Suka Duka Kaset Loak 3: Sampul Nyaris Hancur

By: Hippienov

 

Chapter 4: Kaset Yess dengan sampul hancur.

Kaset Yess Blues In Memory III ini sudah cukup lama terpajang di rak kaset lapak Bang David. Sudah lebih setahun aku selalu melihatnya tapi selama itu pula kaset ini terlewatkan begitu saja. Baru saat terakhir aku menemani adikku ke kios Dav Music, kaset ini benar-benar aku perhatikan. Kondisinya sangat mengenaskan, sampul kaset Yess nya yang nuansamatik itu rusak parah, nyaris hancur, penuh noda berupa bintik-bintik hitam jamur, karton sampulnya sudah sangat rapuh-kasar sedikit saja bisa berakibat sobek dan making hancur, foto sampul sudah rusak parah tidak jelas lagi gambarnya. Sepertinya kaset ini disimpan lama di tempat yang lembab atau mungkin malah pernah basah terkena air. Pita kasetnyapun dari luar terlihat jelas berjamur.

Lalu apa yang membuatku minat membeli kaset ini atau nekat membungkusnya padahal kondisinya sudah tidak menarik?
Alasannya adalah:
1. Ini kaset Yess yang nuansamatik itu. Selayaknya kaset ini mendapat perlakuan yang lebih baik.
2. Aku melihat kesempatan untuk bisa mendapatkan kaset Yess harga murah dengan memanfaatkan kondisi kaset yang gak bagus lagi dan kenyataan bahwa kaset ini sudah lama sekali gak laku dan tebakanku ya karena penampilan luarnya yang amburadul ini. Pastinya “manajemen” Dav Music sudah habis akal dan hampir putus asa gimana ngejual kaset ini karena dijamin gak ada yang tertarik ngeliatnya,bahkan waktu mas Eddy sang pemburu kaset jadul von Atjeh yang tersohor itu menginvasi kios Bang David di Depok, kaset inipun tidak dilirik, hehehe… Apa karena beliau sudah punya ya? Embuh lah..
Dan ternyata semua tebakanku tepat sasaran, kaset Yess ini dijual hanya dengan harga 10 ribu Rupiah padahal biasanya Yess ditawarkan dengan harga 35-50 ribu perak.
3. Budget yang aku punya hanya cukup untuk beli kaset dengan harga segitu, gak lebih, hehehe..

Sesampai di rumah langsung dimulai proses d-tox untuk membersihkan jamur pada pita kaset dan berusaha menyelematkan sampul yang rusak itu.
D-tox gak terlalu lama dan suara ngejreng lagi, salut buat kualitas rekaman Yess yang top markotop..

DSC01936
DSC01937
Sampul cukup ribet karena sudah rapuh, kasar sedikit saja malah bisa bikin makin hancur. Foto asli aku ganti dengan foto album Manfred Mann “angel station” karena pas yang ada stock foto itu. Sampul yang sudah rapuh aku lapisi dengan lembaran kalendar yang agak tebal kemudian aku cellotape karena gak mungkin kalo pakai lem takut bukan nempel malah ancur minah sampulnya. Singkat cerita hasil akhirnya seperti dalam foto, masih ada bagian yang gak bisa direkonstruksi lagi dan tetap keliatan hancurnya. Mboten nopo-nopo sing penting Yess..ngeblues karo Yess, maknyus tenan.. O ya, lagu-lagunya di kompilasi ini semuanya aku belum pernah tahu pun musisinya banyak yang aku belum kenal.. Wis ben, puas rasanya bisa “menyelamatkan” satu kaset Yess yang kian langka itu.

One rainy night with blues,
hippienov

About these ads

13 Responses to “Suka Duka Kaset Loak 3: Sampul Nyaris Hancur”

  1. khalil logomotif Says:

    Mas Hippie, apa kabar?
    Amazing mas. Buat saya kaset bim 3 sangat berkesan…sebab, dulu kaset itu saya dapet dari pacar saya sebagai hadiah ulang tahun. Paling suka dengerin the messiah will come again.

  2. eddy irawan Says:

    Mas Hippie, Dav Music ada dimana skrg ya?

  3. khalil logomotif Says:

    Whuaduhhh mas Hippie, thank banget ya….barusan dengerin lagi love sculpture summertime….Terima kasih udah ngingetin masa lalu….

  4. hippienov Says:

    Met pagi mas Khalil,aku baik mas.Bener banget mas,the messian will come again sangat keren..rasanya “dhug” di hati.
    Sayang ada judul lagu yg gak jelas lagi tulisanny karena sampul yg “tercabik2″

  5. hippienov Says:

    Met pg mas Eddy, bang David masih di tempat yg biasa. Rupanya waktu itu tutup karena boss David ada kerjaan di rumahnya. Koleksinya banyak yg sudah “lenyap” mas, Three Dog Night the best (billboard) juga sudah raib.

  6. hippienov Says:

    Sama-sama mas Khalil,aku juga senang bisa menyelamatkan kaset Yess ini dari kerusakan lebih parah.waktu pertama dapat bener2 berantakan mas..

  7. hippienov Says:

    Met pg mas G,matursuwun sudah muncul postinganku ini :-)

  8. Herwinto Says:

    Luar biasa!!!! blog ini sudah sama dengan badan konservasi cagar budaya…..saluuut buat mas Hippie….

  9. hippienov Says:

    Hehehe..terpaksa begitu mas,alasan utamanya sich karena mau beli kaset (yess) tp dana minim sekali. Akhirnya cari2 peluang gimana caranya dan pas banget ketemu,he3..

    • Domme Says:

      Memang untungnya dapat kaset yang pake foto tempel ya seperti ini…, fotonya bisa diganti. Atau bisa direpro kalau ada teman punya. Kayak bedah palstik juga lama-lama ya.,,, Hehehe…

  10. hippienov Says:

    Monggo mas Eddy,ditunggu kehadiran dan kunjungannya di depok :-)

  11. hippienov Says:

    Iya bro Domme,kalo fotonya ud lusuh atau rusak bs “kletek” n tempel yg baru,hasil repro,googling ato pake foto yg beda sekalipun.nikmatnya kaset jadul :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 130 other followers

%d bloggers like this: