Music for The Uncommon Man Vol. 1

Hippienov

italian prog

Kompilasi ini boleh jadi kompilasi paling unik yang aku punya karena lagunya berbahasa bukan Inggris melainkan Italia yang sama sekali aku gak mengerti. Jadi kalo lagi mendengarkan cd ini ya cuma bisa menikmati musiknya saja tanpa mampu mengerti apa pesan yang ada dalam lagunya. Paling aku ngawur menerka-nerka kalo musiknya agak pelan/mellow berarti isinya lagunya tentang suatu kesedihan dan sebaliknya. Dasar gemblung, hahaha…

“Music For The Uncommon Man” adalah istilah yang aku pakai untuk kata lain “prog-rock” dan idenya aku ambil dari lagu E.L.P “fanfare for the uncommon man”, nyambung gak ya? Embuh lah… Sing penting judule keren dan kayaknya ada unsur nge-prog nya.
Kompilasi ini adalah koleksi lagu dari band-band prog Italia dan sebenarnya sudah aku buat jauh hari di masa “heyday” karirku nearly 10 years ago. Karena unik dan cuma satu-satunya yang aku punya maka aku re-packing lagi dengan banderol baru. Berikut songlist nya:

1. Cella / Il Rovescio Della Medaglia.
2. Villa Doria Pamphili / Quella Vecchia Locanda.
3. Dietro Una Porta Di Carta / Semiramis.
4. L’isola Di Nienta / P.F.M.
5. Peccato D’orgoglio / Alphataurus.
6. Cento Mani E Conto Occhi / Banco del Mutuo Soccorso.
7. Confessione / Biglietto Per L’inferno
8. Terzo Tempo / campo Di Marte.
9. Principe Di Giorno / Celeste.
10. Scinsione / Cervello.
11.Gente In Amore / Il Volo.
12. Specchio / Jumbo.
13. L’equilibrio / Le Orme.
14. Una Delcezza Nuova / Le Orme.
15. Forse Le Lucciole Non Si Amano Piu / Locanda Delle Fate.
16. Spacciatore Di Droga / Metamorfosi.
17. Superuomo / Museo Rosenbach.
18. Cadenza / New Trolls.
19. Lo Spettro Dellagonia Sul campo / Nuovo Era.
20. Oro Caldo / Osanna.
21. Per Un Amico / P.F.M.
22. Dopo Niente E’piulos / Quella Vecchia Locanda.
23. Primo Incontro / Il Balletto di Bronco.

Duh ampun nulis judulnya aja angele pool…
Total 3 cd terpakai untuk menampung semua lagu diatas, dan sebenarnya ada sekumpulan lagu prog Italia lainnya yang tersebar di beberapa kompilasi yang lain. Aku punya keinginan untuk menampung semua lagu-lagu prog Italia ke dalam 1 cd setelah sebelumnya di-konversi ke file mp3.

Kiranya tulisan sederhana ini cukup berkenan dan selalu matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan serta untuk rekan-rekan gemblungers yang sudah sudi mampir membaca tulisan gemblungku ini.

Fill your days with prog…
hippienov

16 Responses to “Music for The Uncommon Man Vol. 1”

  1. hippienov Says:

    Matursuwun Mas G, secepat kilat tulisan gemblungkunsudah muncul di blog yahud ini. Semoga berkenan dan bisa ikut meramaikan. Suwun sanget

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Hippie, top tenan kompilasinya! Italian prog memang beda …sampai genre nya aja khusus: Rock Progressivo Italiano …

      Top dah!

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Untuk kompilasi yg satu ini…saya lempar handuk…ha ha ha.Masalahe adik njenengan ini,kalo yg dari Italia hanya kenal musik klasiknya itu.Sepuntene njih(mohon maaf),tapi tulisan njenengan ini juga bermanfaat sekali.Saya jadi tahu band-band prog Italia.Komposisi yg menarik mas Hippie.

    Saya mohon guru kulo(saya)tercinta,mas Gatot…sudilah kiranya memberikan pencerahan untuk band-band prog dari Italia…….

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Kukuh coba simak Museo Rosenbach. Keren. Ini saya copas review saya:

      Review by Gatot
      SPECIAL COLLABORATOR Honorary Collaborator
      4 stars Well I only knew this what supposed to be a legendary band couple of months ago and it really BLEW me away the first time I listened to it. No wonder this album has been one of important albums on this site. I can see how bold the music of Museo Rosenbach. It’s maybe too personal to me as I always like the kind of Italian progressive music as you might have seen all the positive reviews that I have written on Italian prog bands.
      One of the reasons I like this album is its strong melody that sounds so particular Italian — even though I know very little the local culture. Combined with the local language it sends great piece of music — something that really stirs my emotion as I listen to the album from the opening track right through to the end. There is a very big component of symphonic music throughout the album with excellent performance when the musicians deliver their performance. There are great combination of musical silences with symphonic music. It sometimes change dramatically into faster tempo music like I can experience on the second track where the music blasts off suddenly into faster tempo. It’s really nice.

      I would not comment on track by track basis as there have been so many reviews — good ones — about this excellent album. Some of music lovers consider this as classic and legendary. For me, I am happy having been associated with this site so that I finally know this wonderful album that is an excellent addition of the progressive music collection. Keep on proggin’ …!

