Tape Deck Tandberg

Tadi malam saya sedang di toko penrangkat son sistem. Yang jelas yang mau saya beli bukannya CD player tapi malahan tape deck! Ha ha ha ha ….. Aneh nih …udah jaman digital kok malahan beli perangkat analog, kaset pulak! Tapi yang penting nuansamatik! Punya banyak kaset kok ndak beli pemutar kaset yang bagus?

Pada saat saya sedang son cek kualitas suara dari pemutar kaset bikinan Norwegia dengan merek dagang TANDBERG, wah ….suaranya muantab tenan….. Yang dipake buat son cek bukan Pink Floyd Dark Side of The Moon tapi kaset rekaman Yess yang gak jelas band nya apa. Gak penting itu! Yang jelas rekaman Yess gedhongan ajah! Whoooaaa… saya puas dan sudah siap mau saya bayar tuh toko son sistem yang jual, di jalan Cikapundung, Bandung. Giliran mau keluarin dompet …eh adzan Subuh berkumandang …. Astaghfirullah! Ternyata saya mimpi! Whoadouwww!!!!! Mimpi yang indah! Mana lebih penting, mimpi atau ke masjid? Ke masjid!!!!!

Saking indahnya mimpi tersebut, masih saja terus terngiang hingga kini. Saya jadi teringat dengan tape deck TANDBERG yang pernah saya miliki saat kuliah dulu. Suaranya sangat nendhank. Bassnya bener2 bulet dan treblenya halus, gak murahan blas! Midrange-nya jelas sampe seolah suara Peter Gabriel nyodok ke kuping saya! Pokoknya Nakamichi Dragon aja putus! Dulu saya beli di Cikapundung dengan harga yang mahal sekali: Rp. 125 ribu! Inget jal …itu tahun 1982 lho! Duwit segitu banyak be’eng wong kiriman bulanan saya aja cumak Rp. 50 ribu! Setelah beli itu tape deck, saya bawa ke Koh Sek Liang yang rumahnya di Jl Taman Cibunut buat disetel dulu headnya. Koh ini memang ahlinya Tandberg di Bandung. Dia lah satu2nya ahli di Bandung yang faham banget dengan seluk beluk tape deck Tandberg ini. Saya beli dua kali saat itu, beda tipe, karena yang satu dipake kakak saya, Jokky, di Jakarta.

Salah satu kelebihan Tandberg adalah menggunakan motor dua sehingga pemutar kasetnya dua-duanya muter. Kalau di tape deck konvensional kan hanya satu motornya. Ini yang membuat kaset yang diputar di Tandberg kagak penah mbliyut (Jowo) alias babaliyut (Sundo). Makanya waktu dulu jaman kuliah di Bandung saya paling suka nyetel Mike Oldfield “Poison Arrows’ (album Discoveries) atau ‘Tom Sawyer’ nya Rush dalam volume kuwenchenk di pagi hari – biar semangat kuliah. Biyuh … Muantebh ndhredegh …(istilah Bang Ijal nih ….). Kalau udah gini lupa dah sama kualitas turntable karena tape deck Tandberg memang doahzyat! (saking semangatnya sampe muncrat nih cipratan ludah dari mulut ….ha ha ha ha disgusting man ….!!!).

Sayang….saya tak menyimpan foto tape deck saya nan nuansamatik itu …. Yang ada kok foto son sistem saya tanpa Tandberga: Fisher tape deck (lupa tipe apa), amplifier NAD tipe 3030, dan sepasang loudspeaker AR 18. Ingat jal! Saat itu masih mahasiswa lho ..punya perangkat kek gini tergolong WAH saat itu. Temen kos2an saya paling pake mini kompor yang watt nya aja pake PMPO kayak Pak Pung Oil ajah! Paling banter ada tetangga yang pake son siistem standar: Tape Deck Sony, amplinya Sanusi trus speakernya merek Tawon. Prek! Kalah jauh sama punya saya …..! Sehingga kalau pagi hari hanya kamar saya yang super duper nendhank gumlandhank gelondangan ….JRENG! “A modern-day warrior Mean mean stride, Today’s Tom Sawyer Mean mean pride!” DHUK DHUK DHUK JRUEEENG!!!!!!

