Trijaya FM : All That 70s & Deep Purple

A TRIP TO BEAUTIFUL PAST DAYS …YEEEAAAAHHH ….!!! ROCK ON!!!!!!Tadi malem puwas banget siaran di Trijaya FM (104.6). Wuaduuuhhhhh … emosiku berkecamuk terkoyak-koyak abis! Menderita kepuasan pokoknya. Paripurna pulak! This is what I call as musical orgasm!

Sesi I : ALL THAT 70s

Lagu2 yang diputer di sesi I memang dipilih yang dulu SANGAT DIKENAL setidaknya selagi gw masih remaja dulu. Listen to The Music nya Doobie itu nuansamatik pol; kakak gw Budi suka banget nyetel kasetnya (rekaman Perina Saturn). Juga Someone nya Grand Funk yang ngetop di kalangan anak gank di Madiun dulu. Catatan: Di Madiun biasanya komunitas anak muda punya gank2 tersendiri, seperti: Asabor, Bulldog, Christopher, Rhapsodies, McLaren, JPS. Gank gw dulu namanya Thunderstorm.

Hazy Colours nya TEA (Germany) ini mungkin gak ngetop di Jakarta, tapi di kota gw ngetop banget …gara2 radio amatir (gelap) antene bambu yang menamakan dirinya GM (Gombal Mukio) sering memutar lagu ini. CD nya langka. Gw baru dapet 2 tahun lalu di Hard n Heavy Bandung. Wis pokoke mbrebes mili dah mengupas 70an abiszzzz ….

Sesi II DEEP PURPLE:

Lebih edhan lagi apalagi narsumnya MAMAK GILLAN – no one else better than him in explainaing DEEP PURPLE man! Mamak rulezzzz!!!! Yang paling gak tahan menahan air mata adalah saat interview lewat telpon dengan Pak Odang (Bandung) dari majalah AKTUIL – sebuah majalah yang membesarkanku … (I mean it man …!!):

Konser DP dirancang sejak Agustus 1975 (4 bulan sebelum hari H) melalui SURAT yang ditulis Deny Sabri alm. ke redaksi Aktuil di Bandung

Promotor BUENA VENTURA bersedia menanggapi

Persiapan konser melibatkan SEMUA STAFF AKTUIL …

Kericuhan kematian roadie DP masih belum tersingkap. Masih misteri …

Penonton DP untuk 2 malam konser: 80.000 orang!

Tiket dijual dengan beberapa kelas: Rp. 2.500, Rp. 5.000,-, Rp., 7.500,- dan Rp. 10.000,- Herannya, tiket termahal yang habis duluan. Banyak penonton dari Hong Kong

Indonesia merupakan negara kedua setelah Jepang yang BERANI mendatangkan SUPERGROUP DP tidak bermaksud mebawakan Soldier of Fortune – namun karena penonton tereak, Deny Sabri merayu management DP untuk membawakan secuil.dst..dst …

Kesimpulannya:

INTERVIEW dengan PAK ODANG ini SANGAT NUANSAMATIK dan gw merinding mbrebes mili mendengarnya. Cukup lama interview disiarkan ON AIR. Dahzyat!!!!!!

Konser DP di tahun 1975 di Jakarta merupakan konser TERBESAR dari segi jumlah penonton yang hadir dan merupakan TEROBOSAN dalam industri promoter musik di Indonesia.

JADUL rules …

Sayang .. gw gak bisa hadir karena tiket Rp. 2.500,- dan perjalanan kereta api Madiun – Jakarta gak bisa gw beli, alias miskin. Mau minta oru gak tega karena MAHAL BANGET … Tapi gw seneng sekarang bisa ketemu orang2 yang dulumenonton, termasuk Mamak ini.

Sekilas mengenai siaran tadi malem:

Inilah Mamak yang gandrung DP sejak lahir ceprot …

mamak-di-trijaya-2jun07.jpg

Buklet konser DP tahun 75 (punya Mamak):

buklet-tampak-depan-dp-in-jkt.jpg

boklet-dp-glenn-hughes.jpg

booklet-dp-aktuil.jpg

Buku referensi yang digunakan buat siaran DP tadi malem: (punya Mamak)

buku-referensi-dp.jpg

Setlist untuk acara ALL THAT 70s:

1. Listen To The Music (3:47) DOOBIE BROTHERS

2. Someone (4:01) GRAND FUNK RAILROAD

3. Walk This Way (3:40) AEROSMITH

4. Hazy Colours (6:31) TEA

5. Setan Tertawa (4:17) GOD BLESS

6. Savannah Woman (2:46) TOMMY BOLIN

7. Simple Man (7:00) CUBY + BLIZZARDS

8. Dream On (4:26) AEROSMITH

9. From Heaven From Hell (6:05) GOLDEN EARRING

Terima kasih buat:

  1. Mamak Gillan yang SEMANGAT menjadi narasumber dan membawa sekarung koleksi CD dan buku2 referensi Deep Purple
  2. Mas Aldi dan mas Arsal dari Trijaya FM – you guys rock!
  3. Stephen Kasenda – buat sharingnya mengenai AEROSMITH
  4. Pak Odang – buat sharingnya mengenai DEEP PURPLE live in Jakarta tahun 1975 dan rencana Aktuil bikin buku luks dalam waktu dekat. SEMOGA SUKSES, pak Odang!

Salam,

Gatot

31 Responses to “Trijaya FM : All That 70s & Deep Purple”

  1. Eric Martoyo Says:

    di sela=sela kesibukan di kantor, saya sempatin baca blog mas gatot ini… sabtu lalu saya gak dengerin trijaya karena sedang tidak berada di jkt… sebagai narsum deep purple, saya tahu oom mamak sangat berkompeten, soalnya dulu kita pernah ngulas deep purple bareng di radio… saya sudah liat film tentang sejarah majalah aktuil yang dibuat oleh mahasiswa IKJ dan disitu mas odang juga muncul memberi kesaksian…. singkatnya: TOP!

  2. alfie Says:

    Buat bang Mamak Gillan anda memang hebat bener tuh masih nyimpan kenangan lama saja!

  3. alfie Says:

    Those were the days my friend that we though it would never end!

    Deep Purple December 4&5, 1975 as if it had been yesterday pal!.

  4. Gatot Widayanto Says:

    Mamak itu memang wong edan pak Alfie …!!! makanya .. kita jadikan narasumber di siaran SATURDAY NIGHt ROCK minggu lalu.

    SATURDAY NIGHT ROCK Sabtu ini membahas THE DOORS pak .. sialakan tune in di FM 104.6 …

    Salam,
    G

  5. alfie Says:

    Saya kok kalau bicara Aktuil suka sesak nafas! karena ingin kembali lagi seperti masa itu masa dimana hidup itu begitu indah ,no pain, no sorrow, no heartache and no wife disturbance!

    Salam

  6. alfie Says:

    The Door saya suka tapi tidak terlalu banyak mengoleksinya seperti Yes, Genesis,King Crimson atau group group prog rock tahun 70’an. but anyhow
    for the sake of mynew friend pak Gatot ok lah saya stay tune di FM 104.6 nanti.

    Salam
    MH Alfie Syahrine

  7. Gatot Widayanto Says:

    Pak Alfie,

    Saya merasakan KEDAMAIAN yang sama dengan ANda mengenai majalah AKTUIL. Kita doakan semoga beberapa bulan lagi akan muncul buku tentang majalah AKTUIL ini pak. Jujur pak, saya RINDU sekali …

    Mengenai THE DOORS, saya juga tidak menguasai pak. Makanya nanti jadwalnya temen saya yang akan siaran. Tune in aja pak. saya juga kok ..

  8. alfie Says:

    pak Gatot aya ada cerita ni, tiga bulan yang lewat saya requested Yes di Radio Ramako tapi saya ditest ditanya ngalor ngidul ttg Yes tapi buntutnya saya diminta isi acara Rock Legend disana karena itu hobby saya ya saya terima saja walaupun he he he honornya pas pasan.. buat beli bensin.

  9. Gatot Widayanto Says:

    Pak Alfie,

    Hua ha ha ha … orang mau request malah disuruh siaran .. ha ha ha ha …

    Kalo gitu, yang mebahas STEVE HACKETT dulu juga pak Alfie ya? Saya memantau lho pak. Saya telpon beberapa kali tapi nomer yang diberikan kok gak ada yang ngangkat. AKhirnya saya SMS Irly. Eh, gak ditanggepin juga … ha ha ha .. kali saya dianggap competitor karena siaran di Trijaya .. ha ha ha ha ….
    Padahal rocker kan jiwanya bukan saingan to pak? Iya ndak? Lha itu … JOn Anderson aja pernah ngisi vokal di KING CRIMSON … Gak saingan kan??? ha ha ha ….

  10. alfie Says:

    Paka Gatot, orang orang Flower Generation seperti kita adalah orang yang Cinta damai low wong sejarahnya juga sama!
    Love yes, Not War!
    We are bothers ha ha ha h a

    ha ha ha ha saya aja baru tahu kalo pak gatot itu yang di Trijaya!
    Saya malah salut sam pak Gatot yang koleksinya bener bener gile (ngomong ngomng koleksi Yes live nya lengkap ga pak? , boleh pinjam dong)

    Salam

  11. alfie Says:

    Iya pak di Kitaro juga ada tapi yang saya sayangkan mengapa dia mesti perang dingin sama Chris Squire padahal kan kalau soal prinsif kan bisa diatur (Chris keukeuh banget sech) kalo bahasa jermannya sech “Istqomah” sama YES he he he

    Salam

  12. alfie Says:

    Yang saingan itu pak Gatot mau tahu? .. Isteri sayayang pertama dengan calon isteri saya yang kedua ha ha ha ha
    Salam

  13. Gatot Widayanto Says:

    Album LIVE Yes mungkin gak lengkap pak .. tapi ya ada beberapa pak. Boleh aja pak dipinjam, nanti kita kopdar yah pak …

    HAH? Rupanya ada yang mau saingan mendapatkan Pak Alwie .. ha ha ha ha ha ….

    Salam,
    G

  14. alfie Says:

    Pak Gatot yth,
    Masalahnya sekarang ini wanita 7 laki laki 1 jadi kelebihan stock pak! ya kita sech kan harus kasihan pada wanita daripada kebanyakan dari mereka jadi perawan tua ya sudah ta nikahi kalo dia mau… hitung hitung beramal he he he (ngomong gini kalo ketauan bini bisa direncong saya !)

    Salam

  15. Gatot Widayanto Says:

    Pak Alfie,

    Hua ha ha ha … boleh juga tuh filosofinya … ha ha ha ha …. Kelebihan stok ya pak ??

    Salam,
    G

  16. alfie Says:

    bukan stock pak , Penggemar …….ha ha ha ha

    Salam

  17. sondang Says:

    Mas Gatot,
    Jadi Nostalgin gw baca inih.. he..he..he..
    Koleksi Mak Gillan itu langka..bisa disumbang ke museum..
    Ok salam rock lah (tapi sekarang gak pake gele lagi..ho..ho tangkrp plisi) kwa ka..ka

  18. indrayana Says:

    Gue mau ceritera kenangan masa silam saat nonton ‘DEEP PURPLE DI STADION UTAMA SENAYAN’ Des 1975.
    Saat itu gue udah bekerja (jadi kuli), jadi sanggup beli tiket u/ 2 malam ber-turut2. Malam ke 1 beli yg harga Rp.7500 & malam ke 2 beli yg Rp. 5000,-.
    U/ perbandingan harga emas waktu itu sekitar Rp. 2000/gram …jadi memang mahal banget …dan gaji gue sekitar Rp. 14.000/bulan. Sori rada detil … sekedar mengangkat kenangan lama he…he…he….
    Koran2 saat itu beritanya sekitar pertempuran hebat ngrebut Timor Timur & kunjungan Presiden Amrik Gerald Ford ke Indonesia (kalo gak salah inget).
    Saat nonton DP, gw sangat terpesona dengan sound system-nya yg menggelegar jernih dan tata lampu-nya.
    Sebelumnya dipanggung disetel lagu macem2, antara lain lagunya ManFredMan ‘Spirit in The night’.
    Malam ke 1, pertunjukkan masih lancar, eh..malam kedua rusuh…Saat lagu ‘smoke on the water’ para penonton ng-bakar bangku2. Lho ini mau nonton apa mau anarki ?
    Selanjutnya majalah Aktuil kapok ng-datengin band & nulis “…..no more supergroup ! “.
    U/ Pak Alfie yg ikut nonton, bagi2 dong pengalaman nontonnya ….

  19. alfie_khc Says:

    Pak Indra kalo dengerin Rockaholic zone edisi 17 Agustus 2007 Deep Purple di Stadiun Utama itu dah kami bahas tuntas bersama Bp Odang dari Aktuil dan Mas Tommy Pratama dari Original Production dan pak Gatot juga ikut kasih komen … he he hehe.

    “Sky is red I don’t understand” teriak David Coverdale padahal Senayan memang lagi kebakar saat dia lagi nyanyi “Burn ” itu … ha ha haha

  20. Gatot Widayanto Says:

    Iya tuh .. Pak Alfie crita2 70annya keren abis dan nuansamatik pol! Ha ha ha ha …

    Salam,
    G

  21. alfie_khc Says:

    Ha ha ha ha… Pak Gatot bisa aj, lo wong saya sih cuma bisanya cerita jaman itu doang dan kalo cerita musik rock jaman sekarang saya yang belajar dari Bapak!.

    Pak Indra, hari minggu kemarin saya ngobrol ngobrol sama Odink Nasution dan.. Yanto Bigman Robinson … wah seru banget padahal kita cuma cerita nostalgia dulu yang ga lepas dari cerita th 70’an soal ; John Mayal School (TM), PL, Legos Oxo,Clique Fantastique, Bigman Robinson, Gipsy dll, seru bener dech.
    (Maaf Pak Gatot numpang sebentar )

  22. indrayana Says:

    Oktober 1988.
    Mick Jagger tampil di Stadion Utama Senayan Jkt siang menjelang sore hari, yg nge-gitar Joe Satriani & drummer-nya Simon Phillips (kalo ga salah)
    Saat itu saya beli tiket kelas kambing Rp. 25.000,-.
    Apakah pertunjukkanya lancar…..didalam stadion lancar tapi diluar stadion gilee banget……mobil2 banyak yg bonyok/hancur, rusuh ….. lha wong orang2 ga punya duit (tapi pengen nonton) pada ngamuk .
    Jadi ya…masalah klasik bangsa ini … kemiskinan & kebodohan.

  23. Tonny Says:

    HIya gator,
    Any chance to get a good quality copy/scan of thet DEc 1975 programme (fron & inside pages)?

    Thanks!

    Tonny

    p.s. still got the ticket???

    http://www.deep-purple-ticketmuseum.co.uk

  24. Gatot Widayanto Says:

    Hi Tonny!

    It’s good to know you. I believe my colleague Indra Kusuma (Mamak) still got the ticket.
    Thanks.

    Gatot

  25. julian ramadhan Says:

    boss, naekin meat loaf dong…albumnya ‘kan lumayan banyak…apalagi albumnya (bat out of hell) jadi salah satu album terlaris sepanjang masa

  26. rizalica Says:

    umur saya sdh 70th sya makin suka music grencore/trash metal…napalm death/sepultura…ak..h…h…h……..hik…….kkkkkkkkkk

  27. Gatot Widayanto Says:

    Tuooobbbzzzz!!! Makin bertambah usia makin metaaAAAALLLL!!!! hahahaha…

  28. Gatot Widayanto Says:

    Disundhul dulu postingan tahun 2007 ini … Nuansamatik … he he he

  29. cosmic_eargasm Says:

    Benar2 edhaaan! Mantap sekali sundulan postingan 7 tahun yg lalu ini mas GW. Waduh, ada TEA juga yg mengingatkan kaset sy dulu rekaman Lolita nih😦
    Tahun segitu sy sibuk apa ya kok sampai nggak tau blog super gemblunk ini..

    Ada Pak Alfie yg masih rajin bersilaturahmi disini. Lama jg Pak Alfie nggak muncul di blog kesayangan kita ini. Tulisan2 beliau sangat mantap, dahsyat dan runut sekali tentang band2 Indonesia djadoel. (Thanks dan salut buat Pak Alfie). Mas2 yg dulu komen disini skrng pada kemana ya mas? DP live di Jakarta yg paling berkesan saat mendiang Jon Lord membawakan lagu ‘Indonesia Raya’ dgn hammond nya. Walaupun sy nonton via vcd, namun bs sangat merinding sekali. Thanks mas GW sdh menyundul postingan lama yg sangat dahsyat sekali ini dan sy blm sempat membacanya. Kalo ada postingan lain yg nuansamatique tolong disundul lg ya mas🙂
    BTW, mas Mamak itu apa betul member IPS mas?

    Jd pingin play TEA nih, biasanya langsung saya sambung dgn INDIAN SUMMER ‘God is the Dog’yg teramat sangat istimewa dgn ‘Hammond Sound’ nya, disambung dgn EMERGENCY ‘Early in the Morning’ yg nuansamatique sekali lalu ATLANTIS ‘Maybe its Useless’ yg juga sangat nuansamatique, apalagi ditambah dgn tarikan vokal Inga Rumpf yg sexy hmmm… terus ditutup dgn ‘Tears’ nya MIKE HARRISON, sungguh merupakan perpaduan yg amat pas sekali ’til ngguweblak!!! Coba deh kalo nggak percaya🙂 Nanti kalo ada waktu santai, sy sempatkan nyusun playlist lg nih. “The Sound of Super Seventies” memang selalu menarik menurut sy.

    ::: Long Life Seventies! :::

    “Powerful Secret are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic suka TEA juga ya?

      Wah edan itu band ….bener2 penuh kenangan masa muda (baca: remaja) saya itu mas … Lagu Hazy Color itu mewarnai masa remaja saya melalui siaran di radiao Dji Samsoe.

      benar mas …kasetnya Lolita. Saya dapet pinjamannya dari Ali Gunawan saat itu sekitar awal 2000an.

      Temen2 yang dulu suka komen masih sering SMS saya tapi jarang nggemblung mas … ha ha ha …wis insyaf …

Leave a Reply

