Kaset Queen “Live”

Andria Sonhedi

saya jadi penggemar queen mulai tahun 1985, tentu saja mulai saat itu saya mengumpulkan kaset2, poster atau majalah yang mengandung berita ttg Queen. berbeda dgn mas Danang yang benar2 menjadi penggemar berat queen, saya termasuk yang taraf sedang. saya hanya beli satu album satu aja & tidak fanatik satu perekam, yg penting gambar covernya bagus & besar. Queen juga mengeluarkan versi Live, live Killer adalah satu-satunya kaset live queen yg resmi di masa kaset bajakan resmi dulu. tapi tentu saja perekam Indonesia yang terkenal baik hati dan banyak akal selalu memanjakan para fans Queen indonesia dgn menerbitkan kaset2 live Queen yang direkam dari video konser. untuk para fans mtu suara adalah nomor 2, yang penting bisa tahu gimana kl Queen tampil dihadapan para penonton tanpa ada penghalang (wl audionya doang). setahu saya ada 5 kaset yang benar2 diambil dari 1 konser (bukan kompilasi). soalnya saya juga punya Cd Queen Live Europe 1975 -1985 yang isinya kompilasi live.

1. Queen – We will Rock You (Scorpio) dulunya saya kira ini adalah split kaset (jaman dulu sering & 100% kreatifitas perekam) Queen dgn Scorpions tapi ternyata bukan. Scorpio adalah perusahaan rekaman yg khusus live yg diambil dari video. konser ini dalamh rangka promosi album The Game (mungkin 1981-1982) sepanjang 1 jam, DVD-nya sekarang ada juga wl lagunya tak mirip yg di kaset itu. setahu saya live yg ini tak ada perusahaan selain Scorpio yg merekam.

2. Queen – live in Rio (Billboard) konser ini dalam rangka promosi album the Works di Brazilia. karena durasi live yang panjang maka Billboard menggunakan kaset C-90 untuk merekamnya. kotak kasetnya dibungkus lagi dengan karton yang gambarnya sama dgn cover kasetnya.

3. Queen Reigns the World ini sama dgn kaset yang dipunyai pak Apec, dan mmg hanya Billboard yang mengeluarkan setelah album a Kind of Magic keluar. di album ini Queen menambahkan 3 lagu cover version: You’re so Square, Helo Maerry Lou, & Tutti Frutti.

image

image

image

4. Queen – live Magic ada beberapa perekam yang merekam live ini dgn cover yang sama. saya tak tahu mengapa dulu pilih Aquarius, yg berdurasi 60 menit saja, bukan c-90 seperti biasanya. kl kita bandingkan dengan 2 kaset live sejaman ada beberapa lagu standar Queen yang dihilangkan, entah sengaja atau tidak.

5.Queen – live in Budapest live ini direkam di Nepst Stadium, Budapest, Hungaria pada 27 Juli 1986 seperti tertera di belakang kaset. urutan lagu yang dibawakan Queen utk tour a Kind of Magic sudah standar, diawali dengan one vision dan diakhiri dengan We are the Champion/God Save the Queen. di kaset ini urutan lagunya dibolak-balik seenaknya oleh perekam, mungkin biar tampak bervariasi. Ada lagu rakyat Hungaria yang dibawakan Queen, Tavasziszel, yang melibatkan penonton utk ikut serta menyanyi

menurut majalah Hai kala itu kaset Queen Tour 1982 rekaman Billboard bukan live yang sesungguhnya & hanya kreatifitas perusahaan rekaman, makanya tak saya beli. ada juga Queen Live dari perekam AM Audio tapi ternyata hanya live Killers yg urutan lagunya diacak. . kelima kaset live ini saya benar2 beli di jaman kaset non royalty. kaset2 ini agak jarang tampak di lapak penjual seken baik setelah awal era kaset royalty maupun saat-saat ini