Pertanyaan buat temen2:

Mumpung sekarang lagi demam kaset, sebaiknya beli tape deck apa ya? Mungkin Bro apec sudi kiranya berbagi ilmu? Saya pake Walkman kok rasanya kurang nendhank, suara suka gak stabil …. Ayo Bro Apec, mbok berbagi ilmu tape deck nya …. Tandberg saya sudah dimakan jaman, gak tahu kemana tuh …

Salam,

G

—–

Setelah posting tret ini, saya browsing di internet ternyata ada fotonya TCD-300:

39 Responses to “Tape Deck Tandberg”

  1. Gatot Widayanto Says:

    WHOOAAA…!! Saya NDHREDHEGH!!! Ternyata tape deck ini meski gak diproduksi lagi ternyata masih dijual di eBay. Ini model yang saya beli dan kemudian dipake kakak saya: TCD-310, lihat fotonya:

    http://www.ebay.com/itm/Tandberg-TCD-310-Cassette-Deck-/250935559864?pt=Vintage_Electronics_R2&hash=item3a6cecc6b8

    Yang saya pake adalah TCD-300. Sayang gak ada fotonya, tapi ini ada yang jual operating manualnya di eBay, model tape nya ya gini ini:

    http://www.ebay.com/itm/TANDBERG-OP-MANUAL-TCD-300-CASSETTE-DECK-1972-/190558267538?pt=Vintage_Electronics_R2&hash=item2c5e286892

    Ternyata di eBay banyak dijual spare part nya Tandberg model jadul. Saat itu yang paling top TCD-330 tapi harganya saya tak sanggup beli, kalau gak salah Rp. 400 ribu duwit jaman segitu jal!

  2. Gatot Widayanto Says:

    Eh di Youtube ada demonya TCD 330

    Wah edaaaann…. Jadi pengen punya lagi!!!!!

  3. Kristanto Says:

    Waduh mas, aku malah nggak ngerti kalau ternyata ada merk tape deck “Tandberg” ini, tak kiro sing paling top iku merk Sansui atau Nakamichi je …
    Saya juga lagi “pengen” bisa punya sebuah son sistem analaog buat muter kaset, bayangan saya paling tidak dua atau tiga tingkat susunannya, satu pemutar kaset, amplifier plus radio, kayak jaman dulu, masih seperti itukah teknologinya ? LHA, saya saat ini kalau mau muter kaset cuma ngandalin compo Philips, bonus beli hom teiter … Mutu suara compo tsb, jelas sangat terbatas, suara drum dheg dheg cas kabur banget, mesakne yo …

  4. apec Says:

    Tanberg memang sangar suaranya..saya sendiri tdk pernah dengar langsung, hanya dibritahu pedagang tape beberapa tape deck yang berkualitas bagus.. saya sendiri di rumah cuma pake tape deck Yamaha dan Denon dengan pre Amp dan Ampli Marantz..Itupun di toko Tape deck bekas sudah sulit carinya..Yang paling sering ada biasanya kelas Sansui,Sony.. Wah,kalo om Gatot berhasil dapat Tanberg itu, wahh,blog ini makin mentereng,karena lagu yang di review berasal dari Yess atau Monalisa yang didengar via Tanberg..

  5. hippienov Says:

    Foto tape deck yg dipasang mas G dgn rak koleksi kaset diatasnya ud cukup bikin ak miris..seumur2 ak ndak pernah pny son sistem canggih.dulu malah pake tape mobil yg speakernya ditandem pke ember biar ada gaungnya dikit jd lumayan jelas suaranya.skrg pun cm pke aiwa yg ud gak bs ditu2p “pintu” deck nya.ak akalin diiket pke cable ties..yah lumayan pas2an suaranya mas,masih kedengaran dikit dahsyatnya nyetel Yess..
    Belum lama ini ak malah tanya bro Apec apa ada stereo system yg bs copy kaset ke cd n kata bro Apec ada tp msh lumayan mahal..

  6. hippienov Says:

    O ya mas G,itu kayaknya koleksi Yess mas G ya di rak kaset paling atas?tuobz :-)

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Hippie,

      Betul … Itu yang kelihatan di bawah memang yang non Yess. Yang di bagian atas di rak itu isinya Yess semua … ha ha ha … Bahkan yang non Yess kemudian di sampingnya saya kasih label warna hijau dan saya RUGOS nama band nya – jadi warnanya standar hijau atau biru ….

      Nah …sekitar tahun 2000-an saya bikin rak lagi gan ternyata gak bisa menampung semua kaset Yess saya. Sudah pernah saya posting mas, ini dia:

      http://gwmusic.wordpress.com/2007/06/01/rak-kaset-nuansamatik/

      Salam, G

  7. Gatot Widayanto Says:

    Mas Kris,
    Saya tahu TANDBERG ya gara2 ergaul sama pasar loak Cikapundung – wong belinya memang di situ mas. Waktu itu model TCD 310 sudah diproduksi 5 tahu sebelumnya – artinya ya barang bekas mas.

