Mbuletnya Musik Yes

Wahyu Triantono

Memang benar apa yang dikatakan Pak Gatot bagi yang ngefans Genesis belum tentu suka Yes karena musiknya terlalu mbulet meski sama2 aliran  prog..hal ini juga saya alami..Yes sebenarnya sudah saya kenal waktu masih SD ketika kakak sepupu saya Mas Yoyok (beliau ini wong madiun sekota dengan Pak Gatot dan kata beliau kakak kelas Pak Gatot waktu SMA) kuliah di Brawijaya Malang, hampir tiap hari muter kaset Yes keluaran Yess, waktu itu saya sempat ngilokno kakak saya “iku musik opo kok mbulet ae..” Ketika smp kenal Genesis saya langsung ngefans berat sama Genesis..suatu saat ketika kelas 2 SMA saya iseng2 nyetel Yes dan yang saya denger pertama kali lagu roundabout mungkin karena musiknya enteng saya mulai suka..karena penasaran akhirnya seluruh kaset Yes keluaran Yess milik mas yoyok saya dengerin..memang benar2 mbulet musiknya tapi asik karena personilnya memang luar biasa dalam meng arasemen lagu..sejak itu group2 musik yang beraliran prog saya anggap enteng karena saya sudah bisa meresapi lagu2 Yes yang notabene benar2 berat..dan satu lagi yang saya kagum arek2 madiun taun 70 an pilihan lagunya memang berkelas..contohnya ya Pak Gatot dan kakak sepupu saya itu..sampai sekarang kalo ketemu Mas Yoyok langsung diskusi musik hehe..satu lagi yang saya kagum sama beliau ini majalah Aktuilnya..kata beliau majalah itu harta yang tak ternilai harganya..salut wis karo arek2 madiun..

17 Responses to “Mbuletnya Musik Yes”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Wahyu,
    Salam buat mas Yoyok ya … angkatan piro? aku 79 mas. Salam yo!

    Ini PR buat Koh Win buat membalas tret ini …

  2. Wahyu Says:

    Iya nanti saya sampaikan ke beliau Pak Gatot..

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Wahyu …

      Kalau gak may mbulet namun tetep ngguweblag, setel aja IQ Ever!

      Jèwèr pangsitku kalo njenengan ndak ngguweblag!!! Masiyo iki dudu Genesis, bukan human being bila tak mwnikmati album dowahzyat ini!

  3. Budi Putra Says:

    Yes,
    meminjam istilah jeng Syahrini, memang sesuatu gitu loh…. Mbulet and jelimet musiknya, itu jg menurut pendapat awal sy. Setelahnya…

    Sy tau Yes malah ketika sdg garang2nya musik speed/trash metal, dekade 80-an lah. Spt biasa kalo hbs beli kaset baru dipamer ke teman sekalian dengerin bareng dan kita komentari. Saat itu sy baru beli kaset King Diamond album Conspiracy terbitan Roadrunner dg balutan cover warna coklat muda. Saat sy ke rmhnya, teman sy lg asik dengerin musik yg iramanya; “nguweng-nguweng”… yg belakangan teman sy kasih tau nama bandnya Yes dg tulisan The Yes Album, cover kaset warna hijau muda dg tampilan personilnya. Sblm sy komentar teman sy bilang “musiknya asik nih bud, band art rock tempo dulu. Grass Rock kalo mentas sering bawain lagu2nya Yes. Kalo mau dengerin nanti bw aja,” kata teman. “Wah, gak mudeng, aneh musiknya…hahaha. Covernya jadul, lucu….kt saya. Memang sy kerap menilai grup band bukan sekedar dr musiknya aja tp desain cover kasetnya jg. Kemudian malah sy ajak teman dia dengerin bareng album KD itu. Maka ber-speed metal ria-lah kami berdua. Temen sy bilang ini malah lebih aneh lg, ada vokal melengking ada yg ngegrows jg…alurnya kaya cerita film horror aja, hahaha.

    Selang bbrp lama sy sempat nonton konser musik di kampus Atmajaya Jakarta, yg tampil saat itu, selain band2 bercorak metal spt Alien Scream yg bawain lagu Metallica, Armand Maulana, Grass Rock dll. Pas Grass Rock main, salah satu vokalisnya bilang “satu buah lagu dr Yes…” Tp sy msh blm mudeng jg krn msh terbawa suasana tampilan band sblmnya yg kuereen bgt bawain lagu2 Deep Purple. Sy lupa nama bandnya. Vokalisnya ada 2. Satu berbadan agak kurus rambut pendek dan satunya orang bule dg rambut panjang, keren. Gitarisnya sempat atraksi petik senar pake mulut dan gitar diinjak2 saat penutup lagu Child in Time. Dahsyat! Jadi Yes msh blm ada tempat di hati saat Grass Rock bawain lagu Yes….hehehe.

    Sy baru mulai mudeng dg Yes pas dpt album Big Generator (1987) saat kunjungan ke Yogya tahun 2000-an. Sy mulai sedikit menikmati bbrp lagunya diantaranya lagu pembuka Rhythm of Love dan Love Will Find A Way…berlanjut saat balik ke Jombang sy beli album Talk (1994). Lagu favorit di album ini sdh pasti The Calling dan I Am Waiting. Sy percaya siapapun pasti akan senang dg lagu ini. I Am Waiting yg sweet, pas banget sg suasana bercinta kala itu…hahaha. Kalo lagu Onward (Tormato), sy lumayan familiar dikuping krn menjadi salah satu lagu di album kompilasi slow rock edisi kaset Dream Express.

    Yes berubah, gak art rock lg spt th 70-an dg aransemen musiknya yg nguweng-nguweng?
    Mungkin krn sdh memasuki era 80-90-an yg arus musik slow-rock nya begitu mewabah. Setiap band rock mesti punya single slow andalan, sebut saja band2 spt Van Halen, Mr. Big, Europe, Motley Crue, Tesla, saat itu malah lebih dikenal dg lagu slow rock-nya. Atau Yes spt Genesis saat era Phil Collin dg lagu2nya yg lbh marketable (selera pasar) agar ttp eksis di era slow rock band.

    Sorry kepanjangan komennya…

    • Gatot Widayanto Says:

      Wakakakakak …..saya nguwakak abis baca komen mas Budi ini:

      Saat sy ke rmhnya, teman sy lg asik dengerin musik yg iramanya; “nguweng-nguweng”…

      Hua ha ha ha ….!! Gak kebayang saya …. apa yang ada di pikiran mas Budi kala itu terhadap Starship Trooper atau Perpetual Change …. makanya keluar istilah nguweng nguweng …..ha ha ha ….

      Cublak cublak suweng ….

      Ha ha ha …..

      Gak pa pa … toh akhirnya suka Yes. Ha ha ha ….ngguyu tenan aku !!!

      Tapi saya suka lho komen mas Budi. Ayo bikin artikel mas …

      “Pengalaman Nguweng Nguweng bersama Yes”

      Ha ha ….

  4. Apec Says:

    Mas budi,inilah jiwa prog sesungguhnya,dimana imbuhan (baca: komen) jauh lebih panjang dari induknya ( baca: tret utama)

  5. herman Says:

    Mas Budi, salam kenal….Jombangnya di mana Mas….saya pernah tinggal di Jombang juga….baca komen Mas Budi asik juga, saya jadi ikutan nginget – nginget dulu bagaimana awal denger musik Yes….mungkin termasuk nguweng nguweng…..hahaha,,,,baru sekarang saya bisa bilang begini:…..musik adalah budaya tak benda ( tak berwujud ) karena berupa ide ….bunyi2 itu dalam rangka mewujudkan ide tadi….jadi denger musik adalah dalam rangka memahami ide ……penekanannya pada memahami……sebetulnya lewat cara itu tidak pernah ada yang bagus atau jelek….karena apapun bunyi musiknya memang begitu ide dari pemusiknya ….tapi lebih tepat kalau kita suka atau tidak suka…saat kita faham maunya pemusik kita akan bilang ooo begitu to maksudnya…..saat itulah kita bilang suka dan…ngguweeblak…..wah jadi tat tit tot ( ikut2an istilah Mas Gatot ) berteori tapi nggak apa2 kan kalau ada yang kurang pener jadi ada yang bisa memberi masukan….

  6. Herwinto Says:

    Satu lagi…musik juga misteri….kecocokan jiwa…saya justru kenal Yes pertama kali Topographic Ocean rekaman Yess telanjang tanpa kover, titipan kakak saya, maksud saya tak putar untuk pastikan pitanya masih baik gak gitu…lha kok dengar The Revealing saya langsung ngguweblag jatuh cinta….malah album Big Generator saya gak doyan blaz…gak tertarik untuk beli CD maupun kasetnya sampai sekarang….menurut saya Big Generator itu nggilani tenan….kayak ABACAB nya Genesis…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Masuk darimana aja boleh. Album2 pop seperti 90125 atau Abacab justru bisa menjadi pintu masuk penggemar musik biasa ke ranah prog. Logikanya mereka penasaran denger album2 sebelumnya. Maka …meluaslah prog ….

      He he he ….

      • dOmme Says:

        Setuju Bos GW… Aku dulu kenal Yes karena lagu pop-nya itu. Owner of a Lonely Heart, trus ada It’s Can Happen… Kemudia album Big Generator dengan salah satu lagu favoritku sampai sekarang, Shoot High Aim Low… Lalu kemudian bergerak ke belakang… Pelan dan pelan..
        Tapi sepertinya hanya berlaku untuk Yes. Kalau Genesis era Gabriel apalagi ELP, memang susah aku sukai. Sedangkan Marillion, IQ, Camel, Triumvirat, sepertinya nggak butuh jalur khusus untuk bisa suka, karena sepertinya memang lebih gampang dicerna oleh penggemar rock and blues seperti aku ini…

  7. cosmic_eargasm Says:

    Mas Wahyu, Yes memang top bgt dalam urusan mengkomposisi dan aransemen lagu, skill playernya yg gonta-ganti jg mantap bin dahsyat semua. Yes yg sy blm nyimak cuma permainan Igor Koroschev yg cuma sebentar di Yes=

    Vokal Benoit David di album terbaru Yes jg tdk mengecewakan, tp mungkin beberapa penggemar Yes cukup kecewa karena Jon Anderson sdh tdk bersama Yes lagi. Kesemuanya dibingkai dgn artwork kover yg sangat keren sekali. Mantaplah pokoknya. Oya, logo font Yes jg sempat berubah menjadi lebih simpel dan modern, termasuk logo pada album “Talk” yg kurang mewakili. Dan sy jg ngakak seperti mas GW tentang “nguweng2″ nya mas Budi di atas :-)) Postingan mas Budi sangat keren di blog yg makin gemblunk saja ini. Selera musik mas Budi juga sangat luas & sangat ‘open-minded’ yg menurut sy jarang sekali ada yg berselera demikian di sini. Mungkin mas Budi bisa nyoba Avant-Prog yg sangat jarang sekali dilirik, apalagi disukai :-)

    ::: Stay Prog! :::

  8. Одноклассники.ru: НаCLICKай удачу фильм 2013 смотреть цЖЩ Says:

    Лучшие фильмы!

    Смотрите популярные фильмы

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 150 other followers

