The Explorers by Yess

Malam ini menjelang tidur nyetel kaset yang sudah lama sekali tak pernah saya setel nomer seri # 584 dari Yess: The Explorers. Pada saat saya membeli kaset ini kala itu sekitar pertengahan 80an saya tak faham ini band apa. Namun saya tertarik dgn pemainnya karena banyak nama belen: Jerry Marota, Steve Gadd, Tony Levin selain, tentu saja, Phil Manzanera dan Andy Mackay alumni Roxy Music. Musiknya secara keseluruhan biasa saja. Namun ada satu lagi sedih dengan melodi nunjek: “You Go Up In Smoke”. Wah lagunya melodik dan bikin air mata menetes karena haru ….
Selain itu Ship of Fools juga keren mantab pol!

Lumayan juga melepas penat setelah tadi ketemu klien di Plasa Senayan dan pulang gowes tanpa hambatan hujan … Alhamdulillah …

7 Responses to “The Explorers by Yess”

  1. hippienov Says:

    Hm..sayang aku belum pernah tau band ini,harus mulai “explore the explores” kayaknya nich.. Suwun mas G u/ hibahnya eh.. pencerahannya maksudku, hehehe..

  2. Gatot Widayanto Says:

    The Exploreres ini memang band bentukan Manzanera dan McKay setelah Roxy Music bubar tahun 1983. Album ini direkam tahun 1985 namun gak sukses dari segi penjualan. Mungkin karena musiknya gak jelas antara pop dan prog bahkan lebih banyak popnya menurut saya. Tapi memang dua lagu yang saya sebutkan di atas sangat melodik dan bagus.
    Band ini membuat album kedua di bulan Oktober 1985, namun gak sukses. Kemudian Manzanera merilis ulang album kedua tidak menggunakan nama Explorers namun Manzanera – MacKay dengan materi yang sama. Gak sukses juga…

    Pancen Manzanera iki musike aneh ….saya sampe mikir ini orang bisa main gitar gak sih? Ha ha ha …. Saya tahu banhwa Manzanera ini bertetangga dengan David Gilmour rumahnya … Makanya dia terlibat di pembuatan album Gilmour “On Island” beberapa tahun lalu …(CD tak pernah saya putar … ha ha ha …).

    Oh ya jangan bingung ya …tahun 1998 ada band bernama EXPLORERS CLUB …namun ini band yang beda, digawangi oleh Trent Gardner (Magellan). Tahu Magellan? Itu lho yang membawakan ‘Don’t Kill The Whale’ di album tribut “Tales from Yesterday”. Bagus banget tributnya …meski ngedisko …

  3. hippienov Says:

    Hahaha..dadi penasaran meh denger gitarannya mas Manzarena.. Ak taunya Ray Manzarek nya The Doors,he3..
    Explorers Club ak kenal dr progarchives mas.
    Sayang mas “on island” nya ndak pernah di-spin,apa dijadikan welcome gift progring 9 nanti mas? Ups…my bad,slip of the tounge :-D

  4. apec Says:

    Wuahh,Magellan disebut sebut. saya kenal Magellan saat kuliah awal-awal.dan masih mencari referensi musik rock dari radio Wijaya Surabaya. Saat itu radio Wijaya (antara th 95-2000) merupakan referensi musik rock yg berpengaruh di Surabaya, setelah era Radio Suzanna,yg menghasilkan boneka Suzan dan Ria Enes. Magellan kalo gak salah album Hour of Restoration yg covernya sangat bernuansa Roger Dean, beberapa kali disetel di radio tersebut. Dan saat itu, saya melihat harga CD Magellan rilisan Magna Charta, merupakan salah satu CD termahal di Aquarius Soetomo, Surabaya. Saat harga kaset barat sekitar 17 rb, harga CD lokal sekitar 30 rb, harga CD Magellan sudah di kisaran 250 rb saat itu.. biyuhhh, hanya bisa mimpi saat itu..Saat itu, musik progresif metal yg saya kenal baru Dream Theatre dan Shadow Gallery. Ditambah pengetahuan baru dari Magellan tersebut…

  5. Hendrik Worotikan Says:

    Tadi malam sy baru menyempatkan diri untuk kembali mendengar kaset The Explorers, setelah sangat lama nggak diputar. Diawali dari side B, 3 lagu pertama langsung mengingatkan sy akan warna band band ‘new wave’. Begitupun lagu lagu yg ada pada side A. Malah pada lagu ‘Robert Louis Stevenson’ ada unsur musik ska nya.

    Yang klik di hati bagi saya ya, seperti mas G sebut diatas ‘You Go Up In Smoke’.
    Andai saja YESS masih ada, lagu itu rasa nya pantas masuk dalam kompilasi ‘Heavy Slow’ atau ‘Memory Heavy Hits’.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 144 other followers

