Roar From The Past

Hippienov

 

Kompilasi ini sebenarnya sekedar kumpulan lagu-lagu heavy metal era 80an (mungkin ada juga yang dari 70an) yang kebetulan aku pernah dengar atau yang aku suka, namun yang membedakannya dari kompilasi-kompilasi lain yang pernah aku buat adalah kompilasi ini dibuat dengan sentuhan artistik yang jauh lebih apik ala kompilasi resmi label rekaman lisensi serta lebih baik dari segi kualitas rekamannya.

Alkisah pada suatu waktu aku benar-benar rindu dengan musik heavy metal yang aku dengarkan semasa SMP-SMA dan seperti biasa timbul ide untuk membuat kompilasi lagu-lagu heavy metal yang mewakili masa-masa ABG ku itu. Namun ternyata prosesnya gak mudah karena terkendala minimnya file mp3 yang aku punya. Pikir punya pikir iseng-iseng aku sampaikan ide “liar nan gemblung” ku ini pada comrades di Metal Bleeding Corp Medan yang ternyata disambut dengan tangan terbuka dan mereka menyanggupi untuk handle proses “recording” sekaligus design packaging nya, sedangkan aku bertugas mem
buat list lagu apa saja yang hendak dipilih. Walaupun pada akhirnya kompilasi ini hanya sekedar “private collection and not for puiblic release” tapi proses pengerjaannya sudah seperti akan membuat kompilasi resmi berlabel rekaman besar, hehehe…

Akhirnya kompilasi ini terbagi ke dalam 2 volume, proses pemilihan judulnya pun merupakan hasil rembukan “jarak jauh depok-medan” berdemokrasi antara aku dengan team Metal Bleeding Corp. yang final title nya adalah “ROAR FROM THE PAST” yang terbagi jadi 1st edition dan 2nd edition. Berikut adalah songlist nya:

ROAR FROM THE PAST, 1st Edition.
1. Saxon / Waiting for the night.
2. Ratt / Drive me crazy.
3. Cinderella / Shake me.
4. Loudness / Let it go.
5. Nazareth / Hit the fan.
6. Quiet riot / The wild and the young.
7. W.A.S.P / I wanna be somebody.
8. UDO / Go back to hell.
9. Manowar / Blow your speakers.
10. AC/DC / Who mad who.
11. Deep Purple / Mad dog.
12. Warlock / Sign of satan.
13. Motley Crue / Shout at the devil.
14. Alice Cooper / Teenage frankenstein.
15. Judas Priest / Locked in.
16. Iron Maiden / Waster years.
17. Krokus / Burning up the night.
18. Ozzy Osbourne / Goodbye to romance.

ROAR FROM THE PAST, 2nd Edition.
1. Ozzy Osbourne / Over the mountain.
2. Diamond Head / Am I evil?
3. Def Leppard / Overture.
4. Motley Crue / Looks that kill.
5. Poison / Talk dirty to me.
6. Slayer / Hell awaits.
7. Iron Maiden / Caught somewhere in time.
8. Accept / Fast as a shark.
9. Twisted Sister / Under the blade
10. Ozzy Osbourne / Mr. Crowley.
11. Diamond Head / Helpless.
12. Anthrax / Metal thrashing mad.
13. Stryper / To hell with the devil.
14. Motorhead / Ace of spades.
15. Riot / Thundersteel.

Matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan dan untuk rekan-rekan yang sudah mampir membaca tulisan gemblung ini, muchas gracias..
Mohon dimaafkan untuk kekurangan yang ada.

The Wild & The Young…
hippienov

24 Responses to “Roar From The Past”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Ternyata ini njih,yg njenengan ceritakan beberapa waktu yg lalu.Kompilasi yg amat menarik.Akan tetapi yg 2nd Edition mampu membuat saya terpaku disini.Terutama untuk Diamond Head-Am I Evil?,Slayer-Hell Awaits,Motorhead-Ace Of Spades.Nomor-nomor inilah yg berhasil meracuni saya dan akhirnya tenggelam dalam pekatnya dunia underground.Sebuah proses didlm kehidupan saya ketika ombak begitu tinggi sementara diri ini masih menganggap dunia hanya sekedar hitam dan putih.
    Matur suwon sanget njih(terima kasih)mas Hippie,tulisan ini bener-bener mampu mengantar saya untuk mengingat salah satu kenangan yg amat membekas didalam hati ini.

  2. andria Says:

    saya sering heran Nazareth kok di sini cuma dikenal dgn lagu Love Hurt

  3. Budi Putra Says:

    Cerdas dan berkualitas…kompilasi yg mengingatkan sy pd kaset heavy era 80an. Krokus band yg paling sy gemari saat itu selain nmnya yg unik dan aneh.

  4. andria Says:

    pak Budi sempat mbaca artikel Krokus di majalah Hai juga?

