Jethro Tull “Bursting Out”

JRENG!

Saya memang sedang ada program memindahkan semua CD koleksi saya ke format MP3 dengan bitrate 320 dengan alasan kepraktisan, biar bisa dibawa kemana aja dengan hard disk atau iPod. Sudah dua weekend ini saya belum selesai juag rip koleksi CD Jethro Tull saya saking banyaknya, rasanya sekitar 30 keping CD. Sabaaarrr …

Hari ini, sambil ngerip CD2 Jethro Tull, saya pasang di komputer saya album live “Bursting Out” yang nuansamatix dan merupakan “Seconds Out” atau “Yessongs” atau “Playing A Fool” nya Jethro Tull. Masih ingat saya pertama kali beli kaset ini di pusatnya Yess Jl Veteran Bandung, kaset ini menjadi favorit saya dan tiap hari saya puter terus. Maklum saat itu saya baru tahun pertama di ITB dan belum lahir yang namanya Marillion. Pada saat liburan ke Madiun pun saya bawa juga kaset ini bersama dengan Genesis “Duke”. Memang dari segi kualitas auidio rekaman, kaset ini gak begitu bagus, tidak “ulem” bahkan suaranya “kemlothak” (keras, ndak empuk – red.). Namun nuansa live nya jan uediyan tenan! Apalagi lagu2nya tergolong sudah familiar banget di pangsit saya, baik pangsit kanan maupun pangsit kiri. Emang ada pilihan buat menikmati musik pake pangsit kiri saja atau kanan saja? Ya, kalo mau sih .. Itupun kalo ndak ada kerjaan. Lha wong aneh, menikmati musik kok pake satu pangsit, padahal punya dua pangsit sejak lahir. Ya ndak? Wis embuh kok dadi ngalor ngidul!

Saking melekatnya kaset ini di sanubari saya, waktu saya menulis review di progarchives, saya ceritakan juga lho pengalaman nuansamatik saya dengan kaset ini. Saya tuh terkesan dengan kata2 pembuka dari MC yang bilang “…sit back relaxed ….” terus mbuengok “JETHRO TULL …!!! JETHRO TULL …!!!” wah begitu nama band ini disebutkan dengan lantang sambil mbuengok maka langsung “njegrag” lah ulu ati saya. Apalagi Ian Anderson langsung menghunjam dengan suara flute disertai dentuman bunyi drum mengawali “No Lullaby” yang begitu gagahnya sebagai pembuka album. Wis jan uediyan pol lah jal! Gendhenk tenan iki Ian Anderson. Udah gitu nyanbung ke “Sweet Dream” yang riff-nya menggelegak jiwa merontokkan sukma itu .. aduh biyuuuuung Gusti Alloh nyuwun ngapuro! Terus waktu Ian Anderson ngomong: “Martin on marimba …Martin on marimba …Horaaayyy!!” kueren pol jal!

Pokoknya semua lagunya bener2 bagus dan performance nya juga keren. Thick As A Brick nya aja meski hanya 12 menit namun selama dua belas menit itu kita disuguhi dengan musik yang indah sekali. Terus, siapa sih yang jantungnya ndak gogrok atau paru2nya jadi menggelinjang menikmati riff sedap dari “Cross-eyed Mary”? Tak normal lah manusia kalo ndak tersentuh menikmati lagu ini apalagi versi live ini. Belum “Locomotive Breath” maupun “Aqualung” nya…!!! Wis pokoke ditanggung ngguweblak lah! Gak percaya? Dengerin aja ndiri!

JRENG! JRENG! JRENG! JRET! JRET! (seperti riff nya Locomotive Breath)

Salam,

G

Ini review hamba di progarchives:

Jethro Tull “Bursting Out” by GW

 

Live, released in 1978

Songs / Tracks Listing
Track listing of 2004 re-issue:

CD1
1. Intro by Claude (0:50)
2. No Lullaby (4:47)
3. Sweet Dream (6:30)
4. Skatin’ Away On The Thin Ice Of A New Day(4:30)
5. Jack-in-the-Green (3:12)
6. One Brown Mouse (3:53)
7. New Day Yesterday (2:27)
8. Flute Solo Improvisation / God Rest Ye Merry 9. Gentlemen / Bourée(6:08)
9. Songs From The Wood (2:40)
10. Thick As A Brick (12:26)

CD2
1. Intro by Ian (0:42)
2. A Hunting Girl (5:44)
3. Too Old To Rock ‘n’ Roll: Too Young To Die (3:56)
4. Conundrum? (6:57)
5. The Minstrel in the Gallery (5:41
6. Cross Eyed Mary (3:58)
7. Quatrain (1:33)
8. Aqualung (8:37)
9. Locomotive Breath (5:34)
10. The Damnbuster’s March / Medley (3:28)

Lyrics

Search JETHRO TULL Live – Bursting Out lyrics

Music tabs (tablatures)

Search JETHRO TULL Live – Bursting Out tabs

Line-up / Musicians

- Ian Anderson / flute, vocals, acoustic guitar
– Martin Barre / electric guitar, mandolin, marimba
– Barriemore Barlow / drums, glockenspiel
– John Glascock / bass, guitar, vocals
– John Evans / piano, organ, accordion, synthesizers
– David Palmer / portative organ, synthesizers

18 Responses to “Jethro Tull “Bursting Out””

  1. Rully Says:

    setelah baca tulisan ini, saya jadi pingin muterin album2nya jethro tull sembari menemani belajar untuk ujian pagi esok.. hehe dari this was sampe songs for the wood sudah terputar sedari tadi. hehee

  2. Rully Says:

    oh iya, jadi iri tuh om koleksinya bitratenya 320Kbps semua. Saya download ada beberapa yang 198 dan 128, hadoh ngga nendang..

