UKZ “Radiation” EP

By: cosmic_eargasm 

#UKZ Radiation (front)#

#UKZ Radiation (tracklist)#

Dikarenakan keinginan untuk reuni band Prog supergrup UK belum kesampaian, maka pada sekitar tahun 2007 an Eddie Jobson membentuk UKZ dan menggandeng musisi-musisi handal dengan line-up:
*Eddie Jobson: keyboards 
*Trey Gunn: Chapman Stick & Warr touch guitar 
*Alex Machacek: guitar 
*Marco Minnemann: drums 
*Aaron Lippert: vocal 

Dengan terbentuknya proyek musikal tersebut maka mereka mulai masuk studio dan menghasilkan 4 komposisi dahsyat yang lantas dirilis sebagai EP atau mini album pada tahun 2009. Dibuka dengan nuansa ambient pada ‘Radiation’(7:44) yang asyik sekali dengan mid-tempo yang dibalut sound modern menghentak dengan beat-beat sinkop. Makin istimewa dengan karakteristik sound khas dari stick yang dimainkan oleh eks King Crimson, Trey Gunn dan permainan gitar dengan legato yang panjang oleh Alex Machacek, gitaris handal era baru yang banyak dibicarakan. Karakter vokal Aaron Lippert juga terasa pas pada komposisi ini. Pun pada nomor kalem ‘Houston’(4:36) yang bisa membawa suasana seperti melayang dengan permainan Warr touch guitar oleh Gunn dengan pilihan nada yang sangat pas berpadu dengan keyboard Jobson yang ambient. Masih ada 2 nomor instrumental yang sangat asyik ‘Tu-95′(7:17) yang terasa dahsyat menghentak dengan mid-tempo penuh sinkop-sinkop menawan dan permainan drums Minnemann yang banyak bekerjasama dengan musisi-musisi Prog, bahkan Death Metal ini terasa cukup mantap diantara dinamisnya lagu. Sebagai penutup ada nomor kalem yang nuansamatik dengan permainan gitar akustik yang terbalut harmoni manis yang tidak membosankan pada ‘Legend’(1:38). Kelak Alex Machacek direkrut Jobson untuk memperkuat formasi “UK Reunion” bersama John Wetton & Terry Bozzio. Dan sangat disayangkan UKZ belum merilis full-length album sampai saat ini. Tetapi paling tidak, mini album ini cukup untuk mengobati kerinduan para penggemar UK maupun Eddie Jobson. Thanks mas GW yang tetap nge-Prog.

::: Stay Prog :::

About these ads

5 Responses to “UKZ “Radiation” EP”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Cosmic,

    Terima kasih banyak ya … Mas Rizki pernah menyebut band ini di tret nya:

    http://gwmusic.wordpress.com/2012/08/22/dream-comes-true-uk-reunion-concert/

    • cosmic_eargasm Says:

      Maaf banget baru sempat respon. Sama2 mas GW, sy jg mengucapkan terimakasih bnyk UKZ sy sdh tayang. Konon, Jobson memberi nama UKZ ini dari penggabungan UK dan Zinc (proyek musikalnya yg menelorkan “The Green Album” yg dulu sempat diterbitkan kasetnya oleh Yess). Oh iya, mas Rizki pernah menyebut UKZ ini di tretnya yg bikin ngiler bnyk org itu :-)

  2. Rizki Says:

    Sy turut senang membaca tulisan ttg supergroup ini.

    Buat tambahan info – Setelah UKZ, Eddie Jobson kemudian melanjutkan dengan proyek Ultimate Zero (U-Z) yang merupakan proyek tour konser Eddie dibeberapa kota/negara dengan musisi-musisi pilihan, termasuk Simon Phillips, Tony Levin, John Wetton dan juga beberapa rekannya dari UKZ, memainkan lagu-lagu UK, King Crimson dan Mahavishnu Orchestra. Kompilasi musik konser tersebut dituangkan dalam album 2CD berjudul Ultimate Zero Tour Live.

    Proyek U-Z sepertinya merupakan salah satu pendorong Eddie dan John untuk merealisasikan reuni UK yang ditunggu-tunggu …

    Cheers

    • cosmic_eargasm Says:

      Nah, iya mas Rizki, tentang U-Z sy cuma pernah baca2 saja, tapi blm pernah dengar musiknya walaupun membawakan lagu2 dari band Prog lain, tp pasti mantaplah. Kalo mas Rizki ada waktu, tolong di ulas tentang U-Z ini. Sangat lama juga sy menunggu tulisannya mas Rizki :-)

      Thanksmas Rizki.

  3. cosmic_eargasm Says:

    Tentang Warr touch guitar memang alat musik yg unik selain Chapman Stick. Band Prog era kekinian yg memainkan Warr guitar setau sy adalah Behold… The Arctopus, dan alat ini memang sangat jarang sekali yg menggunakannya. Trey Gunn termasuk musisi yg istimewa bisa memainkan ke 2 alat tsb (bs disimak lbh lanjut pd album2 solonya dan bbrp album King Crimson era double trio). Karakter sound Warr guitar menurut sy hampir sama dgn E-bow(asesoris utk gitar listrik standart) yg mirip dgn suara cello/biola tp dgn sustain yg panjang hingga kesannya seperti melayang dan ambient seperti dalam dunia khayali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 151 other followers

%d bloggers like this: