Archive for April 10th, 2012

11 Hari Lagi Dream Theater Live in Jakarta

April 10, 2012

Band yang Paling Dinanti Kini Siap Tampil

(Harian Kompas, Selasa, 10 April 2012)

 

Akhirnya kabar bahwa Dream Theater tak mau disponsori perusahaan rokok, ternyata runtuh juga karena kali ini penampilannya di MEIS (Mata Elang Indoor Stadium), Ancol, pada tanggal 21 April 2012 disponsori oleh Djarum Super. Ada yang bilang dulu mereka idealis karena Mike Portnoy (drums, salah satu pendiri) tak mau berhubungan dengan dunia rokok, narkoba dan alkohol yang menurutnya adalah ‘The Root os All Evil’. Namun DT yang sekarag sudah tanpa Portnoy, kalau berita itu benar.

Apapun alasannya, yang jelas iklan di harian Kompas hari ini yang memakan satu halaman penuh (warna) konser Dream Theater dan disampingnya ada iklan satu halaman penuh dari Djarum, sangat membanggakan karena baru kali ini salah satu band kesukaan saya bisa masuk iklan. Gak salah nih? Dari dulu band-band yang saya suka seperti Genesis, Yes, ELP, Jethro Tull, King Crimson, Gentle Giant, Pink Floyd rasanya jarang banget disebut di harian umum seperti Kompas ini. Konser Yes tanggal 24 April nanti saja saya ragu bakal ada iklan segede Dream Theater.

Namun harus diakui, Dream Theater merupakan band progressive rock yang berhasil mempertemukan kubu penggemar musik cadas, atau Portnoy di sebuah interview mengatakan ‘the heavy side of Dream Theater’ dengan kubu penggemar musik progressive yang lebih menyukai musik yang berkelok-kelok dan kompleks. Dream Theater berhasi; meramunya dengan baik melalui album yang pertama kali saya kenal dari band ini ‘Awake’. Luar biasa saat itu saya mendengarkan track pembuka ’6:00′ rasanya menemukan perpaduan musik cadas ala Rush atau Iron Maiden atau Metallica dengan Yes atau Genesis. Pokoknya langsung jatuh cinta sama band ini melalui album Awake. Selanjutnya, saya selalu mengikuti setiap album yang dirilis oleh Dream Theater.

Album terakhir ‘A Dramatic Turn of Events’ membuktikan bahwa Dream Theater tak terlalu menggantungkan dirinya kepada drummernya yang keluar, Mike Portnoy. Justru di album terbaru inilah warna progressive rock lebih menonjol ketimbang metal. Di album ini semua lagu yang ada bisa dikategorikan bagus semuanya, termasuk yang ballad sekalipun. Yang paling saya suka adalah ‘Outcry’ yang merupakan kisah pergolakan di Mesir. Namun saya juga menggandrungi ‘On The Backs of Angels’ selain juga ‘Lost Not Forgotten’ dan ‘Breaking All Illusions’. Ah …semuanya saya suka kok bahkan t=yang straight rock seperti ‘Build Me Up, Break Me Down’.

saya sangat berharap ‘Outcry’, ‘Stream of Consciousness’, ‘The Root of All Evil’, ‘Sacrificed Sons’, ‘Voices’, ‘Finally Free’, ‘The Great Debate’, ‘Fatal Tragedy’ semuanya dibawain saat konser di Ancol nanti.

Pada nonton gak? Hayo yang suka gowes, gimana kalo kita nonton DT ntar gowes bareng dari Sarinah? Seru tuh ….

JRENG!

Keep on proggin’ …!

Salam,

G

14 Hari Lagi YES Live in Jakarta

April 10, 2012

Tiga Hari Setelah Dream Theater

Semakin mendekati tanggal konser, semakin penasaran dengan konser Yes kali ini. Tadi malam saya sudah melihat iklan Dream Theater yang rencananya main tanggal 21 April 2012 ini di Ancol. Bahkan sudah ada balihonya yang diambil oleh seorang anggota milis i-Rock! (foto).  Sedangkan Yes yang digelar tiga hari sesudahnya belum ada kabar iklannya. Bisa dipahami karena Yes sudah masuk usia uzur-nya sedangkan Dream Theater sedang menanjak dan disukai banyak anak muda. Memang bulan ini adalah bulan khusus buat penggemar progressive rock karena ada dua band tersebut yang main di Jakarta. Dua-duanya memang layak dihadiri konsernya. Mari kita pusatkan perhatian untuk dua konser tersebut. Long live progrock!

Keep on proggin’ ..!

Peace on earth and mercy mild – GW


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 129 other followers