“Loan Me a Dime” by Boz Scaggs

Tret kali ini adalah multi-dimensi (gaya men to nganggo istilah akademis barang!) menggabungkan indah dan nuansamatik-jadulsonicnya kaset rekaman jaman normal, Yess pulak, ada unsur membahas asal-usul sebuah musik (lagu) dan sekalian dengan kegiatan musikal seorang penikmat musik seperti kita ini. Ya namanya juga sekedar penikmat, bisanya cuman curhat tentang sebuah lagu (musik) betapa indahnya, betapa megahnya, betapa masygulnya nuansa saat mendengarkan lagu tersebut pertama kali atau apada momen tertentu. Pasti sampai di sini, temen2 langsung melambung pikirannya kemana-mana mengingat lagu-lagu yang memiliki kesan tertentu dalam salah satu titik atau tikungan hidup yang pernah dialami. Yo pow ra rek? Ngaku wae …. ha ha ha ha ha …

Judul tret ini adalah sebuah lagu yang dibawakan dan sekaligus dipopulerkan Boz Scaggs (tadinya vokalis Steve Miller band) bahkan menjadi hit di tahun 1969, dimana sebagian dari kita belum lahir, 1969. Yup! Tahun saat album yang didapuk sebagai pelopor musik prog King Crimson dirilis dengan tajuk “In The Court of Crimson King”. Kali ini kita bahas musik jenis lain: blues man ….blues! He he he he …. Prog mangkir bentar ye …. Meski pecinta prog, saya juga suka ngelangut ngguweblak kalau denger musik blues yang pas di ati. Lagu ini sejatinya adalah karya Fenton Robinson yang direkam tahun 1967 melalui label Palos. Anehnya si Boz tak mencantumkan nama Fenton Robinson di tahun 1969, maka beranglah si Fenton sehingga menjadi kasus hukum. Jadi ….ternyata masalah jiplak menjiplak itu gak hanya di Indonesia saja kawan …bahkan di negeri sono udah ada bahkan mulai tahun 1969! T.E.R.L.A.L.U. ……he he he he ….

Si Fenton Robinson merilis ulang lagu tersebut di tahun 1974 dengan label blues kondang Alligator dengan judul lagu “Somebody Loan Me a Dime”. Saya juga punya album ini dalam format kaset lisensi kualitas prima, bukan seperti biasanya …dengan seri “Blues Corner”.

Harus saya akui saya mengenal lagu ini pertama kali ya dari kaset jadul rekaman Yess seri 219 “Blues in Memory 1″ yang saya beli di Jalan Veteran, Bandung pada tanggal 7 Mei 1983, sekitar hampir dua bulan setelah album debut Marillion “Script for a Jester’s Tear” dirilis pada 14 Maret 1983. Kebayang dong…kaset ini bukan yang utama saya dengarkan saat itu karena memang saat itu saya sedang mabuk Marillion yang praktis menyita banyak waktu dalam kehidupan saya sebagai mahasiswa saat itu, sekaligus banyak memberi inspirasi. Namun sekali waktu saya setel kaset ini dimana di side B lagu pertamanya ya “Loan Me a Dime” Boz Scaggs. Keren kaset ini, side B nya cuman 3 lagu ….berarti per lagunya lebih dari 8 menit …. PROOOOOOOOGGGGG ….. Katanya kalau lagu lebih dari 8 menit itu termasuk prog …. ha ha ha ha…. definisi amburadul.

Dari kaset inilah saya kenal "Loan Me A Dime"

Dari kaset inilah saya kenal “Loan Me A Dime”

Yang versi Boz Scaggs ini memang musiknya keren banget dan cocok bagi Anda yang penyabar karena temponya diawali dengan teramat sangat lambat kemudian meningkat dalam crescendo yang menawan. Penikmat blues sejati akan menggelinjang ulu atinya karena permainan tempo super duper sabar dengan timing tunjekan notasi yang selalu pas di setiap segmennya. Uwediyaaannn!!!! Kalau Anda belum pernah dengerin lagu ini, kemana aja???? Kok berani-beraninya mampir ke blog ini kalau gak kenal lagu blues standar ini. Kira2 musiknya satu warna dengan “Too Much Thinking” nya Keef Hartley (yang main bass Gary Thain) atau agak cerdas dari “Blue Jean Blues” nya ZZ Top. Kalau dua lagu ini Anda juga gak faham, sebaiknya gak usah dilanjutkan baca tret ini …. ha ha ha ha ha… Ojok nesu yo … Bagi penggila prog, bila Anda menyukai Pink Floyd “Echoes” maka kemungkinan besar akan ngguweblak menikmati lagu ini …. Wis pokoke top lah!