–evil has no boundaries

About these ads

7 Responses to “Kaset Queen “Live””

  1. danangsuryono2112 Says:

    mantab kaset Queen Live nya mas Andria, harta karun yang berharga.
    Dulu jaman susah mendapatkan video konser Queen, mendengarkan kaset Live sambil merem sungguh membawa imajinasi akan suasanya konser itu. Live Killers merupakan rekaman album live Queen yang pertama, (Dirilis pada 22 Juni 1979, dan direkam selama tur promo album Jazz di Eropa antara Januari dan Maret 1979). setelah mereka merencanakan merilis album live sejak November 1974 (Rainbow Theater) hingga Juni 1977 (Earl’s Court Arena) namun selalu tertunda..
    Mas Andra, rekaman resmi konser Queen (era Freddie Mercury) bukan hanya Live Killers, ada Live at Wembley dan Live Magic yang keduanya dicomot dari konser terakhir Queen di tahun 1986 sebelum Freddie meninggal.

    We Will Rock You, Live in Rio dan Live in Budapest aslinya merupakan rekaman Video yang dengan kreativitas perekam Indonesia muncul dalam format kaset. Namun Live in Rio dan Live in Budapest akhirnya juga muncul juga dalam format CD Audio. Untuk Live in Budapest muncul dalam judul baru “Hungarian Rhapsody” di bundling dalam format Blu-Ray dan 2 CD Audio.

  2. khalil logomotif Says:

    Mas Andria, swaktu saya sma, saya suka banget queen, terlebih yg album album awal. Yg paling mlekat diingatan saya, dulu setiap kali ngikutin plajaran, saya menyibukkan diri (daripada bengong dan cengok) dgn bikin gambar dihalaman belakang buku catetan, gambarnya gambar predi merkuri yg sedang pegang maik. Kurang lebih sprti yg dikaver kaset billboard yg live in rio foto diatas.

  3. andria Says:

    @mas danang: 5 itu live queen yg tak resmi di masa kaset bajakan kok mas :) setelah Freddie meninggal baru kaset2 live resmi bermunculan.

    @mas khalil: pas SMP kelas III saya ikut mata pelajaran pilihan home industry, salah satunya ada ttg nyablon. saya mbuat juga desain stiker freddie mercury (dari poster majalah Hai) pakai kertas kalkir utk menyaingi mereka yg mbuat desain the Beatles.

    • danangsuryono2112 Says:

      ya iyalah semua itu kaset bajakan mas Andria, orang itu masih jaman pra lisensi. Maksudnya Live Magic dan Live Killers master bajakannya memang dari rekaman Audio official, sedangkan We Will Rock You, Rio dan Budapest masternya dari rekaman video.

  4. andria Says:

    @mas danang: setelah saya lihat di internet live Magic ternyata mmg yang resmi sdh ada di tahun 1986 & urutannya sma dgn kaset saya itu. muhun maap :) cuma kaset resminya versi royalty kok nggak pernah saya lihat ya?

  5. Apec Says:

    Mas andria,saya ngiler melihat kaset live Quenn versi scorpionya..jarang terlihat kuwi

  6. cosmic_eargasm Says:

    Mas Andria, memang utk Queen Live, kasetnya begitu bnyk pada jaman normal dan seakan-akan semua label berlomba-lomba merilisnya dan beberapa menggunakan pita C-90 buat ngiming2i calon pembeli. Kalo album2 studio Queen seingat sy dulu ada 8 di Team RockLine, kalo Billboard Platinum sy nggak paham sampai berapa, karena dulu cuma punya bbrp saja. Diantara kaset di atas, yg msh sy simpan yg “Live in Rio” saja. Kalo “Live Killer” sy msh nyimpan dobel vinylnya. Dan pasti semua menyimpan memori yg indah apapun tentang Queen ini selain lagu2nya yg asyik jg pengalaman non-musikal seperti yg pernah dilakukan oleh mas Andria dan mas Khalil tsb :-)

    Nah spesialis Queen sdh memberikan komennya. Thanks mas DananG.

    ::: We Will Rock You! :::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 144 other followers

%d bloggers like this: