ProgTalk : YES “Fly From Here”

JRENG!

Menungso prog harus berani mencoba sesuatu yang baru. Kali ini saya coba masukkan topik ProgTalk. Ini dipicu oleh email-emailan antara mas Hippienov dengan saya tentang album anyar YES. Setelah saya pikir kok substansinya lebih maknyus kalau kita bahas rame2, makanya saya posting di sini aja biar semua orang yang kesasar ke sini tambah misuh2 … “Iki blog karepe opo to kok email barang diposting?”. Yo ben …!!! Jenenge wae wong prog ..kelakuane yo gemblunk to? (Mas Hippienov, kalau Anda keberatan emailnya diposting di sini, silakan lapor ke Badan Abritase Nasional ….saya akan segera menurunkan postingan ini dari blog gemblunk ini sebelum Badan tersebut sempat mengunjungi blog ini …saya takut mereka ketularan ngeprog ntar …..)

Silakan diikuti ProgTalk ini …

——

Yes Fly From Here album cover
From: Stevanus <novrileonard@yahoo.com>
Date: 2011/7/25
Subject: Hello Mas G..
To: gatotprog@gmail.com

Hello mas,piye kabare?
Aku makin jarang posting di blog mas. Kayaknya ada sumthin’ wrong dengan hape-ku,belum lama aku coba posting pake hape jadulku dan ternyata bisa tapi ampun koneksinya lama dan susah ngetiknya, maklum keypadnya ud mulai lemot..
Mas,sabtu kemarin orderan Yes ku nyampe dari Amazon, kaget juga soalnya konfirmasi terakhir bilang pengiriman tgl 12 july dan sampei tgl 12 agustus, gak taunya muncul sabtu kemarin. Wah seneng banget mas :-)
Langsung aku stel n tiap hari bolak-balik aku stel ulang. Maknyus tenan, Yes masih tetep prog walau ud berumur semua.
Menurutku unsur Yes “drama” lumayan kentara di album anyar mereka, mungkin karena ada Geoff Downes n Trevor Horn ya?
Dari semua track menurutku cuma 1 lagu yang cukup kental nuansa pop nya di “the man you always wanted me to be” dari Squire, yang lain prog markotop :-D
Howe juga nyumbang nomor instrumental, jadi inget sama “the clap” di yes album n “masquarade” di union mas.
O ya, vokal David Benoit sekilas mirip Anderson, wah pokoknya seneng banget mas, gak nyesel order jauh2 dari amazon,he2..
Suwun mas G..

Keep on proggin’ our neighborhood..
Hippienov

Sent using a Sony Ericsson mobile phone

——

From: Gatot Widayanto <gatotprog@gmail.com>
Date: 2011/7/25
Subject: Re: Hello Mas G..
To: Hippienov <novrileonard@yahoo.com>

Halo mas Hippienov ….

Kok aneh ya, bisa email tapi gak bisa komen di blog? Semoga sekarang OK ya mas.

Wah, asik juga ulasan Yes nya. Lha aku kok malah cuman bisa bertahan sampai track 3 ya mas? Selebihnya aku bosen, gitu2 muluk ….terlalu lembek. Apalagi dibandingkan band2 seperti IQ, Palls, Pendragon yang makin mantap musiknya. Faktor bosen karena tempo lambat dan kurang variasi itulah yg membuat saya hanya bertahan sampai track 3. Track selanjutnya udah capek dengerinnya …..

Tapi itu selera aja kali ….ntar aku coba track 4 seterusnya ….

Salam,
G

Powered by Driji_JempolĀ®

———

From: Stevanus <novrileonard@yahoo.com>
Date: 2011/7/27
Subject: Yes “fly from here”
To: gatotprog@gmail.comHalo mas G, slamat pagi, slamat beraktivitas :-)
Setelah baca email mas kemarin, aku coba dalami dan spin n listening lagi album anyar Yes, dan ternyata mas bener, album ini memang masih prog tapi kurang greget. Dibandingin album2 lawas Yes semisal “fragile, close to the edge, relayer, the yes album,etc” kalah jauh. Terus aku bandingin lagi dengan “dark matter” nya IQ (album terakhir IQ yg aku punya krn belom punya “frequency”,he2) walah musik di “fly from here” kalah juga. Track “fly from here” yang kata Squire adalah salah satu komposisi epic Yes lama2 terdengar biasa aja, cuma memang durasinya lumayan panjang.
Tapi lumayan ya mas gak jelek2 amat buat group prog tua yang masih berusaha bertahan bikin album prog dan gak pasrah nyerah sama selera pasar. Harusnya Marillion dan Genesis juga bisa doing the exact same thing as Yes ya mas , jadi gak bikin para progger terlalu kecewa..
Aku gak ngerti kenapa aku bisa email n browsing pake hape tapi gak bisa post comment di blog mas..menyedihkan sekali..
Padahal cuma hape ini kunci gerbang buat aku masuk ke dunia maya. Di kantor aku gak dapet fasilitas internet, di rumah aku juga gak bisa browsing. Mau beli external modem tapi belom kebeli juga sampei sekarang..
Beda waktu di kantor lama aku malah sampei bisa jadi “produser musik”, he2.. download n burn cd..maknyus tenan..
C’est la vie.. Life’s a turning wheel, and now I’m at the bottom of the wheel..

Keep on proggin’ the world..
Hippienov
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

——-

15 Responses to “ProgTalk : YES “Fly From Here””

  1. Kristanto Says:

    Emang beli album baru kadang taruhan juga, tapi kalau udah selera ya saya pikir kembalikan aja ke saraf sensorik kuping kita, hahaha …
    Jon Anderson emang sdh jadi trademark grup Yes, biarpun dia sempet solo karir, lagi2 begitu denger golden voice-nya pikiran kita langsung ke … ini vocalistnya Yes ! Jadi dgn vocalist baru (D Benoit – kayak nama jazz keyboardist, inget “Urban Daydream”), pikiran kita akan tanya dulu, ini Yes bukan sih ? Spt juga waktu Hogart gantiin Fish di Marillion, atau Ray Wilson gantiin PC di Genesis, … mungkin ???
    Kuping saya sendiri yang udah karatan, tidak mudah untuk mencerna album baru Symphony X “ICONOCLAST”, dari sembilan nomor yang ada cuman track 2 & 9 yg masuk, padahal udah 3 harian ini nonstop saya coba nikmatin … album2 sebelumnya macam Odyssey dan Paradise Lost sptnya lancar2 aja mncernanya …
    Cerita jadi lain kalau album2 tsb rekamannya Yess gradasi biru, biar lagunya gak selera, malahan gak prog, ya kita koleksi, biar jadi gedongan hehehe …
    Keep on proggin’ …

  2. apec Says:

    Ha..ha…. komentar mas Kris bener benar berkelas, terutama kalimat terakhir mengenai kaset Yess. Sama mas Kris. telinga saya waktu dengerin Kamelot yg baru , rasanya kurang menggigit di telinga saya meskipun lebih ngeprog,dibanding saat dengar album Karma. Apa bener ya kuping kita karatan,shngga sulit mencerna hal baru…

  3. Gatot Widayanto Says:

    From: Stevanus
    Date: 2011/7/28
    Subject: Surprise! Surprise!
    To: gatotprog@gmail.com

    Sore mas G,
    Walah aku kaget jumpalitan pas tau dan baca emailku masuk blog yahud mas,what a brilliant idea mas progtalk-nya,moga2 berlanjut dengan edisi2 yg lain :-D
    Wah aku sama sekali ndak keberatan mas, mboten nopo2 malah seneng :-D

    Balik lagi ke Yes “fly from here”, aku rada gak paham kenapa Anderson gak ikutan atau diajak ikutan bikin album itu ya? Padahal Yes pernah coba ganti vocalist (Trevor Horn di “drama”) dan walau suaranya mirip2 Anderson, akhirnya mereka bubar, karena katanya respond fans gak gitu antusias sama Horn. Apa temen2 di Yes gak takut kejadian sama lagi ya? Kan kayak deja vu jadinya,he2..
    Kalo faktor Downes gabung lagi I have no problem with that, though I like Wakeman better but it’s alright, Downes is also a good keys player :-)

    Buat mas Kris, aku juga agak sulit bisa trima Symphony X mas. Walau aku suka album “odyssey” tapi kayaknya cukup album itu yang aku beli, lainnya cari download-an aja,ha3..
    Jujur aku lebih pilih dengerin Overkill, Kreator, Slayer atau Suicidal Tendencies sekalian yang thrash/speed metal :-D

    Mas G, suwun sekali lagi buat progtalk nya n for reading my email..

    Keep on spreading our prog news..
    Hippienov

    Sent using a Sony Ericsson mobile phone

  4. Gatot Widayanto Says:

    Mas Kris,

    YES tanpa Jon Anderson sebenernya OK dan pernah terjadi dengan album DRAMA (1980). Menurut saya album tersebut bagus dan ada nomor yang ga bisa dipungkiri keprogannya yaitu MACHINE MESSIAH dan TEMPUS FUGIT. Dua lagu ini keren abis. Tempus Fugit sangat energetik musiknya. Kualitas vokal Trevor Horn tak mengganggu sama sekali.

    Pergantian Gabriel ke Collins di Genesis cukup mengagetkan namun bagusnya Collins tak berusaha meniru suara Gabriel. Dia membawakan apa adanya. Contoh: Supper’s Ready di Seconds Out tak ada upaya meniru suara Gabriel – toh masih asik juga. Juga ada Cinema Show.

    Untuk Benoit David, di awal lagu (track kedua, track pertamanya kan Overture) dia kelihatan MENIRU ABIS suara emas Jon Anderson. Ini yang menurut saya NGGILANI TENAN. meski lagunya enak, saya sebel dengerinnya. Kenapa musti berusaha nge-Jon? Alamiah ajalah ….

    Bro Apec,

    Aku setuju komentar njenengan ….tentang kalimat terakhir di komentar mas Kris …ANDAIKAN YESS …. Ha ha ha ha …. Jangankan YES, albumnya Frida + Phil Collins yang jelas pop pol kalau didengerin pake kaset Yess terasa GEDONGAN banget padahal musik dan lagunya sama ….. ha ha ha ha ha ….

    Mas Hippienov,

    Sebelum album Fly From Here digarap, beberapa anggota Yes ingin tur dan Jon lagi sakit. Karena mereka tetep pengen tur makanya Yes tur tanpa Jon dan menggunakan Benoit sebagai lead vocal. Jon marah2 karena tanpa dia “BUKAN YES” lagi katanya. Sejak itulah mereka retak…. Makanya di album ini tak ada YES. Sedangkan yang pegang nama YES adalah CHRIS SQUIRE karena dia pendiri dan tak pernah keluar dari Yes. Masih ingat ABWH? mengapa tak pakai nama YES padahal formasinya kan mirip sama CLOSE TO THE EDGE? Ya karena Chris gak diajak ….
    Coba kalau ada Chris, pasti namanya YES, meski tanpa Alan White.

    Salam,
    G

  5. Puji Says:

    Mas hapienov mau tanya berapa kalau dr amazon, saya dapet dari musik plus 245

  6. Rully Says:

    heheh saya tertawa sendiri nih melihat komen2 dari oom sekalian terutama yang bilang kaset keluaran Yess: gedongan. bahasanya menurut saya lawas sekali dan lucu (maklum beda generasi nih oom). Saya juga pingin komentar sdikit ttg album Yes yang terbaru (duh sebenernya ada rasa sungkan nih memberi komen, mengingat saya anak baru kemarin, tp komen buat sepuh bgini. ampun ya Oom). Menurut saya album Yes terbaru ini rada2 bernuansa Neo prog gitu ya, sekilas terdengar seperti IQ, Pendragon, dll. Banyak review2 yg bilang album ini mirip seperti album Drama, saat itu juga saat habis mendengar album ini lalu saya denger drama. iya sih ada kemiripan. ada benang merahnya. Saya cukup rindu dengan Yes era time and world, yes album, dll. sedikit kecewa jg pas pertama kali denger album baru ini, tp ya setelah denger 3-4 kali baru bisa menikmati.

  7. Kristanto Says:

    Mas Gatot, Yes “Drama” emang top barokotop, lupa juga
    kalau vocalnya bukan si Jon, hehehe …
    Bro Rully, emang sebagian dr kami masuk kategori “kuno”,
    hahaha … krn prog rock lahir di jaman kuno, berarti
    kami termasuk pionir yg telah ikut melestarikan musik prog,
    hahaha … Opo iki maksude ?
    Kenapa gedongan ? Krn kaset YESS skrg sdh susah dicari,
    kalaupun ada harganya juga selevel dengan harga CD artis
    musik lokal baru, 35rb-an.
    Alasan lain, dsebut gedongan krn di th 80-an, kaset Yess
    termsk barang gedongan (impian, yg hanya bisa dibeli dgn
    mudah oleh kaum gedongan, d/h the haves …). Perlu nabung
    sisa uang sekolah selama 2-3 minggu untuk sekedar bisa
    beli satu (1) buah kaset rekaman YESS.
    Nah sekarang, sewaktu kita sdh punya uang sendiri, barang
    tsb (kaset YESS records) susah banget untuk mendapatkannya,
    apa gak laak disebut barang gedongan/ superior, makin mahal
    makin dicari … Hahaha, wis ah nggladrah kemana2 …

  8. Kristanto Says:

    Oya, hari Jum’at kemarin baru aja dealed dapet YESS-nya
    Gentle Giant “power n’ glory” dan ELP “piano concerto”
    dari seorang kaskuser dr Yogya.

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah …selamat mas Kris! Keren tuh dua kaset……

      • Kristanto Says:

        Suwun mas Gatot, baru aja saya terima via JNE, sekilas terkecoh juga dgn cover GG “The Power n The Glory” yang ada di sampul kaset YESS gradasi ijo no urut 080 … Beda dgn cover yg versi CD, pakai kata2 ” … Pretentious – for the sake of it …”
        Btw, selamat puasa ya mas … progging while fasting …

    • apec Says:

      Wah, sampe detik ini saya belum dapet Yess Gentle Giant yang power n Glory, ayo,kuganti berapa mas Kris? haa.haaa..
      Meski gak koen tuku, gak pathek’en, mungkin demikian batin mas Kris…

      • Kristanto Says:

        Bro Apec,
        Saya termasuk yang lumayan susah mencerna musiknya GG, tapi karena rekaman Yess gitu loh …. jadi sering kuputer, mugo2 cepet pinter tanpa keblinger …

      • Gatot Widayanto Says:

        Puter aja PROCLAMATION berkali-kali mas … Pasti suka pol!!! Enak tuh lagu …

      • Kristanto Says:

        Tul mas, nuansanya pas menjelang 17-an ….

      • Gatot Widayanto Says:

        Cuplikn lirik pas bagian ini enak pol:

        “The SITUATION …” ……. GG pancen top!

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 141 other followers

