bukan penggemar bola to? ha ha ha ha

    Salam,
    G

  13. The 40-Year ProgGraphy (6 of 40) | Music for Life Says:

    […] Langsung siang itu saya nyengklak sepeda menuju Miraco dan Duta Irama di daerah Tugu Madiun. Saya langsung beli enam kaset tersebut. Yang jelas saya ingat, salah satunya adalah Black Sabbath “Sabotage” dengan side B nya Kansas. Itulah kali pertama saya kenal Kansas terutama lagu Incomudro yang membuat saya mbrabak teringat masa lalu …. Kaset itu masih ada hingga kini dan pernah saya posting di blog gemblung. […]

Leave a Reply

