Galahad’s 2012 Albums

By: Hardani Kristanto

 

Mas Gatot, ijin hendak nyumbang tret, dan dikarenakan belum punya koleksi Yess baru, saya pilih dan share aja album2 yang masih berada di top list depan player saya …

Galahad ? Sejatinya saya mengenal prog band dari British ini dari Progarchieve sekitar tahun 2010; iseng2 donlod mp3 yang tersedia di blog worldwide itu : “Empires Never Last” dan “Sidewinder”. Karena tertarik kemudian saya order CDnya lewat amazon. Kalau ngga salah mas GW kasih rating 4.75 from 5.00 di progarchives untuk album Empires  Never Last tersebut. Konon album itu merupakan album pertama Galahad yang bisa menembus pasar musik rock Amerika.
Di awal tahun 2012 yang lalu, setelah penantian nan panjang, kebetulan saya mendapatkan album “baru”nya Galahad yang berjudul “Battle Scars”. Dan di  bulan January 2013 lalu saya dibuat terkejut karena band yang mengusung genre techno & heavy progressive tersebut ternyata telah merilis album yang “lebih baru”, bertajuk “Beyond Realms of Euphoria”.
Untuk album terakhir ini saya menduga2 band yang berpasukan : Dean Baker (kibor), Stu Nicholson (vocal), Roy Keyworth (gitar), Mark Spencer (bass) dan Spencer Luckman (drums) tersebut terinspirasi nomor keren nan gaharnya JP “Beyond the Realms of Death”.

IMG-20130215-00229 R

 

IMG-20130215-00231 R

 

IMG-20130215-00230 R

Sekilas terkesan band ini sangat produktif dalam merilis album karena di tahun 2012 mereka released 2 album di atas, padahal nyatanya …. band ini sangat pelit, gampang dibayangkan album sebelumnya, “Empires Never Last” di rilis tahun 2007 (5 tahun sebelumnya), dan menurut mbah wiki, album pendahulunya, “Year Zero” juga dirilis 5 tahun sebelumnya, tahun 2002 (hmmm, kayak siklus banjir Jakarta yang 5 tahunan aja …)
Dari album “Battle Scars” perkenankan saya merekomendasikan nomor2 yang layak dicoba, “Seize the day”, “Bitter n twisted” dan “Battle Scars” sendiri …
Sementara dari album terakhir mereka, nomor yang recomended adalah  “Guardian Angel” dan “And Secret Worlds”, serta reprise-nya Guardian Angel (track #7), yang akan membawa kita ke nuansa reffrainnya nomor top Marillion “Script for a jester’s tear”.
Sementar di nomor “… And Secret Worlds” selain menampilkan permainan apik si Dean pada kibor, juga cukup unik, dimana untuk lagu sepanjang lebih dari 7 menitan, lyricnya cuma 7 baris, nyaris sebuah nomor instrumentalia …
So, buat temen2 yang ingin mencoba menu barunya Galahad ini bisa mencobanya dulu di youtube, utamanya buat progger yang kangen sama Fish, karena si Stuart Nicholson ini kebetulan timbre vocalnya nyaris mirip2 si Fish dan (ex) Marillion-nya. Konon Stu juga sempet diaudisi Steve Rothery dkk paska cabutnya Fish tahun 88-an …
Secara jujur harus saya katakan bahwa 2 album anyar Galahad tersebut, ratingnya masih sedikit di bawah Empires Never Last,
Satu hal lagi, ke 2 album tersebut juga didukung produser handal Karl Groom, sebagaimana juga album2 neo-progger Arena.

Keep on prog rocking !

 

2 Responses to “Galahad’s 2012 Albums”

  1. Kristanto Says:

    Suwun mas, sekedar berbagi aja …

    • Gatot Widayanto Says:

      Suwun mas Kris …

      Sudah beberapa kali saya mau nulis di PA tentang album yg Euphoria ….belum sempet aja …. Ntar saya coba dengar lagi … Memang keren band satu ini …. Semoga gak ganti aliran …..

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 141 other followers

