Pengalaman Menjadi MC DragonForce

Setelah beberapa kali gw menjadi MC hampir di setiap acara yang digelar i-Rock! (thanks to all of you guys …!!!), maka .. pada tanggal 19 Mei 2007, gw menjadi MC dan juga Press Conference Facilitator buat konser DragonForce di Jakarta: Inhuman Rampage World Tour. Ini bagi saya merupakan pengalaman SPEKTAKULER karena belum pernah sepanjang hidup gw menjadi MC buat sekitar 5.000 (lima ribu jek! – versi majalah SoundUp) massa metal. Wuah … suatu pengalaman yang tak terlupakan. Forget about my age man ..!!! Music does not recognize age – so be it … here I am a 46-year old guy, rocked the Tennis Outdoor Stadium! Ini adalah sharing gw di milis i-Rock! dan m-claro tentang pengalaman tersebut …

——————————————

the-stage.jpgSebenernya cukup lama kok (sekitar 2 bulan lalu) saya mendapat kepercayaan sebagai MC dan Moderator Press Conference DF Inhuman Rampage World Tour ini. Waktu saya terima sms dari Andre Solucita, saya LONCAT girang sekali! Pikir saya: dari dulu saya pengen naik pentas jadi rocker, tapi ndak kesampean dan sekarang saya dapet kepercayaan menjadi MC konser grup internasional yang mestinya bakalan dihadiri ribuan orang. Gagal jadi musisi rock, gak papa .. tapi masih bisa tampil di pentas rock. Why not????!!!!

Makanya aku girang sekali dapet pekerjaan ini. Sejak itu segala macam konsep aku coba. Semua lagu2 opening acts yang belum pernah aku dengar (seperti Netral, Seringai) aku cari CD nya. Alhamdulillah Andre memberi aku album Netral “Putih” – lumayan buat tahu jenis musiknya. Maklum, saya kurang gaul dengan musik nasional, bukan sombong lho. memang kurang peka aja. Terus Om Zul ngasih pinjem iPodnya buat dengerin Seringai segala. Maka kumplitlah aku tahu semua jenis musik dari penampil yang bakalan main.

Meski pengalamanku ngemsi cuman pada panggung2 kecil dari acara i-Rock! yang paling banter dihadiri rata2 300an orang (kecuali UNITED WE STAND yang dihadiri 800 orang di Hard Rock Cafe), namun udah bisa membangun PEDE buat tampil di konser DF. Aku juga terima ksih buanyak atas kesempatan yang diberikan temen2 i-Rock! yang selalu setia mempercayakan MC ke aku di hampir setiap acaranya.

Masalah selanjutnya: Bagaimana bisa MEMBAKAR masa? Ini pertanyaan sulit. Mengapa musti dibakar? Ini jelas, karenathe-crowd-1.jpg kita di situ kan buat HAVING FUN, jadi ya harus SEMARAK dan HEBOH. Prinsip saya kalau lagi conduct training untuk perusahaan: selalu melibatkan partisipan agar aktif dalam kegiatan training. Masalahnya, ini bukan training dan massa nya bakal ribuan. Biyuh .. gimana caranya???? Yang jelas, pokoknya kudu ada YEL2!! Biar seru! Pernah sih terlintas ide pake YEL2 nya bola yang kesohor itu “Olee .. ole ole ole …” tapi kan NDAK METAL BLAS?!!! Otak terpaksa diperas. Semua album DF yang udah ada lokalnya gw puter sampek dobol, bahkan semuanya gw rip ke ipod. Pokoknya tiap hari pasang DF (padahal saat itu ada tantangan membuat 1000 review di ProgArchives by 16May2007! Wah .. puyeng tenan aku …).

Akhirnya gw jumpai bahwa salah satu ciri musik DF adalah kekuatan choirs ala Uriah Heep (coba deh diperhatikan baik2, banyak choirs nya yang style nya mirip UH). Di album terakhir INHUMAN RAMPAGE pada tiga lagu pertama semuanya memiliki choirs yang indah dengan “Ooooo … Oooo … Ooooo” …. Mangsalahnya … gw musti cari mana yang paling sederhana supaya bisa ditiru ribuan massa tanpa banyak pikir?
NAH! DOR! Akhirnya dapet juga! Ini dia… menit ke 3:40 dari lagu THROUGH THE FIRE AND FLAMES … “Oooo …Ooo… OoooOoooo…” 2 x yang megah sekali dan SANGAT SIMPEL. Gw ulang berkali-kali bagian ini dan gw coba mbengok2 sendiri di rumah koyo wong edhan. Yo ben! Sing penting KUDU SUKSES! Jujur aja, gw suka banget lagu ini … indah, melodik, cepet dan rapi …!!! Nggeblak dah pokoknya!

gw-and-herman-li.pngSetelah mantap dengan bagian itu, gw bikin rekaman “khusus” bagian itu biar ntar pas tanggal 19 mei bisa dipake buat contoh “just in case” gw lupa notasinya. Terus gw susun SCRIPT nya lengkap dan detil sampe’ 13 halaman A4 ketik satu spasi! Setiap kata dan kalimat yang akan gw ucapkan, gw tulis rapi di situ. Gw gak mau “missed” sedikitpun karena takut bahwa ini massanya buanyak banget, takut demam panggung dan plegak-pleguk kehabisan bahan omongan di panggung (sementara kru masih nyetem alat). Di Script tersebut juga gw buat detil banget mengenai langkah2 yang musti gw lakukan supaya KOOR “Ooo Ooo..” itu bisa terjadi. Mulai dari memutar cuplikan lagu, sampe membagi dua kelompok besar KIRI dan KANAN. Ide ini gw CONTEK abis dari cara Andi Derris Helloween mengkoordinasi massa saat konser di Ancol dulu. So it’ NOT my idea at all! Pokoknya SCRIPT nya jelas banget. Bukan apa2, gw mau SHOW DIRECTOR dan PROJECT DIRECTOR konser ini mereview apa2 yang mau gw katakan biar gw dapet BLESSING dari mereka.

Setelah SCRIPT dibuat rapi (sampek jam 3 pagi bok!) .. baru gw presentasiin ke STAGE MANAGER dan SHOW DIRECTOR. Sayang STAGE MANAGER gak bisa hadir karena hari tu mendapatkan bayi bernama HISYAM (Murah Hati – kayak bapaknya, ZUL). Gw coba paparkan ide mengomando KOOR ke SHOW DIRECTOR, tapi dari raut mukanya sepertinya dia gak percaya bisa karena takutnya crowd gak bisa ngikutin. Herannya, gw kok gak patah arang dan semakin yakin. Akhirnya beliau mengijinkan aku juga kalo aku yakin bisa. Pertimbangan gw adalah: menurut pengamatan gw nonton konser METAL MADNESS dan SUNDAY METAL FEST, gw sangat kagum dengan massa metal yang disiplin meskipun urakan (slam dance, moshing, dorong2an ..etc.). Mustinya sih mereka komunikatif juga.Makanya gw berani laksanakan. Resikonya cuman satu: Paling gw ditimpukin botol Aqua sambil ditereakin suruh turun. That’s All …

df-on-stage.jpgTapi kenyataannya … mereka sangat KOOPERATIF dan PARTISIPATIF! Thanks GOD … ALhamdulillah… Sempet keder juga pas saat pertama notasinya salah .. Untung gw bisa benerin …akhirnya … kompak juga. FYI, koor ini gak pernah gw koordinasiin dengan ZP Theart (vocalist) tapi Alhamdulillah .,.. pas nyanyiin lagu THROUGH THE FIRE .. si ZP memberi kesempatan ke penonton buat koor “Oooo ..Oooo ..OoooOoooOooo”… aduh gw terkesan sekali. Syukur Alhamdulillah … yang gw harapin ternyata kejadian.

