Jadul abiszz…!

Masih ingat majaah Aktuil? Top? Muziek Express (Belanda)? Terutama majalah Aktuil, saya menjadi pelanggan setianya, setidaknya pinjem dari kakak saya, mas Henky, yang selalu beli Aktuil tiap minggu. Nah .. setelah mas Henky kuliah di Yogya, terpaksa saya beli majalah Aktuil secara teratur. Saya suka poster2nya …

Nah .. kalo dulu saya kenal Aktuil dari mas Henky, dewasa ini saya menemukan “harta karun” berupa foto2 jadul yang nuansamatik .. dan mas Henky pulak yang mentransfernya ke media dgital.

Ini salah satu foto nuansamatik itu:

Kamar tidur saya lengkap dengan gitar penuh stiker Aktuil, rambut gondrong, celana cutbray pol! Rasaya ini diambi l fotonya tahun 1977.

kamar-penuh-poster.jpg

Poster ki-ka dari atas: Alice Cooper (rasanya keluaran Top), Rod Stewart, Bendera Inggris (baliknya Raque Welch yang sexy), Tomy Bolin, Rainbow, Beatles (bawah), bendera Inggris “Peace to All Who Enter Here”, Golden Earring (rasanya dari Top juga).

Ediyaaaaaaaaaaaaaannn …. nuansamatk pol!!!

HIDUP JADUL!!!!

Kuak kak kak kak kak kak kak kak kak kak kak ….

30 Responses to “Jadul abiszz…!”

  1. mamak Says:

    huakakakakakakak…mo cari juga poto gw yg pake sanggul ibu gw …huahakakakak krn saat di sma gak bole gondrong…huakakakakak hidup jadul….If i Couldturn back time …cocok yah judul lagu Cher ini.

  2. Budi Rahardjo Says:

    Wah … dulu di kamar saya juga ada bendera Inggris! Saya ngecet sendiri bendera Inggris itu di kamar saya. Kok bisa sama lagi ya mas?
    Tapi saya gak berapa suka pasang poster sih. Rasanya di kamar gak ada poster band, yang ada adalah postcard radio amatir.

  3. Gatot Widayanto Says:

    Mak,
    Harusnya yang musti ditampilkan adalah foto lu yang pake syal kayak Dedy Stanzah itu lho .. huakak kak kak kak kak kak kak kak kak kak kak …

    Betul mak .. kalo aja mesin waktu bisa diputer balik, gw maunya saat gw masih SMP dulu … ha ha ha ha …

  4. Gatot Widayanto Says:

    Mas Budi,

    Kayaknya memang KEGILAAN kita sama nih mas… Gimana kalo kita bersatu padu dalam musik mas??? Ini udah KLOP nih …

    Paulo Coelho dalam novelnya yang legendaris “THE ACHEMIST” menorehkan:

    “If you want something in your dream, all the universe will conspire to help you achieve it ..”! Rasanya pertemuan kita bisa kita garap lebih FOKUS mas … Saya pengen punya radio mas ..!!!! Ayo mas!!!

  5. DananG Says:

    hehehe, jadul rulez. Kemarin setelah nonton DVD ttg aktuil yg menjadi barometer anak muda saat itu, dengan photo mas Gatot, jadi tambah sahih informasinya. Sayang sepatunya gak keliatan, haknya mungkin 15 cm hahahaha.
    Btw itu photo ikut sayembara kamar aktuil gaka Mas?

  6. haris fuadi Says:

    dulu sekamar sama kakak sulung saya … kamarnya penuh poster bonus majalah top dan aktuil … malah bisa buat tebakan dari A s/d Z …

  7. kunangkunangku Says:

    tipikal kamar anak muda zaman itu. itu tommy bolin saya juga pasang di kamar. wah, dulu malah saya masih suka pakai celana pendek. dan saya tidak pernah gondrong.

  8. Priyanto Yuwono Says:

    Setuju mas Kunangkunang… kamar gw juga penuh dengan poster (sampe temboknya gak keliatan).. paling banyak sih Motley Crue (soalnya gw t fans Crue).. adek gw gile lagi.. kamarnya dilukis gambarnya Edhie nya Iron Maiden yang Live After Death…. Kalo waktu kuliah sih gw gondrong… dan hampir selalu pake hitam-hitam…

  9. Gatot Widayanto Says:

    Aneh, beberapa kali post comment kok gak masuk ya?

  10. Gatot Widayanto Says:

    INI DICOBA LAGI:

    Mas DananG,

    jaman dulu sepatu hak tinggi di kota saya disebutnya sepatu EXOTIC .. gak tahu kenapa. Yang jelas, saya punya yang haknya 7 CM mas .. betul .. tinggi banget udah bentuknya kayak setrikaan pulak! Hua ha ha ha …

    Ini bukan photo sayembara kok mas ….

    Mas KunangKunangku,
    Kamar ini juga warisan dari kakak saya, mas Henky, yang kuliah di Yogya. saya poles dengan poster2 kesukaan saya. Di sebelah The Beatles ada poster KAYAK, URIAH HEEP (Byron era) dan EKSEPTION.
    Mas .. waktu SMP kan gak boleh gondrong, begitu SMA .. langsung BALAS DENDAM rambutku panjang ..!! Ntar aku post fotoku saat SMP yang masih NYUKLUN ra karuan .. tapi dengerin TRIUMVIRAT lho!

    Mas Priyanto,
    Wah, ngeri banget gambar Eddie nya Irma mas .. hiyyy .. serem …

  11. DananG Says:

    Sepatu EXOTIC?, berarti gak standar tiap daerah. Ditempat saya dulu disebut sepatu “GREMPANG”, yg dalam tafsiran saya mungkin berasal dari kata “Grand Funk” kali. Hahahaha, think globaly, act localy, kali…:).

    salam,
    DananG

  12. alfie Says:

    PakGatot Yth,

    Still young n’ innocent !.

    Jadul abizzz booo!!.

    Salam

    Alfie

  13. guntur Says:

    Hahaha…
    itu poster Bolin bikin aku inget masa kecil.
    Ada satu di rumah mbahku di solotigo =)

  14. alfie Says:

    Pak Gatot Yth,

    Lihat poster model gini ada Tommy Bolin, Rainbow yang Ronnie Dio-nya aja yang kelihatan, Rod Steward, John Lennon, Alice Cooper , Bendera Inggris.dll, ini semua mengingatkan saya pada adik laki laki saya tercinta , kami begitu akur sekali hingga pasang posterpun bersama sama model jacket (Albra), sepatu( model sepatu yang hak tinggi dan adapula yang seperti sepatu model RH Oma Irama yang tingginya sampai sedengkul! dan semuanya kalo beli di Cibaduyut) dan bajupun sama, sampai sampai menonton Deep Purple pun bersama sama pula !.

    Namun sayang,kini seiring dengan berjalannya waktu dan dibelit kesibukan masing masing setiap harinya, kamipun menjadi susah untuk berjumpa bahkan saling bertilpon ! paling paling hanya kalau hari raya saja, itupun kadang kadang saja berjumpanya.

    Pak Gatot kadang saya suka menyalahkan diri sendii mengapa saya ini seperti robot yang telah terprogram yang disibuk kan dengan urusan urusan yang menjauhkan kita dari silaturahmi dengan sesama terutama dengan anggota keluarga sendiri, tidak seperti waktu kita dulu masih kanak-kanak atau remaja(walau sesibuk bagaimana tetap saja kita ” masih keneh bisa ngariung” kata orang Sundanya ) where no pain, no sorrow, no heartache, no wife disturbance etc…etc..! wah jadi kesitu lagi saya ni !.

    Salam

    alfie

  15. alfie Says:

    Pak Gatot Yth,

    bicara soal poster, dulu Aktuil dan Top benar benar bersaing habis habisan dan yang beruntung ya yang membacanya. Majalah majalah itu jadi berat karena bunus poster dan sticker melulu !. Banyak pembohong pembohong berseragam bermunculan yang tega membohongi Ibu -Ibu mereka meminta uang SPP padahal buat membeli majalah majalah tersebut diatas untuk menghias dinding kamar mereka dengan poster. Ha ha ha ha h

    Those were the days my friend!

    Salam

    Alfie

  16. Gatot Widayanto Says:

    Mas DananG,

    Grempang? Ha ha ha ha … saya gak pernah denger mas. Kalo itu plesetan dari Grand Funk .. oke juga tuh THINK GLOBALLY, ACT LOCALLY .. ha ha ha …

    Mas Guntur,
    Berarti usia ANda masih jauh lebih muda dari saya, mas. Ha ha ha .. Saat itu saya udah kelas 1 SMA lho … ha ha ha…

    Pak Alfie,
    Cerita pak Alfie sangat menyentuh sekali. Semuanya kok mirip dengan saya ya pak. Bedanya, saya dulu hidup satu rumah dengan ibu dan kakak saya nomer 2 dengan beda usia 7 tahun. Ini cukup merepotkan karena kakak saya bergaul dengan temen2nya yang senior dan saya dianggap anak bawang. Ya jelas lah pak, mereka SMA saya masih SD kok .. ya gak diajak ngomong. Tapi mereka (kakak saya no.2 dan temen2 nya) tidak sadar bahwa saya selalu memperhatikan gerak gerik mereka dalam cara berpakaian, bergaul dan musik yang mereka dengarkan. Kalo mereka kumpul di kamar depan (yang fotonya ada di atas) selalu aja mereka sambil nyetel radio atau kaset. Dari situ saya kenal SANTANA, DEEP PURPLE, LED ZEPP, dan kelompok classic rock lainnya… Masa kecil yang indah …

    Sekarang memang sama pak .. tali silaturahim jadi terputus karena kesibukan masing2. Masing2 juga fokus pada keluarga baru mereka: istri dan anak. So .. kita jadi renggang. Untung … saya masih sering minta tolong (ngerecokin) kakak saya yang nomer 2 (mas Henky) termasuk mengKONVERSIkan foto2 saya jadul ke format digital.

    MMengenai membeli majalah Aktuil dan Top, dulu saya malahan nabung pak. Ibu saya kan penjahit pak. Nah, setiap ada jahitan, saya mengumpulkan kain-kain sisa. Kain sisa ytersebut saya jual dan hasilnya saya tabung buat beli kaset rock pak. Kisah ibu saya seru lho pak, bisa di klik di sini pak:
    http://thevaluequest.wordpress.com/2007/05/31/ibuku-dan-mesin-jahit-sebuah-pelajaran-etos-kerja/

    Tapi memang pak Alfie benar .. those were the days ,… when everyday is happiness … karena otak kita hanya diisi satu hal: musik! (dalam bentuk majalah Aktuil, Top atau kaset atau poster!). Ha ha ha ha ha …

    Salam,
    G

  17. alfie Says:

    Pak gatot YTh,

    Mungkin juga saat itu kita masih sedikit dosanya hingga Allah memberikan kita banyak nikmat atau pula seperrti yang pak Gatot bilang
    karena otak kita hanya diisi oleh satu hal: musik! (dalam bentuk majalah Aktuil, Top atau kaset atau poster!). Ha ha ha ha ha … betul juga !

    Salam,

    Alfie

  18. haris fuadi Says:

    dulu di kampung saya sih disebutnya sepatu ‘jenggel’ … mungkin dari kata ‘jungle’

  19. Gatot Widayanto Says:

    Pak Alfie,

    Mungkin juga ya pak … Tapi memang urusan kita sekarang ini banyak, termasuk ngurusin hal2 yang bukan urusan kita … misalnya ikut mikirin kenapa pilkada musti main uang sih? Padahal di jaman nabi dulu, orang diangkat jadi pemimpin takut lho .. kok sekarang rebutan dan pake bayar milyaran lagi …. Trus .. kita ikut mikirin padahal emangnya masalah selesai kalo dipikirin? Ha ha ha ha ….

    Makanya, kita musti balik ke kittah kita pak: fokus pada kerjaan dan musik, itu ajalah ,… saya gak mau ngurusin pulitik pak .. capek. Ini tiap hari saya liat di bunderan Indosat ada aja orang demo ke KPU … kerjaan mereka apa ya? Kok tiap hari demo aja? Apa gak sebaiknya menikmati MARILLION Script for a Jester’s Tear? Ha ha ha ha ….

    Salam,
    G

  20. Gatot Widayanto Says:

    Mas Haris Fuadi,

    Hua ha ha ha .. sepatu jembel … ha ha ha ha … ada2 aja ..

    Mungkin kita perlu tabulasikan ya istilah2 jadul biar tambah seru …

    Salam,
    G

  21. alfie Says:

    Pak Gatot Yth,

    Apa gak sebaiknya menikmati MARILLION Script for a Jester’s Tear? Ha ha ha ha … memang asyikan gitu. Soal politik, tahun 99 saya hampir nyaleg pak, tapi ternyata partai yang saya banggakan pertama berdirinya ternyata kesininya ya sami mawon ! jadi saya putuskan balik kehabitat saya saja yaitu kerja, dengarin dan baca artikel musik saja, disamping lihat perkembangan dunia dan mempelajari hal hal lain nya yang berguna minus politik!

    Salam
    Alfie

  22. Gatot Widayanto Says:

    Pak Alfie,

    Wah luar biasa kalo pak ALfie jadi anggota LEGlislatif pak .. ha ha ha… biara ada yang ngerock pak .. ha ha ha …

    Saya fokus di musik dan jadi konsultan aja pak .. ha ha ha … gak sanggup jadi politikus …

    Salam,
    G

  23. alfie Says:

    Pak Gatot Yth,

    He he he he he sama pak Gatot.

    Salam
    Alfie

  24. Gatot Widayanto Says:

    Pak ALfie, jadi ROCKER ajalah kita .. ha ha ha …

  25. Klungsu Says:

    Gua inget betul, waktu itu gua masih smp. Ada tetangga yang ikut lomba mirip achmad albar, di majalah aktuil. dia menang. gua ikut senang habis kejadian itu di kota kecil purworejo. tapi trend anak muda tetep sama. celana cutbray, badan ceking, rambut gindrong, hak sepatu tinggi dan kaos atau baju ketat. kamar penuh poster. asyik…

  26. Gatot Widayanto Says:

    Mas Klungsu … terima kasih udah mampir di blog ini …
    Ya .. saya mengalami jaman itu … ha ha ha ha ….

    Wass,
    G

  27. siyekatea Says:

    Dear all, aku liat semua mua postingan di sini kok sama jadulnya ama thema nya (udah lewat setaonnan) .. apa ga pernah di update ato gimana… any way any how .. aku pikir yang punya web ini paralel dengan hobi saya … ber Rock Jadul Tea .. kalo itu photo sampean taon 77 udah pake celana panjang n rambut gondrong .. kayaknya usia saya jauh dibawah sampean nih .. tapi sama – sama jadul le. taon 77 tu kayaknya saya baru kelas 5 SD, tapi nya umur segitu aku uddah mulai seneng lagu – lagu Led Zeppelin … kayak Whota Lotta Love, Imigrant Song, Mobi Dick .. dll .ok Pak Keep contact yah

  28. Gatot Widayanto Says:

    Mas Siyekatea… ma kasih telah berkunjung dan berkomentar ….
    Di sini memang isinya wong jadul semua .. ha ha ha .. tapi postingan tiap minggu minimum sekali diupdate kok … silakan klik di MUSIC FOR LIFE utk melihat postingan terakhir …

    Suwun,
    G
    Np. Mumet sama Godspeed You! Black Emperor

  29. Indrayana Says:

    Saya bermimpi ada acara TV atau Radio djudulnya “Zona 70-an” pasti lebih seru dibanding “Zona 80-an…” he..he..he….

  30. Gatot Widayanto Says:

    Mas Indrayana .. Kalo abang Anda jadi top starnya ZONA 80 dengan sering tampil di TV, maka Anda akan saya usulkan jadi bintang nya ZONA 70 kalo acara tersebut ada ….. he he he …

    Salam,
    G

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: