Gamma by Hins

By: Hardani Kristanto

Karena alasan tertentu, saya hampir ngga pernah mengangkut kaset selain rilisan Yess dari lapak2 kaset.
Terkecuali adalah kaset2 yang dulunya pernah punya dan kena di hati, seperti kaset grup rock jadul GAMMA ini, oya kaset ini saya dapatkan juga di DU68, cukup murah Rp.15 ribu saja.

Grup yang dikomandani oleh Ronnie Montrose ini sebetulnya proyek sempalan setelah band sebelumnya, Montrose, diistirahatkan kurang lebih setelah ditinggalkan vocalist-nya, Sammy Hagar, yang bersolo karir.
Cuma menghasilkan 3 album di-era tahun 1979 sd 1982 : Gamma – Gamma 2 dan Gamma 3. Sempet rilis album Gamma 4 di tahun 2000-an, setelahnya tak ada kabar tentang status nama band ini (sumber : wikipedia).
Ex drummer grup AOR ini, Denny Carmassi, sempet gabung ke project-nya Coverdale-Page, juga ke Whitesnake.
Dari track list yang ada, nomor2 yang lumayan nuansamatik adalah “Right the first time”, “No way out”, “What’s gone is gone”, dan nomor instrumentalia “Condition Yellow”.
Di side B, ada bonus albumnya rocker cewe yang nge-top di tahun 70-an, Suzi Quatro, yang posternya yang berciri khas celana dan jacket ketat dari kulit itu, mungkin sempet nempel di dinding kamar para remaja tahun 70-an …
Ingat nomor2 klasik Suzi Quatro macam “Daytona Demon”, “48 Crash” ? Tentang nama Quatro, saya nggah tahu ada hubungannya enggak dengan Michael Quatro yang ada rilisan Yess-nya itu …
Keep on rocking n rolling …

9 Responses to “Gamma by Hins”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Kris,

    Sumprit! Saya gk pernah denger ada band namanya Gamma. Wah gak gaul blas saya ya? Saya justru tahunya Gamma Ray nya Kai Hansen ex Helloween …. Ha ha ha …. Gak claro blas!

    Suwun postingannya mas.

    • Kristanto Says:

      Hehehe, itu mbahnya Gamma Ray mas … Jaman kuliah dulu saya beli, rilisan Hins juga, krn ada tulisan “Rock” nya di cover. Bukan krn tau dari Aktuil/Top, dan rasanya band tsb termasuk underrated makanya mas Gatot ngga copy, hehehe …

      • Gatot Widayanto Says:

        *** wadouw ….hari ini jadwal kerja padet gara2 ada dua mitra kerja wong londo kerja bareng ….tapi sempat baca komen temen2, tapi gak bisa bales ….. ***

        Mas Kris, Kalau dulu saya lihat kaset ini, mungkin saya beli juga apalagi artworknya mirip Rush “Hold Your Fire” (bener gak? Maklum gak begitu terpikat album ini …)

        Gara2 postingan mas Kris, nanti kalau liat kaset ini akan saya bungkus mas ….

    • Kristanto Says:

      Btw, kalau Suzi Quatro kenal kan ?

  2. hippienov Says:

    Aku juga belum pernah denger band ini mas… Tadinya aku pikir ini “Gamma Ray”, band metal Jerman besutan Kai Hansen,hehehe…

    • Kristanto Says:

      Mas Hippienov, saya beli kaset band ini juga tanpa referensi apa2, sebagaimana beli kaset2nya solo Sammy Hagar taun 80-an macam “Standing Hampton” (yg covernya buat saya cukup deg2-an di taun itu, rekaman Contessa)), atau kaset Sammy lainnya yg menurut saya the best yg pernah dirilis Sammy Hagar, “Three Lock Box” (skrg tinggal CD-nya, msh cari kalau ada kaset bekasnya, rekaman AR seingat saya …)

  3. hippienov Says:

    Aku malah dulu gak ngeh kalo Sammy Simorangkir (eh salah Hagar deng :-D) lebih dulu solo karir sebelum ke Van Halen mas.aku lebih kenal dia waktu di VH.sempet kaget waktu ketemu lagu “catch the wind” Sammy yg slow tapi rock itu.

  4. Eddy Irawan Says:

    Dulu saya pernah punya kaset ini, tp krn musiknya rock ringan bahkan mirip2 new wave, ya saya tukar tambah dgn best of The who rock shot

  5. hippienov Says:

    Mas Eddy,ditunggu reportnya belanja di dav musik ya :-D

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 130 other followers