Mengapa saya tulis tret ini? Ini adalah buntut dari “Perang Lagu di Udara” dengan mas Pri beberapa hari ini dimana saya sering puter lagu ini dan sengaja bolak-balik diputer yang versi live CD “Greatest Hits Live” (2004). Tadi malam bahkan saya nyetel versi yang 1969 (studio) melalui kaset Yess. Wah … dalam 3 hari ini saya sudah muter lagu ini lebih dari 10 kali. Herannya …kok ndak ada sedikit rasa bosen ya? Tahu gak? Versi live yang tahun 2004 lebih panjang dan lebih bikin ulu ati tertusuk-tusuk ndak karuan nganti dedel duwel tenan!

Versi live 2004 diawali dengan bebunyian Hammond dilanjut dengan musik masuk menggunakan piano dan Hammond sebagai pengisi. Bagian intro mengasyikkan dengan tempo sangat lambat, kira-kira satu ketukan itu saking lamanya bisa disambi bikin kopi tubruk kapulaga von Klaten, pokoke lamabt pol … Namun justru enak …mak endut-endut gitu musik nya. Baru pada menit ke 2:30 masuklah guitar yang nohok dilanjut pada 3:05 si Boz masuk dengan vokal menohok “Somebody Loan me a dime ……” yeah! Kuwerrreeeeen …. pokok top banget dah nyanyinya, rada males gitu namun justru bikin ulu ati terkoyak-koyak.

Somebody loan me a dime
I need to call my old time used to be
Somebody loan me a dime
I need to call my old time that used to be
Little girl’s been gone so long
You know it’s worrying me
Hey, it’s worrying, worrying me

Wis pokoke nikmat ..dilanjut kemudian Floydian guitar work pada menit ke 6 selama sekitar satu menit dan lanjut Boz nynayi lagi. Wuih! Tempik sorak penonton tak terelakkan. Apalagi pas Boz menerikkan “Cause now I…………cry” …..PLOK PLOK PLOK ….. “Just like a baby ……” Wuih mannnnn ….. puthul tenan atiku … Sik yo tak nggolek Power Glue arep nggathukno atiku sing puthul.

Bagian interlude yang dimulai pada menit ke 9:28 dengan aktor utama adalah pemain gitar dan sesekali dibarengi tipuan brass section sungguh membuat ati makin teriris-iris …apalagi setelah disambung abis puthul tadi. Oh my God ….. bener2 nikmat bagian ini. Dijamin yang suka Echoes bakal memuji indahnya lagu ini. Apalagi solo gitar tadi disertai dengan sayatan maut Hammond organ plus tiupan sangkakala dari pemain brass section membuat lagu ini makin megah dan tempo makin meningkat, gak bisa lagi satu ketukan dibuat nyedu kopi, wis cepet tenan …koyok wong mlayu kebelet ngising, muntub2 soale … ha ha ha ha ha …disgusting yo?

Pada tempo yang relatif cepat ini permainan gitar makin menggila utamanya di menit ke 13. Wah …makin memuncak nih, mendekati total musical orgasm. Menggelinjanglah hati ini menderita kepuasan paripurna menikmati permainan dahzyat. Dan…pada menit ke 14 tempo lambat lagi, ditutup dengan kuplet terakhir nyanyi nya si Boz. BLEZZZZZZ …Jiyan enak tenan lagu iki!!! Sik yo tak tanduk maneh ….

Puwwwwwaaaasssssszzzzzzzzzzzzzzzz…….!

Dan, …marilah kita tengok siapa yang main di versi live ini:

Boz Scaggs – vocals, Guitar
Drew Zingg – Guitar
Charles McNeal – Saxophone
Richard Armstrong – Trumpet
Jim Cox, Michael Bluestein – keyboards
Matt Bissonette – Bass instrument
John Ferraro – drums
Barbara Wilson, Ms. Mone’t – background vocals

Dan ternyata di versi studio (1969) yang main gitar Duane Allman ..pantesan nohok!

Salam,

G

About these ads

14 Responses to ““Loan Me a Dime” by Boz Scaggs”

  1. Gatot Widayanto Says:

    • Rizki Says:

      Mas Gatot,
      Saya juga sangat menikmati lagu ini, dan bahkan sangat merekomendasikan DVDnya (Boz Scaggs Greatest Hits Live) – Lagu-lagu yang ditampilkan enak semua, dijamin penonton pasti puas :-)

  2. Gatot Widayanto Says:

  3. hippienov Says:

    Hm..jujur ak kelewatan belum denger lagu ini..tapi ojo disuruh minggat dari blog iki yo mas G,cos I luv this blog more than you’ll ever know :-D
    Coba hunting kasetnya ah..

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Hippie, Coba denger di Youtube dulu … Baru ntar hunting kasetnya …

      Mas Rizki, Nampaknya memang DVD nya layak koleksi nih. Suara Boz memang matab ya mas …

  4. hippienov Says:

    Matursuwun mas G,tadi aku sempat coba buka youtube nya via hape tapi video interrupted..bikin makin penasaran aja nich..

  5. apec Says:

    Dulu waktu dapat kaset Blues in memory i by Yess ini, saya sempat takjub, lha soalnya list lagunya itu lho, bukan siapa yg nyanyi, tapi durasinya yang lama. Saat itu dengar lagu yg durasi lama baru Daze and Confuse Led Zeppelin versi live.

  6. cosmic_eargasm Says:

    waah hahaha baca tulisan mas GW di tret ini bener2 ngakak dan mewakili semua nuansa dr lagu ini..

    memang benar bgt 101% lagu ini trmsk yg “YOU MUST HEAR BEFORE YOU DIE” (minjam istilah di salah satu majalah musik barat). yg blm dngr ato nggak suka lagu ini memang betul2 trmsk org yg merugi hahahahaha..

    sama seperti mas GW, pertama tau lagu ini ya dari kaset kompilasi yess, blues in memory (yg dr dl sampai skrng kaset ini nggak gampang ngedapetinnya, kalopun ada, harganya jg nggak murah).

    sip mas GW, ditunggu lg ulasan lainnya yg kemlithik bgt hehe..
    makasih..

    salam djadoel !!!

  7. cosmic_eargasm Says:

    waah hahaha baca tulisan mas GW di tret ini bener2 ngakak dan mewakili semua nuansa dr lagu ini..

    memang benar bgt 101% lagu ini trmsk yg “YOU MUST HEAR BEFORE YOU DIE” (minjam istilah di salah satu majalah musik barat). yg blm dngr ato nggak suka lagu ini memang betul2 trmsk org yg merugi hahahahaha..
    pendeknya, lagu ini bener2 it’s a very very highly recommended pol-pol an!!!

    sama seperti mas GW, pertama tau lagu ini ya dari kaset kompilasi yess, blues in memory (yg dr dl sampai skrng kaset ini nggak gampang ngedapetinnya, kalopun ada, harganya jg nggak murah).

    sip mas GW, ditunggu lg ulasan lainnya yg kemlithik bgt hehe..
    makasih..

    salam djadoel !!!

  8. cosmic_eargasm Says:

    dr seri blues in memory lagu lain yg sy suka ada long long ago dr blackwell, the girl i meet today dr T.P. smoke yg pernah mas GW tulis di tret blues in memory ya. bnr2 piano akrobatik dr permainan tommy petersen memang.. hard pill to swallow dr keef hartley jg cukup asik bagi saya. met shubuhan dl mas GW..

    salam djadoel !!!!

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic …selera kita sama ya … ha ha ha ha …

      terima kasih mas, ini baru balik dari Subuhan …

      Terima kasih juga telah banyak komentar di berbagai tret di blog gemblung ini …

      *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

      *Gatot Widayanto*

  9. cosmic_eargasm Says:

    sama2 mas GW.. sy jg makasih bnyk ada org yg segemblunk njenengan mau membuka blog super gemblunk nan dahsyat tiada duanya ini..

    inilah blog yg YOU KNOW BEFORE YOU DIE !!! hahahaha

    salam djadoel !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 146 other followers

%d bloggers like this: