Archive for February 3rd, 2013

Heavy Metal Kids

February 3, 2013

By: Yuddi Kustiadi

Ttg Heavy Metal Kids sdh dibahas sebelumnya beberapa waktu yang lalu. Sabtu kemarin bongkar2 file lama dan dapat  LP dari Heavy Metal Kids (1974) dan The Kids (1975)
Heavy Metal Kids/ HMK  album pertama cukup populer  dgn lagu It’s The Same dan Rock n’ Roll Man.
Heavy Metal Kids kemudian meringkas namanya menjadi The Kids mungkin dirasa lebih pas karena musik mereka lebih cenderung Rockn’Roll base dibanding Heavy Metal, dengan nama The Kids mereka menerbitkan album “Anvil Chorus” yang tidak mendapat respon baik dari publik dan nama  The Kids pun tenggelam.
 
Terima Kasih

Jethro Tull “Minstrel in The Gallery” by Aquarius

February 3, 2013

Wah seneng sekali saat itu dapet kaset yang dulu pernah saya miliki ini. Masih ingat sekali pertama kali beli kaset ini di sebuah toko solder bernama “Indah Ria” di jalan Bogowonto, Pasar Kawak, Madiun pada tahun 1975. Whuah! Saya bangga banget punya kaset ini karena bisa dibilang langka dan mungkin saya satu2nya orang Madiun yang punya album nggajak ini.

Tentu, pertama kali yang saya suka adalah lagu yang menjadi tajuk album sekaligus merupakan side A lagu pertama. Namun suatu ketika di malam hari sekitar jam 10 malam saya sedang belajar sambil nyetel kaset ini justru jiwa saya melayang saat mendengar lagu “Baker St Muse” yang durasinya panjang dan indah sekali musiknya. Aduuuuuh …..melayang dah kalau menikmati lagu ini …. Indaaaaah banget. Akhirnya saya menyukai album ini karena salah satunya ya lagu indah sekali ini. Coba aja Anda simak lagu ini. Dijamin ngguweblak!

Didn’t make her
with my Baker Street Ruse.
Couldn’t shake her
with my Baker Street Bruise.
Like to take her
but I’m just a Baker Street Muse

Aduuuuuhhh kerrrrrreeennn….!!!

Sebenernya semua lagu di album ini enak semua meski beda style dengan Aqualung. Tapi saya bener2 suka keseluruhan album ini.

Side B nya malah album yahud dari Gentle Giant: Free Hand. Wah sayang banget GG harus bernasib jadi band kelas side B. Tapi ya udahlah …itulah uniknya kaset jadul.

Asik banget malam ini nyetel kaset nuansamatik ini ….

Salam,
G

Canterbury Scene 4: Steve Hillage & Khan

February 3, 2013
Foto 1

Foto 1

Foto 3

Foto 3

By Eddy Irawan

 

Dulu, sekitar tahun 1994 ketika pertama kali mendengar lagu Khan berjudul ‘Space Shanty’ dari kaset Yess, saya bengong. Kok ada ya lagu yang secara teoritis harusnya dimainkan ngerock dengan lengkingan gitar rock yang garang, ini malah disajikan secara fusion-prog. Saat itu saya membanding-bandingkan lagu ini ini dengan lagu ‘Black Dog’nya Led Zeppelin (LZ). Gimana ya seandainya pada saat itu LZ yang bawain ‘space shanty’? Pasti sejarah akan bicara lain.

Khan memang dikenal berkat lagu yang sekaligus menjadi nama album mereka, space shanty, dan menjadi satu2nya album dargrup yang berusia pendek ini. Khan yang dikawal Steve Hillage (gitar/vocal), Nick Greenwood (Bas), Eric Peachey (drums) dan Dave Stewart (piano/Hammond organ, marimbas) hanya sempat bikin satu album, persis lirik puisi Kharil Anwar:
 … sesekali berarti/sesudah itu mati/…
 
Setelah mendengar habis album ini, saya lalu berburu kaset Steve Hillage yang merupakan motor grup band ‘Khan’ ini. Dan gagal! Sampai pada tahun 2007, saya mendapatkan album Perdana Steve Hillage yang bertitel ‘fish rising’ ini di toko 78Records, tapi dalam format cd. Sekalian aja saya beli album solo keduanya, yaitu ‘L’.
Alasan saya mencari album solo Steve Hillage, terutama album ‘fish rising’ adalah karena materi album tersebut sebenarnya disiapkan sebagai album keduanya Khan. Namun Khan keburu bubar pada 1972 karena adanya perbedaan musikal antar pemain, khususnya antara Hillage dan Greenwood. Selepas dari Khan, Hillage lalu bergabung dengan Kevin Ayers (eks The Soft Machine), kemudian membantu Mike Oldfield pada penampilannya di BBC untuk album Tubular Bells pada 1973. Setelah itu, Hiilage memotori Gong yang ditinggal Daevid Allen sebelum akhirnya ia memutuskan keluar dan bersolo karir.

Album ‘Fish Rising’, memang agak identik dengan ‘space shanty’ dalam konsep musiknya. Sejumlah nomor lagu seperti ‘fish’, atau ‘meditation of the snake’ dan tentu saja ‘solar musick suite’ adalah khas musik Khan. Namun, dalam nomor lagu ‘aftaglid’, corak musik Gong sangat terasa. Ini mungkin karena faktor Piere Moerlen. Ya, disamping dibantu oleh Dave Stewart, kawannya sewaktu di Khan, di album ini Piere Moerlen turut andil sebagai pemain drum dan marimbas.  Secara umum, album ini bisa diberi empat bintang.

Tahun 2011, saya nemuin kaset (kaset!) The Best of Steve Hillage rekaman Bootleg. Alangkah senangnya. Walaupun dalam album kompilasi ini tidak ada satupun lagu dalam album ‘fish rising’, namun keberadaan kaset ini telah melengkapi kehadiran 4 album Hillage lainnya yang tidak terbeli. (e)


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 142 other followers