    Bro Apec,
    Jujur aja …suaranya Tandberg gak ada yang bisa kalahin. Bahkan saya lebih suka dengerin via kaset ketimbang pelat karena memang suaranya mantebh tenan. Saya pernah bandingkan sama Nakamichi Dragon dan NAD – masih tetep Tandberg jagonya. Bass nya itu lho yang bulet ,….. Biyuuhh!!!

    Salam,
    G

  8. hippienov Says:

    Mas G,wuih..uedan tenan,markotop pol mas!
    Segitu bnyknya kaset Yess mas G.sampei tak save fotonya mas,maknyus..
    Kapan2 boleh ndak main ke rmh mas sekedar mengagumi koleksi kaset mas?takjub ak mas..
    Btw,mas G pesen dimana rak kasetnya?ak dr dl kepikiran mau buat mirip gitu jg tp blm ada yg bs buat pas spt yg di foto mas G..
    Tuobz mas G..

    • Kristanto Says:

      Mas Hippienov, kira2 perlu waktu sekitar 3 mingguan non-stop buat muter koleksi YESSnya mas Gatot tsb … Belum termasuk yang harus diputer ulang minimal 2 kali untuk album2 tertentu macam Marillion “Script …” atau Rush “Hemispheres” hehehe …

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Kris,
        Itu gak efektif mas. Menikmati kaset Yess itu “kudu mempeng” gak boleh asal puter karena itu sudah benda keramat. Artinya, dalam sehari maksimum hanya bisa menikmati 5 kaset atau 5 jam. Belum lagi ditinggal nggodog banyu buat bikin kopi tubruk ….palingan juga kalo mau bener2 tenggelam, yah sekitar 4 kaset lah sehari. Maka, diperlukan 125 hari buat melahapnya semua ….. Gimana? Sanggupkah 4 bulan menikmati semua kaset Yess yg saya punya?

        Wakakakakakakak ….

        Salam,
        G

  9. ricky Says:

    mas gatot kalo mau cari tepe deck coba Tascam 112 MKII….tape standar yang di pake radio station.jadi ada kemungkinan cari barang nya enggak sulit.kalo mengenai kualitas percaya deh sama kuping saya yang jam terbangnya udah 50 ribu jam dengerin suara music(jadi malu)…BTW…dulu kan tape tandberg sempet di servis…soal nya di sumbawa pernah ada…….ngomongin tape deck jadi inget TEAC C-1…..beratnya gileee banget….saking beratnya di kedua sisinya di buat pegangan tangan……

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah …boleh juga tuh Tascam 112 MK II, bro Ricky …. Dimana carinya? Di Bandung masih ada? Di pasar mana? Cikapundung? Katanya udah pindah?
      Kisaran harga second berapa ya?

      Wah …bener …jadi pengen punya tape deck jadul ….biar SENSASI jadul nya lebih greget gitu …..!!!!

      Saya pernah punya TEAC seri pertama, yg juga dipake Duta Suara. Banyak banget DS pake Teac ini, sampe puluhan biji di Jl. Sabang.

  10. hippienov Says:

    Mas Kris,biar perlu 1 tahun penuh yg dibutuhkan u/ dengerin koleksi kaset mas G,kyknya ndak rugi mas,hayo wae..lah wong kaset gedhongan Yess yg diputer didukung son sistem mas G yg mumpuni,walah maknyus tenan..he2..
    Mas,ada koleksi prog anyar apa lg di katalog mas Kris? :-D
    Mas,mau barteran lg ndak?ak ada Klaatu rekaman perina kl mas berkenan.

    • Kristanto Says:

      Mas Hippienov, sekarang ini saya cuma hunting yang rekaman YESS, biar koleksi dikit, tapi gedhongan … ini saya lagi tunggu kiriman paket dari bandung (via tokobagus.com), ada : GG “Octopus”, Genesis “Lamb lies …”, James Gang dan Yes “Drama” …
      Boleh juga kalau ada Supertramp yg “Bother where you bound”, direkam Yess juga, pernah liat di google, hehehe … (mas Gatot pasti punya tuh …)

      • Gatot Widayanto Says:

        Wah hebat kaset Yess nya nambah terus nih …. Saya gak punya Supertramp rekaman Yess mas … gak tahu bahwa itu ada ….

      • Kristanto Says:

        Hehehe, saya baru punya Supertramp yang “Free as a bird” mas, gak sengaja dapet dari lapak kaset bekas …

      • Gatot Widayanto Says:

        Lapak kaset bekas dimana mas? Saya gak pernah liat Supertramp rekaman Yess …

      • Kristanto Says:

        Saya lupa mas, tapi kaset itu saya bawa dari kampung, jadi kemungkinan ya dari lapak2 di samping pasar Beringharjo itu … Besok2 coba saya foto mas …

    • Kristanto Says:

      Koleksi anyar blom ada, paling (udah agak lama) album barunya prog londo Knight Area …

  11. ricky Says:

    wah udah lama nih enggak ke cikapundung……nanti kalo iseng cek kesana….mengenai TEAC…paling yang seri A 450/A360…..dua dua nya di pake buat rekaman yess….buat play and record nya udah bagus….tapi tetep bass nya lebih tebel tascam…

  12. Adi Says:

    weh saya tau-nya Tandberg itu utk pemutar pita DLT yg biasa buat backup data seismik, sumur dllsb itu, jebul ada tape deck-nya juga to? mantep suromenggolo tenan iki :)

  13. Gatot Widayanto Says:

    Ya betul, sekarang orientasi bisnis Tandberg bukan lagi sound system … tapi mereka masih eksis dan besar

  14. Herry Says:

    Saya pake Bang & Olufsen (nulise bener opo ora yo???) yang umurnya sudah 11 tahun, sudah ganti head 2 kali. Suarane yo “njleger” gitu. Tapi perlu hati2 kalo nyetel kaset jadoel apalagi yang susah nyari lagi kayak bikinannya Yess dan Aquarius cover hitam putih. Saking cepetnya kalau rewind atau fast forward, bisa bikin kaset putus diujung….yo dadi gawean….

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha ha …. Pak Herry lucu …. Bang & Olufsen memang bagus juga. Saya belum pernah coba tape decknya.

      Iya pak … Tape Deck Tandberg kalau REWIND juga kenceng banget. Mungkin karena memakai 3 motor ….

  15. apec Says:

    habis ini akan saya foto om,penjual tape Tanberg yg saya temukan. nanti saya tanyakan harganya dan akan saya kabari njenengan..barangkali njenengan tertarik

    • Gatot Widayanto Says:

      Termasuk manusia langka berkualitas tinggi tuh …. Wajib difoto, bro Apec!

      Bagi yang belum kenal Tandberg, duh …betapa meruginya ……! Kau kemanakan saja masa mudamu? Waktu itu jaman kaset bajakan merjalela dengan harga terjangkau. Trus pemutar kaset bermerek Tandberg ini hanya satu-satunya (saya ulang ..hanya satu-satunya) yang menghasilkan kualitas suara super duper prima …bahkan kalau dibandingkan dengan suara CD jaman sekarang, kaset yang dipter di Tandberg lebih kerrrreeeeennn!!! Dulu orang bilang Nakamichi Dragon paling top … PREK! Kalah tuh sama Tandberg kualitasnya! Dijamin! Lha ..wong sya sudah uji coba keduanya kok ….

      Hmmmmm…jadi pengen punya lagi tuh tape deck …..

  16. apec Says:

    gendhenggggg….padahal Nakamichi Dragon iku suarane wis membuat telinga kita sampe lepas saking enaknya…lha ini masih kalah sama Tanberg….gak iso bayangno aku,ha..ha..

  17. ferry Says:

    mau langsung ngobrol dan bernostalgia sama pemilik monalisa ? kapan-kapan main” ya ke bandung di jalan Gardujati no.8 Toko Sangkar Indah.

  18. maman Says:

    tanberg player aja? atau jadi satu sama ampli? kalau amlpi terpisah yang pas buat tamberg atau amlpi yang bagus merek apa? mohon info saya lagi cari ampli yang enak di dengar..terima kash

    • Gatot Widayanto Says:

      Player aja pak ,,,…

      Kalau ampli, saya paling cocok ya NAD pak …suaranya natural dan saya biasanya kalau nyetel dalam posisi “flat” (treble dan bass pada posisi “0″).

      Tapi ada juga orang yg kurang sreg bila treble nya tidak ces ces kemrincing …. Selera ….

  19. domme Says:

    Saya penggemar berat ampli Sansui…

  20. franky Says:

    mohon informasi nya, saya sedang mencari Motor untuk Tape deck TEAC A100, motornya dengan tegangan 50 V, diaman saya mendapatkannya. terima kasih atas bantuannya.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Franky,

      Kalau tinggal di Jakarta, silakan langsung bawa contohnya ke Glodok …. Di sana banyak barang jadul. Moga2 ada ….

      Salam, G

  21. herman Says:

    Mas G, bagaimana dengan DAT / Digital Audio Tape ? saya pernah lihat pertunjukan di kantor pakainya DAT .

    • Gatot Widayanto Says:

      Konon suaranya bagus. Saya belum pernah denger mas Herman ….. Mestinya OK. Tapi jarang artisnya ….

  22. herman Says:

    Maaf Pak atau Mas Franky, apa nama lengkapnya Pak Franky Raden ?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 152 other followers