      Peace on earth and mercy mild – GW

      Coba aja Youtube nya full album: Kalau gak nangis, Anda tak layak menggandeng Anita Sarawak maupun Agnes Monica …!

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Gatot guru kulo

        Matur suwon sanget njih(terima kasih)sudah berkenan memberikan pencerahan music prog Italia…..musiknya ampuh sekali.
        Oh njih,beberapa waktu lalu saya mengunjungi progarchives.Saya mengamati secara teliti karya-karya njenengan disitu(selama ini saya mengamatinya secara sekilas-sekilas).Terharu sekali mas kulo mirsani(melihat)karya-karya njenengan itu.
        Terbersit pemikiran didalam hati saya.Njenengan dengan kesibukkan yg amat padat masih bisa menghasilkan ratusan karya yg bermanfaat bagi sesama.Lantas saya bandingkan dengan diri saya ini.Saya ini masih kelas amatir,usia njih masih tergolong muda,kok ndak bisa seproduktif dan semaksimal njenengan.Jadi malu mas, saya ini……
        Semoga dengan pencerahan yg saya dapat dari karya-karya njenengan itu,dapat membuat diri saya lebih baik lagi mas……..

      • Gatot Widayanto Says:

        HALAH mas Kukuh ….. Mboten sae ngendikan mekaten (tidak baik bicara begitu …). Saya sendiri menulis kan karena panggilan jiwa dan sekaligus berfungsi dua hal:

        1.) Agar hidup ini semangat, karena menulis sesuatu yang kita suka itu suatu hari akan menghibur kita, dan saya percaya ini karena terbukti sudah. Sebagian besar yang saya tulis adalah musik yang saya suka meski kadang juga tidak sih mas …

        2.) Sebagai sarana latihan bagi saya dalam menulis laporan karena pekerjaan saya kan Konsultan to mas. Lha kalau Konsultan ora iso nulis, yo ora payu to mas. Makanya saya suka mengimbangi dengan menulis review ya karena supaya semakin terasah cara nulisnya. Cita-cita saya besar tapi ndhobozi tenan mas: “Ingin merubah dunia melalui tulisan”. Ya kalau gak bisa dunia, ya paling tidak ya diri sendiri begitulah mas … Rak ndhobozi tenan to aku???

        Ha ha ha ha ha ….

        Ayo mas … makanya mulailah banyak menulis mas .. Apa saja yang Anda bisa tulis, maka tulislah ….

        JRENG!

      • kukuh tawanggono Says:

        Matur suwon sanget(terima kasih) njih mas Gatot,sampun kerso maringi wejangan dumateng kawulo maleh(sudah berkenan memberi wejangan lagi).

  3. hippienov Says:

    Hahaha… Mas Kukuh iso wae… Musik prog Italia sepertinya penggabungan antara musik rock plus folk music mereka (Italia) dengan unsur lain yang umum ada dalam musik progrock. Seperti mendengarkan musik klasik tapi tanpa serombongan besar orkestra dan ditambah alunan organ/hammond/synth. Asik mas mendengarkannya. Paling mudah untuk dapet gambaran seperti apa Italian prog adalah dengan mendengarkan album (awal) P.F.M. Suwun mas…

  4. hippienov Says:

    Matursuwun Mas G untuk apresiasinya. Aku juga suka Italian prog, ada yang unik dari musik prog mereka (selain dari bahasanya). Awal aku kenal dengan sub-genre prog ini berawal dari lagu P.F.M “from under” yang aku dengar di M97 FM. Dulu belum kenal “amazon.com” jadi aku khusus minta dicarikan cd album P.F.M “chocolate kings” lewat kenalanku. Dari situ aku mulai donlod mp3 Italian prog dari progarchives .com sampai bisa bikin kompilasi ini. Sayangnya gak banyak album-album prog Italia yang dijual di toko musik lokal, sudah nyarinya mas.

  5. andria Says:

    pak hippie sepertinya saya baru kuat ndengerin yg sealiran dgn Rhapsody of Fire atau Labyrinth, yg di daftar itu masih terlalu berat :D

  6. Budi Putra Says:

    Wah, yg ini bener2 gawat…Italian Prog. Sy cm tau PFM aja…mantabs jaya mas Hippie!

  7. yuddi Says:

    ada juga grup Quella Vecchia Locanda, sy suka permainan biolanya. Pemain biolanya adalah org amerika yg ikut org tuanya tugas di itali.QVL cuma terbit 2 album + 1 album Live.

  8. hippienov Says:

    Mas Andria, aku malah belum pernah denger Labyrinth ^_^ Kalo Rhapsody of Fire itu apa band yang sama dengan band metal Rhapsody?
    Tapi mas sebenarnya lagu-lagu yang ada di kompilasi ini gak terlampau berat kok, sebagian hampir sama dengan Genesis, Gentle Giant, E.L.P, Yes dan yang lainnya. Cuma bahasanya aja yang kriting gak mudheng, hehehe…

  9. hippienov Says:

    Pagi Mas Budi, aku juga dulu berawal dari PFM mas, terus coba-coba nyari yang lain dan kompilasi ini hasilnya. Sedikit sekali album prog Italia yang aku punya, kalo gak salah hanya 3 band saja: PFM, Banco dan Goblin.

  10. hippienov Says:

    Mas Yuddi sepertinya banyak informasi tentang band prog Italia, asik bisa belajar banyak nih dari njenengan ^_^

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 142 other followers