  3. Kristanto Says:

    Kekurangan saya dari dulu, ngga tau nih kuping koq susah banget buat ngakrabin lagu2nya Jethro Tull. Cuman punya “Minstrell in the galery” & “Aqualung” yang mungkin lebih setaun ngga keputer.
    Masih hrs banyak belajar nih …

  4. ABDEL HAKEEM Says:

    Tahun tujuhpuluhan ada tiga penyanyi yang nama belakangnya pakai Anderson yaitu Jon Anderson Ian Anderson dan Lyn Anderson tapi ketiganya punya genre dan gaya masing masing dan kalo Lyn pennyanyi cewek dan lagu lagunya juga pop.

    Cheers

    Abd Hakeem

  5. ABDEL HAKEEM Says:

    Kapan pak Gatot mau bahas KAIPA? band swedia yang menurut saya sangat bagus sekali dan menurut sahabat saya band itu sangat ngeprog

  6. antoix Says:

    Mantep Mas-e…
    Menurutku Mr Anderson main flute dengan semangat gitar elektrik
    Nganngo trombone iso ora ya Mas?

  7. Kristanto Says:

    Ini dia enaknya ikut blog guemblung ini, dapat referensi ttg KAIPA. Browsing di Amazon.uk dpt info kalau grup ini melodic prog, reference-nya juga ke Transatlantic, Kansas, PT, Jordan Rhudes yg emang dedengkotnya progrock. Boleh dicoba dah …

  8. adi Says:

    wah grup yg ini yg msh berat masuk di kuping oom G. muhun petunjuk, hehehe …

  9. MH Alfie Syahrine Says:

    Band swedia ini memang canggih apalagi pemain keyboardnya Hans Lundin ditopang sama asyiknya permainan gitar Roine Stolt dedengkotnya Flower King jadilah itu band dahsyat bener.

  10. Gatot Widayanto Says:

    JRENG!

    Maaf lagi fasilitasi workshop, jadi gak bisa cerita banyak. Album KAIPA yang bagus menurut saya adalah Keyholder:

    http://www.progarchives.com/Review.asp?id=39708

    Salam,
    G

  11. puji Says:

    KAIPA, saya sudah denger album “Notes from the past”. Album ini juga bagus. Menghapus rasa penasaran saya coba surving di you tube. Disitu dimuat lagu “skenet bedrar” (inggrisnya : Light Deceiving) sepajang 21:41 dari album Inget Nytt Under Solen (inggrisnya : Nothing New Under the Sun) tahun 1976 sangat bagus, ngeprog banget dan kata sahabat saya Pak Alfie : Bener Dahsyat.

    • Gatot Widayanto Says:

      Kaipa memang patut dipertimbangkan selain The Flower Kings, The Tangent, Transatlantic dll yg merupakan band prog papan atas dewasa ini …

  12. puji Says:

    “Jethro Tull” adalah nama seorang Agriculturist dai Inggris pada masa 30 Maret 1674 – 21 Februari 1741. Apakah nama Grup Band ini diambil dari nama agricultirist tsb yah..?

    TRICK AS A BRICK tahun 1972 menjadi chart no. 1 di US dan top 100 album di prograchieves. Pak G apakah ada review album tsb karena lagu-lagunya hanya berjudul Trick as a Brick (part I,II,III) dan durasinya cukup panjang diatas 10 menit.

    Salam,

    • Gatot Widayanto Says:

      Bro Puji,

      Thx a lot infonya. Jangan2 memang diambil dari nama itu ya? Wah saya malahan ndak tahu.

      Saya sdh review Thick as a Brick di progarchives dan udah saya post juga di blog gemblunk ini … Silakan SEARCH bro Puji …

      Salam,
      G

  13. puji Says:

    THICK bukan TRICK, maaf

  14. putra Says:

    halo ,, can we link exchange ??? :)

  15. Kristanto Says:

    Mas G, kapan nih archieve grup legendaris nan jadul “Procol Harum”. Wikipedia post grup inggris ini sebagai “who contibuted to the proggresive rock”. Kalau denger “A Whiter Shade of Pale” & “Qonquistador” jadi inget masa2 kaset jadul, kalau gak salah rekaman aquarius masih hitam-putih …

  16. apec Says:

    lagu lain dari Procol Harum yang asyik adalah Pilgrim Progress, aduh….nikmat banget….

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 150 other followers

