Andaikan Saya Punya Radio (2 of 4)

Mengenai Porsi Program

Mengapa saya harus kompromi dengan musik lain? Ini semua karena pendapat dari temen-temen yang sudah jauh lebih ahli dari saya di dunia media hiburan radio. Jelas, mereka jauh mengenal kondisi medan dan peta persaingan dari pada saya yang tahunya cumak musik rock dan prog aja. Maka, apa salahnya kompromi dengan musik lainnya? Musik jazz yang saya inginkan juga mungkin ada yang agak berbau kontemporer kayak Chick Corea begitu, tapi jugayang sifatnya rada-rada jazzy tunes seperti dijual di kompilasi kaset. Mungkin grup-grup seperti Spyro Gira, Shakatak, Sergio Mendez, juga sebangsa Jamie Cullum, Michael Bubble, Michael Franks, Casiopea (gila! saya perlu mikir 2-3 menit buat mengingat nama kelompok dari negeri Sakura ini! mungkin karena saya tidak pernah menyukai sepenuhnya ya …). Grup Indonesia semacam Karimata, Chaseiro, Ermy Kulit, Ireng Mualana, Bubi Chen dsb. mungkin juga perlu dimasukkan dalam program siaran. Waduh! Tiba2 saya teringat kaset Indra Lesmana warna putih hijau kalo gak salah ada lagu “Children of Fantasy” (bener gak?) itu juga layak kali ya buat diputer di radio ini.

Oia.. saya juga mau puter live nya Michael Franks dan Crossfire yang menurut saya sangat bagus dan nuansamatik sekaleee. Saya cari CD nya belum ketemu. Dulu punya kasetnya rekaman Private Collection tapi udah kagak ada. Rekaman Yess juga ada, saya gak punya. Kalo ada yang punya saya mau beli dah. Akhirnya, saya rekam dari kaset pinjaman dari Om ALi Gunawan. Asyik banget ini album. Waduuuhhh … jadi pengen nyetel sekarang aja. Nuansamatik pol!

Lagu-lagu pop yang diputar termasuk semua lagu yang pernah populer maupun sedang populer. Saya kurang bisa menyebut karena memeang lagu2 tersebut lewat begitu saja. Kecuali lagu2 yang keluar di sekitar 70an seperti Jesamine (the Casuals), Too Young To Be Married (Hollies), He Ain’t Heavy He’s My Brother (Hollies), I Love You THis Much (Mouth and McNeal), I’m Gonna Lose You (Classic IV), House for Sale (Lucifer) dan seabreg lainnya lah … Termasuk lagu Indonesia yang ngetop saat ini tentunya dari Nidji-lah, Samson-lah, Keris Patih-lah, Peter Pan-lah … pokoknya lagu pop aja …

Kalo2 R&B, mungkin saya akan pasang lagu2 seperti di Adult Contemporary Charts. Plus tentunya lagu2 dari JAMIROQUAI … asik tuh … Leon Hainess Band udah barang tentu saya putar.

Rock Musti Khusus

Porsi siaran rock memang harus banyak dan khusus, kalo perlu harus ada iklannya supaya banyak “crowd” yang menyimak lagu2 rock. Saya akan putar lagu2 yang jarang diputar juga dari jaman 70an seperti dari grup Moxy (Canada), Mountain, Popol Ace, Nektar, Hawkwind, Babe Ruth, Atlantis, Frumpy, James Gang, Budgie, Lucifer’s Friend, Humble Pie, Mahogany Rush, BTO, etc. Namun, saya juga mau beri porsi rock yang moderen (80an sd 90an)biar imbang dan “Menjual”. Jadi ya so pasti Bon Jovi, Def Leppard, Guns N Roses etc. gak terlewatkan. Secara saya tahu grup itu setelah beranjak tua, jadi ya tentu banyak meminta bantuan generasi muda buat mengisi acara ini.

Tak kalah pentingnya adalah musik sumber energi dan inspirasi: METAL! Tentu saya akan beri porsi yang cukup. Saya akan putar metal kayak Kamelot, Rhapsody, Symphony X, DragonForce, Stratovarius, Helloween, Sonata Arctica … udahlah pokoknya banyak banget.

Bagaimana dengan PROG?

Lah gimana sih … saya kan lahir ceprot udah suka PROG .. ya pasti saya beri kotak khusus prog. Saya juga akan menginterview tokoh2 prog dunia dan direkam, disiarkan ke penggemar. Setidaknya, saya bisa rekama suara mereka di bonus DVD konsernya… biar nuansa ketangkep. Kebayang gak sih, saya interview Daniel Gildenlow nya Pain of Salvation? Atu interview Mike Portnoy? Wis, pokokny pasti seru marseru lah ….!!!

14 Responses to “Andaikan Saya Punya Radio (2 of 4)”

  1. alfie Says:

    kalau bicara Classic IV saya jadi teringat Dennis Yost sang vokalis yang suaranya sangat menyayat seperti didalam lagu The Comic dan Traces terutama pada lagu Traces (padahal saat itu saya belum mengerti bhs Inggris tapi say herannya kok bisa menikmatinya) karena lagu itu mengingatkan saya pada waktu kelas V SD lagi itu sering diputar di radio mahasiwa UI pada akhir tahun 1965-1966.

    Saya dapat kasetnya pada tahun 1975 keluaran Scorpion (bajakan) hingga hari ini kaset itu masih bagus dan sudah pula saya transfer ke CD jadi pak Gatot cepat cepatlah buat Radio sendiri dan kita undang pula pak ALi Gunawan sang kolektor itu buat living legend He he he he.

    Salam
    MHAS

  2. kunangkunangku Says:

    crossfire memang asyik, mas.
    saya punya satu kaset dari yess. lupa judulnya.
    jadi kepingin dengerin, nih. duh… :-(

  3. Gatot Widayanto Says:

    Wah… pengetahuan pak Alfie tentang Classic IV mumpuni. Lha saya tahunya hanya dari kaset AKTUIL Easy Listening 2 pak .. minim banget.

    Mungkin yang pak Alfie maksud adalah SCORPIO (tanpa “n”) yang kasetnya putih hitam kayak Aquarius jadul.

    Ya pak .. kita buat radio aja pak. Siaran pake plat nya pak ALi Gunawan …

    Salam,
    G

  4. Gatot Widayanto Says:

    Mas KunangaKunangku,

    Iya mas … CROSSFIRE pancen apik mas … saya mau cari CDr rekaman dari kasetnya pak Ali Gunawan dah .. kangen banget tuh lagu2nya apik …

    Salam,
    G

  5. alfie Says:

    Pak Gatot,

    Pak Gatot benar, Scorpio tanpa N yang ada gambar kalajengking hitam putih!.

    buat Radio? wah saya setuju 100% pak Gatot, saya kenal Pak Ali Gunawan, terakhir kami jumpa ketika HUT KPMI ke I tgl 16 Desember 2006 di Kemang, dan ajak juga pak Ilham (psst… beliau juga pakar YES pak!) sang kolektor jadul juga koleksi kaset dan PHnya sampai mencapai 4000 lebih sama dahsyatnya dengan pak Ali Gunawan.

    Jadi ide buat Radio saya sokong 100% soal PH ,Kaset dan CD ga usah khawatir kita bisa pinjam sama orang orang KPMI.

    Salam
    MH AS

  6. Gatot Widayanto Says:

    Pak Alfie,

    Betul pak .. kalajengking .. ha ha ha ha ha ….

    Ya pak, pak Ilham juga kolektor kelas berat pak …. Mereka berdua memang gila koleksinya! Pak Ilham juga punya radio Jakarta Alternative Station AM 900 pak …

    Andaikan saya punya radio …

    Salam,
    G

  7. alfie Says:

    ye gotta make ur dream come true my brother!

    Best regards

    MH AS

  8. Gatot Widayanto Says:

    Insya Allah pak … doakan pak …

    Every human creation in the world has been created twice:
    1. in a dream
    2. one in reality

    Without a DREAM how can we materialize?

    Salam,
    G

  9. ivan Says:

    Semoga rencana dan cita-citanya kelakon pak!
    dan kalo kebetulan males siaran kan tinggal nyetel aja Echoes, Supper’s Ready atau lagu-lagunya Ravi Shankar :))

  10. Aslam Pehlwan Says:

    Boosterism

    Pusher (film) Three Kingdoms Elboya Puck Bunnies Cow oak M1 mine Western Rite Orthodoxy Maguire Act of 1895 Aslam Pehlwan Queen Tawosret

  11. Rane Says:

    Pak, mau nebeng berandai-andai ya. Andai radio pak Gatot terwujud, saya mau berandai-anda mendaftar jadi penyiar, produser atau apa aja. Ofis boy juga mau hehehe

    Salut sama konsep radionya. Ifeb nya M97 kudu baca nih hehehe..

    Salam kenal Pak. Dapat linknya dari blog Pak Budi Rahardjo. Ditunggu bagian 3 dan 4 nya..

  12. Gatot Widayanto Says:

    Mas Rane,

    Ha ha ha ha … saya memang sedang berandai-andai … Tapi insya Allah jadi kenyataan. Soalnya segala hal diciptakan dua kali: pertama dalam impian dan yang kedua adalah realitasnya …

    Wah .. mas Budi itu jagonya ngeblog mas .. guru saya tuh. Bang Ifeb juga guru saya. Beliau berdua hebat!!!

    Senang berkenalan dengan ANda mas …

    Salam,
    G

  13. adi Says:

    wah kalo saya malah bermimpi punya majalah pak, … :D

  14. Gatot Widayanto Says:

    Wah bagus tuh punya majalah, mas Adi!! Jangan lupa promosikan radio ku juga ya .. biar musik rock makin berkembang luas …

    Salam,
    G

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 145 other followers