  5. hippienov Says:

    Matursuwun Mas G tulisanku sudah muncul di blog gemblung ini tapi maaf sejak kemarin aku berusaha MMS covernya ke Mas G tapi selalu gagal. Sampai pagi inipun masih gagal, jangan-jangan ada trouble dengan hape jadulku nih…

    • Gatot Widayanto Says:

      Sama2 mas Hippie …

      Dari sekian banyak lagu yang saya kenal hanya Mr Crowley dan Goodbye To Romance nya Ozzy aja …. he he he ….

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha…amit sewu,sepuntene ingkang kathah(permisi,mohon maaf)mas Gatot,komentar njenengan membuat saya tertawa ngakak…….
        Ciri khas begawan progresif sejati ………ha ha ha

        Sepuntene ingkang kathah(mohon maaf)apabila ada kata-kata saya yg tidak berkenan

      • Gatot Widayanto Says:

        Saya dulu juga tak kenal solo nya Ozzy sampe suatu ketika beli loudspeaker merek KEF di Glodok Plaza si engkoh njajal speakernya pake kaset Ozzy album The Ultimate Sin. Wah … saya suka tuh Shot In The Dark.

        Trus beberapa puluh tahun kemudian saat kerja di perusahaan konsultan Pricewaterhouse, seorang konsultan muda bernama Henriko ( saya sebut nama lengkap dan bukan pake initial Tuan “H”) memperkenalkan album Tribute to Randy Roads yang ada lagu Mr. Crowley dengan guitar solo nan nunjek uku ati ….sampe saya beli CD nya …

        Begitu lah ceritanya, Tuan “K” ….he he he …..

      • andria Says:

        kl saya yg blm pernah dengar :
        1. Saxon / Waiting for the night.
        2. Ratt / Drive me crazy.
        5. Nazareth / Hit the fan.
        12. Warlock / Sign of satan.

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha…pagi-pagi mas Gatot sudah menyentil muridnya yg bandel,ndak pernah manut titahe gurunya,akan tetapi ketika mau terjatuh…selalu terselamatkan berkat wejangan-wejangan guru tercintanya.
        Mas Gatot budi baik njenengan ndak akan pernah saya lupakan,semoga njenengan beserta keluarga tansah kinayungan rahayunipun gusti Allah SWT(selalu mendapat rahmat-Nya gusti Allah SWT).

        Sugeng nglampahi jejibahan(selamat menjalankan tugas)

  6. hippienov Says:

    Mas Budi, njenengan tepat sekali. Kompilasi ini dipicu oleh kaset kompilasi “the best of heavy metal” rilisan Aquarius yang dulu aku sempat punya volume 3 dan 4 nya. Sebagian lagu-lagu terutama di 1st edition adalah lagu-lagu yang muncul di vol. 3 & 4 kompilasi heavy metal tersbut mas.

  7. hippienov Says:

    Alo Ma Andria, Nazareth di lagu “hit the fan” (album “cinema”) terpengaruh sekali dengan heavy metal. Lagu ini asik, riff dan melody nya simple tapi catchy banget. Aku suka sekali dari pertama kali denger di kaset kompilasi best of heavy metal nya aquarius.
    aku juga pertama kenal Nazareth lewat “love hurts” padahal itu lagu cover dari versi asli The Everly Brothers.

  8. hippienov Says:

    Mas Kukuh, matursuwun apresiasinya. Aku juga suka Diamond Head mas, walau mungkin versi Metallica lebih thrash tapi versi aslinya gak kalah sangar. Kalo Slayer “hell awaits” dan lagu-lagu Slayer lainnya dulu di antara teman-temanku metalhead (jaman SMA) hukumnya wajib, jadi diantara kami belum afdol kalo belum pernah denger Slayer. Jadi kangen sama Slayer “show no mercy” nih mas…

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Hippie,ini saya sedang meluncur ke gudang Batu sambil ditemani Motorhead”Overkill”dan Slayer”Reign In Blood”(gara-gara provokasi njenengan lewat kompilasi ini.Ketika saya mendengar Slayer jadi sedih hati ini rasanya.Mengingat cobaan-demi cobaan yg terus mendera band ini(semoga mereka selalu diberi kekuatan menghadapi gelombang badai yg deras menghantam).

      Sugeng ngelampahi jejibahan(selamat menjalankan tugas)

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Hippie njenengan cerita ini,saya jadi semakin sedih.Takutnya kejadian di Sepultura(ketika Max Cavalera hengkang) akan menimpa Slayer.
      Sulit mas Hippie njih,mencari band yg mempunyai dedikasi terhadap genre Metal seperti Slayer.Bagi saya dalam urusan dedikasi Napalm Death adalah lawan yg sepadan bagi band ini.

  9. hippienov Says:

    Wah hati-hati mas nyetir sambil dengerke Slayer & Motorhead bisa menyebabkan njenengan jadi agresif di jalan, hehehe… Menurutku lebih baik Slayer bubar saja karena pastinya sulit mencari padanan lead guitarist buat Kerry King, setelah sejak awal selalu bersama Jeff Hanneman gak akan mudah menemukan yang mirip skill dan teknik permainannya.
    Selamat menjalankan tugas mas…

  10. hippienov Says:

    Mas G, memang lagu-lagu di kompilasi ini kebanyakan dari band hair metal 80an, sebagian lagi dari heavy metal dan thrash. Beberapa diantaranya malah kurang terkenal disini, jadi sangat manusiawi kalo ada nama band yang belum kita tahu sebelumnya.

  11. hippienov Says:

    Mas Andria,
    Waiting for the night dari album Saxon “rock the nations” tahun 1986. Lagu ini sangat bernuansa “komersil”, mungkin tadinya dimaksudkan buat bisa menembus top airplay.

    Drive me crazy dari album Ratt “dancing undercover” tahun 1985. Di album ini Ratt mencoba untuk menghilangkan cap band metal cinta dan hair metal dengan mencoba bermain lebih kasar dan keras/heavy.

    Hit the fan dari album Nazareth “cinema” di tahun 1986. Nazareth sepertinya terpengaruh musik heavy metal di album ini karena hampir semua lagunya bernuansa heavy metal, walau sebenarnya aku lebih prefer msuik Nazareth era 70an.

    Sign of satan adalah lagu dari debut album Warlock “burning the witches” tahun 1981/1982. Musiknya bikin aku inget dengan tipikal musik Iron Maiden/Venom di awal karir mereka. Musik Warlock di album ini terasa rough. Aku suka dengan tipikal vokalis mereka Doro.

  12. hippienov Says:

    Mas Kukuh, Slayer memang terbilang setia dengan thrash metal yang mereka usung dari awal karirnya, walau sempet memasukkan unsur “groove” di tengah-tengah karir mereka.
    Napalm Death mungkin belakangan banyak main death metal, bener gak mas? Yang paling gila adalah masa-masa “scum” dan “from enslavement to obliteration”, musiknya mungkin cuma mereka sendiri yang bisa mainkan. Mulai di album “harmony corruption” musik ND lebih tertata rapi, gak sesinting 2 album sebelumnya.

    • kukuh tawanggono Says:

      Leres sanget(bener sekali)mas Hippie…bahkan di album “Harmony Corruption”itu adalah album ketika pertama kali mereka memasukkan unsur-unsur Death Metal didalam komposisi-komposisinya(ini kalo menurut pendapat saya njih).

  13. hippienov Says:

    Mas Kuku seniorku sing baik hati, njenengan tepat sekali ND di harmony corruption mulai memasukkan unsur death metal. Makanya aku agak sedikit “kaget” karena yang terbayang di benakku saat beli kasetnya adalah musiknya akan seperti 2 album perdana ND. Meski lebih tertata rapi musiknya di album harmony, tapi aku lebih suka musik ND yang apa adanya, liar, kasar seperti di “scum” dan “from enslavement”. Bagaimana menurut njenengan?

    • kukuh tawanggono Says:

      Memang njih mas, bagi penikmat karya-karya Napalm Death generasi album-album awal…”Harmony Corruption”terdengar kurang sadis kalo dibandingkan dengan album-album awal mereka.Dan saya amat memahami sekali hal ini…menurut saya kok njih biasa sekali terjadi pada fans-fans grup musik manapun.Sayapun njih sama dengan njenengan,amat kecewa sekali.
      Akan tetapi kita njih harus coba memahami.Penggarapan sebuah album,itu adalah perwujudan emosi seorang musisi terhadap kejadian apapun yg dialaminya/pemikiran apapun yg muncul.Misalkan ada seorang musisi lagi jatuh cinta(apesnya dia ini musisi dari genre underground),maka secara tidak langsung akan terasa sekali nantinya pada saat dia mengerjakan materi dari sebuah album.Kalo ndak sound alat musik yg dia pegang lebih halus,ya lirik-lirik lagunya njih jadi lebih humanis.
      Sebuah album itu njih perwujudan persepsi seorang musisi ketika dia mendengar/menikmati karya-karya musisi lain.Lantas persepsi tersebut dia bawa dalam karya-karyanya dengan harapan agar karya-karyanya lebih kaya dan bervariasi.Contohnya ada musisi dari genre Death Metal,terus dia sedang menggarap album.Selama dia menggarap album itu lha kok dia jatuh cinta sama musik prog.Akhirnya dia memasukkan unsur-unsur prog pada karyanya.
      Ada juga dikarenakan ada anggota baru yg menggantikan anggota lama yg keluar dari sebuah band,pasti sedikit banyak membawa perubahan pada sebuah album.Contoh mudahnya njih itu mas,Godbless “Raksasa”

      Sepuntene ingkang kathah(mohon maaf)njih mas apabila komentarnya terlalu panjang dan bila ada kata-kata yg kurang berkenan.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 144 other followers