Meski ada kekurangan, namun saya PUAS sekali karena apa yang saya rencanakan bisa terjadi. Thanks GOD….!!! Sayagw-and-dave-mck.png mbrebes mili juga menerima puluhan SMS berkaitan dengan keberanian saya mengkomando ribuan massa … Sungguh ,…. ini yang mengharukan dari semua pengalaman: apresiasi dari temen2 terhadap apa yang saya lakukan! Itu yang bener2 membuat saya ‘tersentuh” mbrebes mili … Maap .. bukan gila hormat lho … cuman seneng aja ada apresiasi dari temen2, baik di milis ini maupun dari SMS yang saya terima. Tentu semua saya KEEP karena sangat memorable …

TERIMA KASIH…TERIMA KASIH …. kepada Allah SWT dan kepada temen2 semua, dan juga semua audiens yang hadir malam itu ….

Bila pada …
Februari 2002 saya mbrebes mili melihat maestro kibor yang saya idolakan selama 29 tahun, Rick Wakeman, main di hadapan saya;
25 September 2003 saya mbrebes mili menyaksikan band yang sudah 31 tahun saya sukai – YES tampil di Spore;
27 Januari 2006 saya terkesan dengan anthusiasme temen2 milis ini buat berjamaah nonton Dream Theater di Singapore;

maka…

pada 19 Mei 2007 saya merasa senang sekali dan terkesan karena saya terlibat dalam konser DragonForce yang sangat mengesankan dan tak kan pernah saya lupakan .. because I was part of the party! and .. my friends appreciate me very well ….

pq192478-resized.jpg

Salam,
G

About these ads

19 Responses to “Pengalaman Menjadi MC DragonForce”

  1. alfie Says:

    Pak Gatot,

    Congratulation !

    hope you be more and more successful in the future.

    Best Regards

    Alfie

  2. Gatot Widayanto Says:

    Pak ALfie Yth.

    Pak, if you were there in the stadium at that time … hmmm … I might not be able to perform as I did because .. malu pak .. udah tuwa kok metal .. ha ha ha ha ha ….

    Cheers,
    G

  3. alfie Says:

    Pak Gatot Yth.

    Sekarang memang dah zamannya kok pak akan kebangkitan musik rock, terutama prog rock dan sejenisnya (saya saja kalau ada kesempatan mau tuh nyanyi I Get Up I Get Down ), buktinya Ronny Harahap muncul nyentrik abiiiz baik gayanya, bicaranya maupun permainannya di pagelaran Nuansa Bening-nya Keenan makanya saya tulis komentar disatu blog bahwa mereka itu sebagai para Pertapa yang turun gunung yang dah bosan berlama lama tapa dan ingin ngegenjreng lagi! .

    Setelah belasan tahun sibuk dengan karier dan kerjaan masing masing(termasuk saya) ada suatu kerinduan untuk menikmati musik rock zaman muda kembali, terus terang pak Gatot lima bulan yang lalu pertama kali saya di Ramako saya ngumpet ngumpet agar ga ketahuan isteri sambil bilang ada rapat dikantor , ini semua karena kerinduan saya untuk menikmati kembali hobby yang terlalaikan dan sekarang ketemu lah sama penggemar prog seperti pak Gatot ya jadilah seperti tahun 70′an lagi obrolannya.
    Keep rockin’

    Salam
    Alfie

  4. Chanks Says:

    Wah Pak Gatot ini sungguh luar biasa…., pokoknya heebat, saya banyak belajar & makin rajin nih baca2 blognya. Sekali lagi selamat…. n’ BRAVO untuk Anda. Foto-fotonya yg banyak donk hihihi… Thanks.
    Salam:
    Chanks

  5. Gatot Widayanto Says:

    Pak Alfie,

    Memang orang2 seperti kita suka dibilang SUKU TERASING pak.. karena selera musiknya aneh. Saya bisa mengerti bahwa pak Alfie musti “slinthutan” ke orang rumah buat siaran dengan alasan meeting di kantor …. kadang saya juga lakukan kok pak … nasib pak ….

    Pak ALfie, saya tadi dapet SMS dari pak Odang (Aktuil) yang ada rencana membuat buku tentang Aktuil. Beliau tertarik dengan komentar pak Alfie di blog ini tentang NONTON DEEP PURPLE pak. Mungkin beliau akan kutip nanti. Ntar saya kasih omer HP pak Alfie ke beliau ya pak, kalo pak Alfie mengijinkan…

    Salam,
    G

  6. Gatot Widayanto Says:

    Mas Chanks,

    Terima kasih. Biasa aja mas… saya cuman suka banget terlibat dalam acara yang berbau musik rock maupun metal. Jadi ya menjadi ekspresif begitu mas.

    Mengenai foto2 DragonForce, saya tidak punya banyak karena sibuk jadi Moderator Press Conf dan jadi MC. Tapi ada beberapa temen yang katanya mau kasih saya foto. Kalo udah lengkap, saya posting ya mas …

    Salam,
    G

  7. alfie Says:

    Pak Gatot Yth,

    Soal pak Odang dari Aktuil wah saya senang bener tuh “Urang Sadulur euy”

    Jadi tentu saja saya sangat senang dengan berita ini tolong sampaikan salam saya sa pak Odang setiap waktu saya siap membantu Aktuil, sekalian saya dapat kenalan dengan pak Odang.

    Salam
    Alfie

  8. melina Says:

    hai…my dear friend…boleh kenalan ga…gue melina baru mau coba menjadi mc yg baik gimana dong…melina ingin sekali berkenalan lebih deket …dengan anda. from lina

  9. Gatot Widayanto Says:

    Waduh mbak Melina … lha saya ini cuman modal SUKA musik rock, itu aja. Gak ada ilmu khusus… he he he … SALAM KENAL mbak!

  10. reza Says:

    wah pak gatot ini sangat amat beruntung sekali banget bisa foto2 bareng personel2 dragonforce.. (especially with herman li) hiks3.. T_T jd kpengen. salam kenal pak

  11. Dwiky Says:

    waduh enak banget bapak
    aku juga pengen T_T …
    kapan ada konser dragonforce lagi ???

  12. alitamat Says:

    aww pingin nonton ……

    hiks……..

  13. Muhammad Nuruddin Says:

    waduh pengalaman anda buat aq iri nih tapi aq ucapkan selamat dan semoga dapat job yang banyak

  14. hadi Says:

    wah pak ..
    foto ny di bnyakin lg ..
    ak iri sma bapak yg bisa foto sama herman li ..

    kok foto sama zp theart gk ada pak ?

  15. Gatot Widayanto Says:

    Mas Hadi .. terima kasih udah mampir.

    Waduh .. foto2 dengan Dragon Force buanyak banget mas .. Ntar coba aku upload ya …

    Salam,
    G

  16. sagita melati Says:

    wah….sya kliatannya ngefans bgt sma bapak….
    hebat bgt,,bisa terlibat langsung ma knsernya dragon force
    klo saya jd bapak….sembah sujud saya pak….hebat bgt….
    bolehkah saya berguru dengan anda…..
    hhe

    thanx pak…

  17. Devara Says:

    wah keren tuh.gw jga mau tuh soalnya gw jga fans nya dragonforce !!!!!!!!!

  18. AnimeFoFFretters Says:

    BUKTINYA =

    SAYA FC 100% THROUGH THE FIRE AND FLAMES PAKE’ X-PLORER CONTROLLER DI FRETS ON FIRE FOFIX 3.030 ROCKBAND 2

  19. AnimeFoFFretters Says:

    SAYS METAAAAAAAAAAALLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1
    To ZP THEART

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 130 other followers

%d bloggers like this: